Perbedaan Granit dan Keramik Lantai untuk Rumah

Perbedaan Granit dan Keramik Lantai untuk Rumah

Bila dilihat secara sepintas perbedaan granit dan keramik memang sulit dilihat. Padahal material tersebut adalah bagian penting agar dapat membuat rumah tampil indah, dan pemilihan material tersebut juga harus benar-benar diperhatikan.

Keduanya sama-sama mempunyai karakteristik kuat serta bisa tahan lama. Bagi kalian yang belum mengetahui perbedaannya maka simak informasinya berikut ini.

Perbedaan Keramik dan Granit untuk Lantai

  • Penampilan

Lantai keramik mempunyai gaya, motif, dan warna beragam. Hal tersebut tentunya berbeda dibandingkan granit yang nyatanya lebih terbatas. Granit berasal dari batuan alam sehingga dari segi warna akan jauh lebih alami serta pilihannya tidak banyak.

Perbedaan lainnya dapat dilihat dari segi penampilan yang mana keramik jauh lebih mengkilap dibandingkan granit. Untuk granit akan lebih eksak sementara keramik jauh lebih licin.

  • Perawatan

Lantai keramik memerlukan perawatan yang tergolong lebih rendah dikarenakan tidak mudah tergores serta tidak mudah meninggalkan noda kotoran.

Untuk lantai granit tergolong sulit dalam perawatannya dikarenakan mudah keropos. Bahkan ketika terkena noda akan cenderung sulit untuk dihilangkan.

  • Harga Jual

Berbicara mengenai harga tentu saja keramik jauh lebih murah dibandingkan granit. Walaupun begitu dari segi kualitas tentu saja granit lebih baik dibandingkan keramik. Hal ini merupakan perbedaan antara granit dan keramik yang penting untuk diketahui.

  • Pemasangan

Pemasangan pada lantai granit membutuhkan mesin khusus serta teknik yang jauh lebih komprehensif. Maka ketika kalian memilih granit sebagai lantai rumah maka harus siap-siap mengeluarkan uang lebih banyak.

Pemasangan lantai keramik tidak membutuhkan teknik khusus, jadi dalam hal biaya pemasangan tentunya akan jauh lebih hemat.

  • Daya tahan

Untuk hal ini tentu saja lantai granit berada jauh diatas lantai keramik. Hal ini karena granit lebih tahan terhadap gesekan dan benturan. Maka tidak mengherankan jika harganya tergolong mahal.

Cara Memilih Lantai Granit dan Keramik

Setelah mengetahui perbedaan granit dan keramik maka tahapan selanjutnya mengenai bagaimana cara memilih kedua jenis lantai tersebut. Untuk lebih lengkapnya maka kalian bisa menyimak informasi berikut ini.

  • Sesuaikan dengan desain rumah

Hal pertama yang diperlukan ketika memilih material lantai yaitu desainnya. Pastikan untuk memilih jenis lantai yang sesuai dengan gaya yang akan diusung supaya lebih serasi nantinya.

  • Ukuran lantai

Hal lain yang perlu diperhatikan perihal ukurannya. Untuk lantai dengan ukuran kecil umumnya cocok digunakan pada area hunian yang kecil seperti kamar mandi, dapur, dan toilet. Untuk ukuran yang lebih besar cocok dipasang pada ruang tamu atau ruang keluarga.

  • Ukuran ruangan

Tentu saja lantai yang berukuran besar akan membuat ruangan menjadi lapang dan lebih luas. Menggunakan granit atau keramik pada dinding tentu membuat ruangan menjadi lebih kohesif, namun kalian tidak bisa memakai lantai khusus dinding pada lantai.

*Baca Juga: Rumah Modern vs Rumah Minimalis Mana yang Lebih Baik?

Perlu kalian ketahui bahwa keramik atau granit untuk lantai mempunyai tekstur lebih keras karena material pembuatnya juga lebih keras dikarenakan akan diinjak setiap hari.

Di dalam ruangan kecil tentu saja granit atau keramik dengan warna terang akan memberikan kesan ruangan menjadi lebih besar.

  • Warna

Warna menjadi salah satu unsur penting di dalam pemilihan keramik maupun granit untuk lantai. Kendati tidak menjadi fokus utama pada ruangan namun lantai bisa melengkapi fitur desain untuk ruangan lainnya.

Untuk kamar mandi tentunya kalian ingin suasana santai dan tenang maka pilihlah warna yang dapat menyatu dengan baik. Bagian dapur biasanya ingin suasana yang lebih hidup jadi pilih warna yang kontras.

Kalian juga harus memastikan jika warna yang dipilih tadi sesuai dengan ruangannya. Sebagai contoh ketika memilih untuk dapur usahakan memilih warna natural agar menciptakan suasana lebih terang dan nyaman saat memasak.

Walaupun bukan merupakan fokus utama, jangan menyepelekan perihal warna granit ataupun keramik karena sangat berpengaruh pada ruangan di rumah.

  • Nat (Semen Pemisah Lantai)

Tidak hanya memperhatikan pemilihan warna untuk granit ataupun keramik saja. pastikan juga kalian memilih warna nat yang tepat. Nat berwarna kontras akan menentukan desain dan garis, sedangkan nat warna komplementer menyerupai lantai akan menampilkan efek halus.

  • Tekstur dan Pola

Masalah pola dan tekstur juga harus menjadi suatu perhatikan penting. Jangan sampai karena salah memilih kedua hal tersebut ruangan menjadi tidak indah. Untuk kamar mandi usahakan menggunakan tekstur yang mudah dibersihkan, begitu juga dengan dapur.

Cara Mengetahui Kualitas Granit dan Keramik

Keramik setara granit mempunyai grade yang dapat dipilih guna mengetahui kualitasnya. Keramik mempunyai grade 1 hingga 3, tentu saja semakin kecil angkanya akan semakin bagus kualitasnya dan lihat juga pada hasil pemotongannya karena akan sangat berbeda.

Untuk granit mempunyai grade 1 hingga 4. Tentu saja grade 1 merupakan kualitas granit yang paling baik. Hal ini bisa dilihat pada intensitas warnanya yang tergolong sangat tajam jika dibandingkan dengan grade 4.

*Baca Juga: Keunggulan Lantai Vinyl Dalam Mempercantik Rumah

Itulah beberapa perbedaan granit dan keramik yang bisa kalian ketahui serta bagaimana cara memilihnya.

Tidak hanya memperhatikan masalah keindahan rumah melalui pemilihan lantai, kalian juga perlu menjaga keamanan rumah dengan pemilihan asuransi yang tepat.

Pilih asuransi kebakaran Garda Home untuk melindungi hunian kalian dari resiko akibat kebakaran. Dengan premi yang terjangkau, Garda Home siap memberikan ketenangan dan kenyamanan di rumah kalian. Segera berikan proteksi maksimal untuk rumah dengan Garda Home ya!