Apa Fungsi Lampu Sein? Kenapa Lampu Sein Berkedip Cepat

Apa Fungsi Lampu Sein? Kenapa Lampu Sein Berkedip Cepat

Pada setiap kendaraan termasuk mobil tentunya dilengkapi dengan lampu sein. Lampu ini memiliki peran yang sangat  penting ketika Anda berkendara di jalan raya. Pastinya lampu ini sering digunakan seperti saat Anda akan berbelok arah.

Tidak hanya untuk lampu belok arah saja, lampu mobil ini juga memiliki sejumlah fungsi lain.

Fungsi Lampu Sein pada Mobil yang Perlu Diketahui

Berikut beberapa fungsi dari lampu belok arah atau sein pada kendaraan.

  1. Sebagai tanda belok

Turn sign lamp atau masyarakat lebih mengenalnya sebagai lampu sein adalah lampu mobil yang berfungsi sebagai penanda kendaraan akan berbelok arah. Pada persimpangan jalan seperti pertigaan atau perempatan, kendaraan akan menyalakan lampu ini sesuai dengan arah manuver atau arah belok jalan yang akan dilalui.

Ketika pengendara akan belok kiri maupun belok kanan, maka lampu akan dinyalakan sesuai dengan arah beloknya. Menyalakan lampu tanda belok ini sangat penting sebagai informasi kepada pengendara yang ada di belakang atau pengendara lain dari lawan arah.

*Baca Juga: Awas Salah! Ini Perbedaan Lampu HID dan LED Pada Mobil

Pengendara lain dapat bisa lebih berhati-hati untuk menurunkan kecepatan atau mengatur jalur sesuai dengan lampu belok yang Anda nyalakan. Misalnya Anda akan belok ke kanan, maka pengendara di belakang bisa menurunkan kecepatan atau berganti ke sebelah kiri melewati kendaraan Anda.

Perhatikan untuk selalu menyalakan sein dengan benar sesuai arah belok yang akan Anda lakukan. Banyak kasus kecelakaan yang terjadi karena kelalaian menyalakan sein yang tidak sesuai. Belok kanan tetapi sein kiri, ini tentunya sangat membahayakan untuk diri sendiri dan pengendara lain.

  1. Sebagai tanda untuk mendahului kendaraan di depan

Setiap kali Anda akan menyalip mobil atau kendaraan yang ada di depannya, maka Anda perlu menyalakan lampu sein kanan sebelum menambah kecepatan. Jika ada kendaraan yang belok kanan dan Anda akan melewatinya, maka harus menyalakan lampu tanda belok sebelah kiri sebagai isyarat untuk kendaraan lain yang ada di belakang.

Cara ini sangat ampuh agar Anda dapat menyalip dengan aman dan tidak membahayakan pengendara lain. Apalagi ketika Anda mencoba mendahului kendaraan di satu jalur yang tidak ada pembatas beton atau pembatas jalan, Anda berarti memasuki jalur berlawanan arah.

Selain itu, lampu tanda belok ini juga bisa menjadi informasi untuk kendaraan yang akan Anda salip. Biasanya mereka dapat menjaga kecepatan atau bahkan menurunkan laju kendaraan untuk mempermudah Anda mendahuluinya.

  1. Sebagai tanda pindah jalur

Fungsi lampu tanda belok juga digunakan sebagai isyarat untuk pindah jalur. Ketika Anda melewati jalanan satu arah dengan beberapa jalur, maka harus menyalakan sein sebelum pindah ke jalur yang berbeda.

Contohnya saat berkendara melalui jalan tol yang memiliki tiga jalur, yaitu jalur lambat, sedang, dan cepat. Anda perlu menyalakan sein saat akan berakselerasi atau pindah jalur untuk memberikan informasi kepada mobil yang ada di depan dan di belakang.

Mobil yang berada di jalur yang akan Anda masuki pun bisa lebih berhati-hati. Mobil lain yang ada di jalur tersebut dapat mulai menjaga jarak sehingga perpindahan jalur Anda lancar dan aman.

  1. Sebagai isyarat untuk kendaraan dari lawan arah

Fungsi lain lampu sein adalah sebagai informasi untuk kendaraan yang berada di lawan arah. Khususnya ketika Anda akan memotong arah seperti saat akan mendahului atau akan belok kanan. Saat mau belok kanan memotong jalur lawan arah, maka Anda perlu menyalakan sein agar kendaraan yang ada di jalur tersebut dapat mengurangi kecepatan dan memberikan ruang untuk Anda belok.

Menyalakan sein penting untuk mencegah kecelakaan yang berasal dari lawan arah. Begitu juga jika Anda akan menyalip kendaraan dan memasuki jalur lawan arah, sein harus dinyalakan agar kendaraan yang ada di jalur lawan arah tersebut lebih berhati-hati.

Selain itu, menyalakan sein juga bisa menjadi isyarat untuk kendaraan dari lawan arah yang akan mendahului mobil di depannya. Jika Anda memang sedang melaju cepat dan tidak bisa mengurangi kecepatan, Anda dapat menyalakan sein agar mobil yang akan menyalip tersebut segera keluar jalur.

*Baca Juga: Intip Kisaran Harga Spion Mobil untuk Kendaraan Anda

Apabila Anda melewati jalur yang sempit dan ada mobil dari lawan arah yang berniat menyalip, Anda bisa nyalakan sein kanan sebagai isyarat agar mobil tersebut mengurungkan niatnya dan kembali ke jalur awal.

Menyalakan sein ini penting sekali sebagai etika dalam berkendara. Jika sein mobil Anda berkedip cepat dari biasanya, sebaiknya segera periksa ke bengkel karena mungkin ada kerusakan pada flasher atau bohlam yang digunakan. Lampu harus diperbaiki agar kedipnya normal sehingga Anda bisa menggunakannya di jalan raya.

Itulah beberapa fungsi lampu sein yang wajib Anda ketahui. Selalu pastikan kondisi sein mobil Anda bekerja dengan baik karena kecelakaan bisa saja terjadi akibat lampu sein yang rusak. Apabila Anda membutuhkan perlindungan kendaraan dari resiko kerusakan akibat kecelakaan, Anda bisa mengasuransikan mobil dengan Garda Oto. Asuransi kendaraan dari Garda Oto memberikan layanan bantuan darurat Garda Siaga 24 jam untuk keadaan darurat kapan pun dan dimana pun.