Rekomendasi Mobil Keluarga yang Irit Bahan Bakar

Rekomendasi Mobil Keluarga yang Irit Bahan Bakar

Berkendara dengan keluarga tentunya akan lebih menyenangkan dengan mobil yang irit bahan bakar. Anda bisa melakukan perjalanan dengan mobil kesayangan tanpa khawatir dompet terkuras karena biaya BBM. Di Indonesia sendiri, pilihan mobil keluarga yang banyak digunakan adalah jenis MPV dan SUV.

MPV dan SUV dengan kapasitas penumpang yang lebih banyak dan kabin yang cukup lega memang cocok sebagai kendaraan keluarga.

Rekomendasi Mobil Paling Irit BBM untuk Keluarga

Nah, untuk Anda yang mencari MPV dan SUV yang irit BBM, berikut beberapa rekomendasi mobil paling irit bahan bakar.

  1. Mitsubishi Xpander

Xpander menjadi salah satu pilihan mobil keluarga yang paling laris di Indonesia. Mitsubishi Xpander memiliki performa tangguh dan irit BBM berkat mesin 4A91 dengan kapasitas 1.499cc dan teknologi MIVEC.

Kabin nyaman dan lega untuk perjalanan bersama keluarga yang lebih menyenangkan. Mobil ini juga bisa diandalkan untuk perjalanan dalam kota maupun medan jalan yang lebih ekstrem.

*Baca Juga: Pertalite Vs Pertamax Mana yang Lebih Baik untuk Kendaraan?

Konsumsi bahan bakarnya tergolong irit dengan per liter BBM yang dapat digunakan untuk perjalanan sekitar 18 km. Selain irit bahan bakar, performa Xpander juga tergolong paling tangguh di kelasnya. Berkat mesin gaharnya, Xpander mampu mencapai tenaga 103hp dengan 6.000 rpm dan torsi maksimum 141 Nm untuk 4.000 rpm.

  1. Toyota Avanza

Toyota Avanza termasuk mobil keluarga yang paling banyak dipilih oleh masyarakat tanah air. MPV dari Toyota ini memang terkenal dengan konsumsi bahan bakar yang tergolong irit. Anda dapat mengemat biaya BBM untuk perjalanan jauh bersama keluarga.

Teknologi dual VVT-I andalan yang membuatnya tidak boros bahan bakar. Mobil ini menggunakan mesin 1NR-VE berkapasitas 1.329cc dan mesin 2NR-VE berkapasitas 1.496cc. Jika Anda mencari mobil yang irit BBM, Toyota Avanza 1.3 E M/T hanya butuh 1 liter BBM untuk perjalanan 11 km hingga 14 km di dalam kota.

Sedangkan untuk Anda yang sering mudik ke kampung halaman, pemakaian BBM mobil ini bisa sedikit lebih irit. Tersedia tipe 1.5 yang per liter BBM dapat digunakan untuk menempuh jarah 9,8 km hingga 12 km.

  1. Honda Mobilio

Kendaraan dari pabrikan Honda memang terkenal paling irit BBM. Bagi Anda yang mencari kendaraan untuk keluarga yang paling irit BBM, Honda Mobilio ini bisa menjadi andalan. Menggunakan teknologi Honda dengan fitur ECO driving yang semakin membuatnya irit bahan bakar.

Honda Mobilio ini cocok dijadikan sebagai mobil keluarga yang irit BBM. Konsumsi 1 liter BBM dan mobil mampu menempuh jarak yang cukup panjang hingga 17.5 km. Tidak heran jika mobil ini banyak digunakan oleh masyarakat.

Dibekali dengan mesin berkapasitas 1,5 L yang menawarkan performa cukup tangguh. Kendaraan ini mampu menghasilkan tenaga hingga 118 hp untuk 6.000 rpm dan torsi maksimum 145 Nm untuk putaran mesin 4.600 rpm.

  1. Suzuki Ertiga

Rekomendasi mobil yang paling irit BBM berikutnya datang dari Suzuki. Menjadi saingan dari beberapa kompetitor mobil hemat bahan bakar, Suzuki Ertiga menawarkan kendaraan yang irit BBM dengan 1 liter bensin yang mampu digunakan untuk menempuh perjalanan hingga 11,5 km.

Dibekali dengan mesin berkapasitas 1.462cc dan teknologi DOHC VVT-i yang membuatnya lebih hemat bahan bakar. Mesin 4 silinder yang disematkan pada kendaraan ini membuat mobil mampu menghasilkan tenaga yang cukup besar hingga 103,2 hp untuk 6.000 rpm. Torsi maksimum mencapai 138 Nm untuk 4.400 rpm.

Penggerak roda depan Suzuki Ertiga menggunakan transmisi manual 5 percepatan dan sistem transmisi otomatis.

  1. Daihatsu Sigra

Jika Anda mencari low MPV yang juga irit bahan bakar, Daihatsu Sigra bisa menjadi pilihannya. Mobil unggulan dari pabrikan Daihatsu yang banyak digunakan sebagai kendaraan keluarga. Termasuk salah satu low MPV yang paling laku dengan tiga pilihan, mesin 1.0 L, 1,2 L, dan 1,5 L.

Konsumsi bahan bakar untuk kendaraan ini tergolong irit yang hanya membutuhkan 1 liter bensin untuk jarak hingga 14 km. Penggunaan BBM ini bisa berbeda tergantung medan yang dilalui. Berkendara di tol atau di jalanan yang sering macet tentu jarak yang dapat ditempuh per liter BBM akan berbeda.

*Baca Juga: Jenis – Jenis Mobil di Indonesia yang Wajib Anda Ketahui

Namun dengan mesin andalan 1KR-VE berkapasitas 1.998cc dan teknologi DOHC VVT-I, kendaraan ini termasuk yang paling irit dalam konsumsi BBM. Mesin 3 silinder yang disematkan pada Daihatsu Sigra membuat performa mobil cukup bisa diandalkan dengan tenaga mencapai 66hp untuk 6.000 rpm dan torsi maksimal 89Nm untuk 4.400 rpm.

Itulah beberapa rekomendasi mobil keluarga yang paling irit bahan bakar. Banyaknya penggunaan bahan bakar tentu dipengaruhi oleh medan jalan yang Anda Lewati serta cara berkendara.

Untuk melindungi kendaraan dari berbagai risiko yang akan terjadi, Anda bisa menggunakan asuransi kendaraan dari Garda Oto. Sebagai asuransi kendaraan terbaik, Garda Oto memiliki bengkel rekanan yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia. Garda Oto juga menyediakan jenis pertanggungan yang terdiri dari Total Loss Only dan Comprehensive.