Menerapkan pola hidup sehat disebut-sebut sebagai salah satu kunci untuk bisa memperpanjang umur. Hal ini tidaklah salah karena pengertian pola hidup sehat sendiri adalah melakukan kebiasaan-kebiasaan yang dampak berdampak baik bagi tubuh sehingga berbagai risiko penyakit maupun ancaman kesehatan lain dapat diminimalkan. Dengan tubuh yang lebih jarang sakit, kesempatan berumur panjang pun akan lebih besar.

Jadi, tidak perlu heran jika makin banyak  orang yang berlomba-lomba menerapkan pola hidup sehat. Itu berarti mereka menyayangi tubuhnya dan ingin memperoleh manfaat-manfaat penting dari pola hidup tersebut.

Manfaat Pola Hidup Sehat 

Manfaat pola hidup sehat cukup banyak. Bukan hanya menyangkut soal kondisi kesehatan fisik. Manfaat pola hidup sehat juga dapat merambah ke berbagai aspek kehidupan Anda yang pada akhirnya berpengaruh ke kualitas hidup yang lebih baik. Tidak percaya? Berikut adalah manfaat-manfaat pola hidup sehat yang akan membuat Anda merasa rugi jika tidak menjalankannya.

  • Pencegahan Penyakit

Pengertian pola hidup sehat kerap dikaitkan dengan tindakan-tindakan atau kebiasaan rutin yang dilakukan demi mencegah diri dari terkena suatu penyakit. Ini karena dengan melakukan gaya hidup sehat secara konsisten, imunitas tubuh akan menjadi lebih kuat sehingga meminimalkan risiko paparan penyakit infeksi akibat bakteri maupun virus. Peradangan dalam tubuh pun dapat dicegah sehingga mengurangi risiko-risiko penyakit kronis di masa depan.

  • Penambahan Energi

Menerapkan pola hidup sehat ternyata berpengaruh pula ke energi. Anda akan merasa lebih memiliki banyak energi ketika terbiasa melakukan  gaya hidup sehat secara konsisten. Jadi, Anda bisa mengucapkan selamat tinggal pada rasa letih dan lesu yang kerap menjadi pengganggu hari-hari.

  • Produktivitas Meningkat

Manfaat pola hidup sehat sangat berpengaruh pada kemampuan produktivitas. Ini karena kondisi tubuh yang lebih sehat dan energi yang lebih stabil akan membuat kinerja ke berbagai lebih efektif. Bukan hanya itu, pola hidup sehat juga mampu menurunkan tingkat stres sehingga konsentrasi pun lebih meningkat. Semua itu berdampak positif ke produktivitas yang menjadi lebih melaju kencang.

  • Rasa Percaya Diri Bertambah

Penerapan pola hidup sehat yang konsisten juga akan berpengaruh ke berat badan yang lebih proporsional. Berat badan yang ideal itu bukan hanya menurunkan risiko penyakit kritis di masa depan. Berat badan yang proporsional juga dapat meningkatkan rasa percaya diri seseorang ketika berinteraksi sosial.  

  • Kualitas Hidup Membaik

Pada akhirnya, pola hidup sehat bisa membuat kualitas hidup seseorang membaik. Berkat berat badan yang lebih ideal, imunitas yang lebih kuat, sampai produktivitas yang bertambah, seseorang akan lebih mampu untuk mencapai berbagai target di dalam hidupnya.

Komponen Pola Hidup Sehat 

Seseorang dikatakan menjalankan pola hidup sehat jika memenuhi berbagai komponen yang diperlukan oleh tubuh. Berikut adalah beberapa komponen penting agar tubuh senantiasa sehat.

  • Gizi Seimbang

Akan sulit membicarakan pola hidup sehat jika tidak membicarakan gizi seimbang. Pasalnya, gizi seimbang merupakan salah satu komponen penting dalam penerapan gaya hidup sehat bagi tubuh.

Gizi seimbang menjadi penting karena tubuh memerlukan gizi-gizi tersebut untuk pembentukan dan regenerasi berbagai sel, otot, sampai jaringan. Gizi seimbang yang dimaksud di sini termasuk protein, vitamin, dan berbagai mineral.

Jika seseorang tidak mendapati gizi seimbang, rasa lemas hingga imunitas yang turun drastis sangat mudah terjadi. Namun, jika porsinya pun berlebihan, risiko berat badan berlebih yang dapat menurunkan kualitas hidup juga mengintai.

  • Tubuh Terhidrasi dengan Baik

Lebih dari 70 persen tubuh adalah cairan. Memastikan tubuh terhidrasi dengan baik menjadi cara agar tubuh senantiasa sehat.

Tubuh yang terhidrasi dengan baik akan membuat cairan tubuh yang keluar cepat tergantikan. Fungsi organ-organ tubuh pun akan lebih terjaga jika cairan dalam tubuh tidak berkekurangan. Bukan hanya itu, cairan tubuh yang terjaga bahkan bisa menjaga berat badan lebih ideal.

Sementara itu, jika tubuh kekurangan cairan tubuh, berbagai keluhan masalah kesehatan akan bermunculan. Penurunan tekanan sampai pasokan oksigen dan nutrisi ke seluruh tubuh yang tidak terpenuhi sangat mudah terjadi jika tubuh tidak terhidrasi dengan baik.

  • Aktivitas Fisik

Pola hidup sehat bukan hanya menyangkut apa saja yang masuk ke dalam tubuh. Menjalani pola hidup sehat sama artinya juga mengoptimalkan aktivitas fisik agar fungsi organ-organ dalam tubuh senantiasa maksimal.

Aktivitas fisik yang dimaksud di sini khususnya olahraga. Bahkan bisa dibilang, tanpa olahraga yang rutin, pola hidup sehat berarti belum dijalankan.

Aktivitas fisik yang baik dapat membuat stamina senantiasa lebih terjaga. Lebih daripada itu, aktivitas fisik yang konsisten juga membantu mengidealkan berat badan dan menurunkan risiko penyakit kronis. Tak kalah pentingnya, aktivitas fisik juga dapat merangsang produksi hormon endorfin yang membuat seseorang lebih bahagia.

  • Pola Tidur Cukup

Tubuh juga perlu istirahat karena itulah, jangan lupa untuk membuat pola tidur yang cukup agar fungsi tubuh senantiasa prima. Untuk orang dewasa, pola tidur yang cukup adalah tidur malam setidaknya berkisar 7—9 jam dalam sehari.

Biasakan untuk membuat pola tidur yang konsisten dari segi waktu. Jadi, Anda bisa tidur di waktu yang sama dan bangun di waktu yang sama pula setiap hari. Kebiasaan ini akan membuat tubuh terasa lebih segar dan produktivitas akan semakin membaik di keesokan harinya.

Sebaliknya ketika pola tidur berantakan, bersiaplah menghadapi berbagai masalah kesehatan. Kebiasaan kurang tidur atau bahkan begadang dapat meningkatkan risiko berbagai penyakit kronis, seperti diabetes, penyakit jantung, bahkan strok.

  • Pengelolaan Stres

Pengelolaan stres juga masuk dalam komponen pola hidup sehat. Ini karena tingkat stres seseorang juga bisa berpengaruh ke tingkat kesehatan fisik orang tersebut. Orang-orang dengan tingkat stres tinggi umumnya akan lebih mudah mengalami beragam gangguan kesehatan, terkait asam lambung maupun masalah kardiovaskular.

Dengan pengelolaan stres yang baik, seseorang akan cepat bisa keluar dari perasaan tertekannya. Ini karena perasaan bahagia yang diperoleh dari tubuhnya lebih besar dari rasa cemas dan tekanan yang muncul dari luar.

Pengelolaan stres pada seseorang bisa jadi berbeda-beda. Ada yang membutuhkan pengelolaan stres dengan meditasi atau kegiatan yang berfokus pada ketenangan hari. Namun, kebanyakan orang berupaya mengelola stres dengan mengalihkan rasa tekanan dan cemas ke berbagai hobi yang membuat suasana hati lebih riang.

  • Kebersihan Diri

Komponen lain yang sebaiknya tidak dilewatkan dalam menerapkan pola hidup sehat adalah kebersihan. Berupaya menjaga kebersihan tubuh bukan hanya berpengaruh ke penampilan, melainkan juga membuat risiko paparan kuman penyakit dapat diminimalkan.

Tubuh yang tidak bersih membuat kuman akan lebih mudah masuk ke dalam saluran dan organ tubuh sehingga menyebabkan infeksi. Sebaliknya, dengan menjaga kebersihan diri—seperti mandi dua kali sehari ataupun cuci tangan—bakteri maupun virus yang mungkin sudah terpapar di tangan ataupun tubuh akan langsung mati, tanpa sempat menginfeksi bagian dalam tubuh.

Tips Menjalankan Cara Pola Hidup Sehat

Tindakan nyata perlu dilakukan dari sekarang agar pola hidup sehat bisa terpenuhi. Sebenarnya juga, cara pola hidup sehat cukup simpel dan dapat dilakukan oleh siapa saja. Berikut adalah beberapa tips yang dapat Anda tiru guna menjalankan pola hidup sehat secara optimal.

  • Mencukupi Kebutuhan Harian

Biasakan untuk makan dengan menu lengkap yang terkontrol agar kebutuhan harian tubuh bisa tercukupi, mulai dari vitamin, protein, maupun berbagai mineral lain. Memperhatikan porsi sayur, buah, dan lauk hewani pun tidak boleh luput dalam tiap waktu makan.

  • Membuat Rencana Makan Harian

Membuat rencana menu harian maupun jadwal makannya juga menjadi cara pola hidup sehat yang bisa dicontoh. Perencanaan makan harian ini akan membuat porsi makan lebih terhitung dan dapat disesuaikan dengan kebutuhan kalori harian.

  • Banyak Minum Air Putih

Biasakan banyak minum air putih agar tubuh terhidrasi dengan baik. Idealnya, untuk orang dewasa, kebutuhan cairan yang perlu masuk ke tubuh adalah 2,5 liter tiap harinya. Pastikan kebutuhan cairan dipenuhi dengan asupan air putih. Minuman dengan pemanis atau soda akan merusak pola hidup Anda dan justru menimbulkan risiko berbagai penyakit kronis ke depannya.

  • Rutinitas Olahraga Mingguan

Jangan bayangkan olahraga adalah sesuatu yang sulit. Mengolah tubuh dengan berolahraga menjadi sangat penting untuk kesehatan tubuh karena mampu membakar kalori dan membantu mengalirkan lebih banyak oksigen ke dalam sel-sel tubuh. Tidak harus olahraga berat, jalan kaki maupun jogging juga menjadi olahraga yang baik untuk tubuh. Dalam seminggu, setidaknya lakukan olahraga sebanyak 5 kali dengan durasi minimal 30 menit di tiap sesi.

  • Jadwal Tidur Teratur

Supaya tidak sering begadang ataupun berada dalam kondisi kurang tidur, buatlah jadwal tidur yang teratur. Pastikan jadwal tidur tersebut bisa mencukupi kebutuhan tidur malam 7—9 jam per hari. Buatlah pula jadwal tidur yang tidak larut, maksimal tidur pukul 10 malam tiap harinya.

  • Sering Cuci Tangan

Biasakan untuk segera mencuci tangan tiap kali sehabis memegang sesuatu benda di tempat umum, ketika mau makan, ataupun saat hendak mengelap wajah. Pasalnya, tangan merupakan perantara paling kuat untuk virus dan bakteri masuk ke tubuh. Sering mencuci tangan akan membuat keberadaan kuman-kuman tersebut musnah sebelum mampu masuk ke tubuh dan menginfeksi.

Pola Hidup Sehat dalam Berbagai Aspek Kehidupan 

Tidak sedikit orang masih memandang bahwa kebiasaan pola hidup hanya dari segi fisik. Padahal, pola hidup yang sehat juga termasuk aspek-aspek kehidupan lain. Berikut adalah tiga aspek yang perlu diperhatikan dalam menjalankan pola hidup sehat.

  • Kesehatan Fisik

Menjalankan pola hidup sehat sepintas memang mengarah pada penjagaan fisik agar tubuh senantiasa lebih fit ke depannya. Contohnya saja ketika memperhatikan gizi yang masuk ke tubuh maupun olahraga untuk meningkatkan stamina, semua mengarah pada kesehatan fisik seseorang.  

  • Kesehatan Mental

Selain kesehatan fisik, pola hidup sehat sebenarnya juga bisa digali dari pengelolaan mental untuk menghadirkan kesehatan mental yang lebih baik pula. Cara pola hidup sehat untuk kesehatan mental, di antaranya dengan berolahraga dan mencukupi kebutuhan tidur. Olahraga sendiri menghasilkan endorfin yang membuat seseorang lebih bahagia sehingga tingkat stres lebih terkontrol. Sementara itu, tidur yang cukup dapat mencegah ketidakseimbangan hormon sehingga seseorang merasa lebih baik secara emosi maupun mental.

  • Kesehatan Lingkungan

Melakukan pola hidup sehat juga dapat berdampak ke kesehatan lingkungan. Dengan menjaga makanan agar lebih terkontrol dan kebiasaan mobilitas dengan olahraga, pada akhirnya bisa mengurangi limbah yang tidak diperlukan. Di sisi lain, lingkungan yang sehat pun akan membuat tubuh lebih kuat karena risiko-risiko penyakit infeksi dapat lebih diredam.Selainkan menjalankan berbagai cara pola hidup sehat, pemeriksaan secara rutin dan penanganan penyakit secara maksimal juga diperlukan agar kesehatan tubuh tetap terkendali. Memiliki asuransi kesehatan yang tepat dapat membantu Anda memastikan masalah-masalah kesehatan yang menimpa diri tidak berkembang lebih jauh maupun memburuk.

Asuransi kesehatan Garda Healthtech dari Garda Oto dapat menjadi pilihan untuk memperoleh layanan kesehatan yang mumpuni tanpa mengorbankan tabungan. Garda Healthtech memberi jaminan rawat jalan secara online ataupun tatap muka dengan dokter umum maupun spesialis. Pembelian obat yang diresepkan pun bisa ditanggung oleh asuransi kesehatan ini.

Tersedia dalam tiga paket, yaitu FIT, CLASSY, dan ULTIMA; Anda akan semakin tenang karena urusan pengobatan akibat masalah kesehatan sudah ditanggung oleh Garda Oto!