Mobil hybrid adalah jenis kendaraan yang kian populer di masyarakat di tengah berkembangnya kendaraan rendah emisi. Cara kerja mobil hybrid diklaim lebih efisien dan irit bahan bakar dibanding mobil yang sepenuhnya menggunakan bensin atau solar.

Lantas, apa yang membuat mobil hybrid lebih unggul dibanding mobil biasa dan apakah cara kerja mobil hybrid sama dengan mobil biasa? Yuk, kita cari tahu jawabannya melalui artikel di bawah ini.

Apa Itu Mobil Hybrid?

Mobil hybrid adalah jenis mobil yang memiliki sumber tenaga penggerak yang bersumber dari tenaga listrik dan BBM. Kombinasi kedua sumber tenaga ini memiliki keunggulan karena bisa menghemat bahan bakar hingga 80 persen tergantung dari jenis mobil hybrid yang Anda gunakan.

Berbicara soal mobil hybrid, ada beberapa jenis mobil hybrid yang dipasarkan saat ini.

  1. Sistem Hybrid Seri

Mobil dengan sistem hybrid seri punya satu mesin utama berbahan bakar bensin yang menjadi penggerak mobil. Sementara motor listrik pada mobil hanya berfungsi untuk memberikan daya pada situasi dan kondisi tertentu.

Penggunaan daya listrik pada mobil sistem hybrid seri biasanya dipakai saat mobil sedang melakukan akselerasi.

  1. Sistem Hybrid Paralel

Jika pada sistem hybrid seri hanya punya satu mesin utama yakni berbahan bakar bensin. Hal ini berbeda dengan mobil sistem hybrid paralel yang memiliki dua mesin sebagai penggerak, yaitu motor listrik dan mesin pembakaran bensin.

Kedua sumber tenaga tersebut bisa dikombinasikan maupun digunakan secara terpisah.

  1. Sistem Hybrid Seri-Paralel

Mobil hybrid seri-paralel memiliki teknologi gabungan antara sistem hybrid seri dan hybrid paralel. Namun, terdapat tambahan generator untuk menghubungkan antara transmisi dan mesin bakar.

Rata-rata mobil hybrid bisa menghemat bahan bakar sebesar 50 persen, dan untuk jenis plug-in hybrid atau sistem hybrid paralel bisa menghemat bahan bakar lebih besar hingga 80 persen.

Cara Kerja Mobil Hybrid

Efisiensi bahan bakar yang ditawarkan mobil bermesin hybrid adakah salah satu keunggulan mobil hybrid dibanding mobil konvensional.

Hal ini dikarenakan mobil hybrid tidak hanya mengandalkan satu sumber tenaga saja yang bersumber dari listrik ataupun bensin. Melainkan, kedua sumber tenaga tersebut bisa dikombinasikan ataupun digunakan secara terpisah tergantung dari jenis mobil hybrid yang Anda gunakan.

Secara sederhana, cara kerja mobil hybrid dapat dijelaskan dengan mudah lewat ilustrasi berikut ini.

  • Tenaga listrik yang ada di mobil hybrid digunakan untuk menggerakkan roda mobil pada situasi tertentu. Misalnya saat Anda melaju dengan kecepatan rendah saat kondisi macet.
  • Tenaga listrik dan tenaga bensin akan digunakan secara bergantian untuk menggerakkan roda mobil saat mobil hybrid melaju dalam kecepatan sedang.
  • Ketika mobil hybrid sedang melakukan akselerasi seperti menyalip kendaraan lain. Sumber tenaga listrik dan bensin yang terdapat pada mobil hybrid akan digunakan secara bersamaan.

Kelebihan Mobil Hybrid

Mobil hybrid menawarkan beberapa kelebihan bagi pemilik mobil saat digunakan untuk aktivitas sehari-hari seperti berikut:

  1. Irit Bahan Bakar

Dengan tingkat efisiensi penggunaan bahan bakar yang bisa mencapai 80% untuk jenis mobil plug-in hybrid. Tentu saja, hal ini akan memberikan keuntungan bagi setiap pemilik mobil hybrid dengan biaya bahan bakar yang jauh lebih murah dibanding mobil konvensional.

Cara kerja mobil hybrid adalah menggabungkan antara motor listrik dan mesin BBM berdasarkan kecepatan dan kondisi tertentu sehingga mobil hybrid punya konsumsi bahan bakar yang lebih irit dibanding mobil konvensional.

  1. Rendah Emisi

Kelebihan mobil hybrid lainnya adalah jenis mobil ini menghasilkan emisi karbon yang rendah. Hal ini dikarenakan mobil hybrid tidak sepenuhnya menggunakan mesin BBM sebagai sumber tenaga penggerak mobil.

  1. Mobil Bisa Berakselerasi dengan Baik

Mobil hybrid juga sangat nyaman saat Anda gunakan untuk berakselerasi seperti menyalip kendaraan lain. Karena pada kondisi tersebut mobil akan menggunakan tenaga listrik dan bensin secara bersamaan sehingga memberikan power pada mobil saat ingin dipacu cepat.

Kekurangan Mobil Hybrid

Di balik kelebihan mobil hybrid yang sudah dijelaskan sebelumnya. Ternyata, ada sejumlah kekurangan mobil hybrid yang bisa Anda pertimbangkan sebelum memutuskan untuk membelinya.

  1. Harga Relatif Mahal

Harga jual mobil hybrid yang ditawarkan saat ini memang tergolong lebih mahal dibanding mobil konvensional. Hal ini dikarenakan mahalnya biaya produksi untuk membuat satu unit mobil hybrid.

Mahalnya harga mobil hybrid yang ada saat ini, tentu membuat banyak masyarakat Indonesia masih berpikir ulang untuk membeli mobil hybrid. Walaupun mendapatkan insentif pajak kendaraan sekalipun.

  1. Kerusakan Pada Baterai Mobil Hybrid

Usia pemakaian baterai mobil hybrid bisa mencapai 8 tahun atau sekitar 160.000 km.  Dengan catatan, baterai mobil hybrid dirawat dengan tepat. Jika tidak dirawat dengan baik, baterai mobil tersebut akan mudah rusak dan perlu diganti baterai baru dengan harga yang relatif cukup mahal.

Lindungi Mobil Anda dengan Asuransi Kendaraan dari Garda Oto

Mobil adalah termasuk aset pribadi yang sudah selayaknya diberikan perlindungan asuransi kendaraan bermotor agar tidak menimbulkan risiko biaya selama berkendara.

Pilihan asuransi Comprehensive dari Garda Oto adalah pilihan yang tepat bagi Anda yang ingin menjaga nilai kendaraan. Terdapat 2 jenis pertanggungan yang ditawarkan asuransi Comprehensive Garda Oto bagi nasabah, yaitu jaminan Partial Loss + Total Loss yang memberikan perlindungan atas kerugian/kerusakan minor hingga berat yang diakibatkan semua risiko dalam polis asuransi kendaraan bermotor termasuk kehilangan akibat pencurian dengan manfaat dan layanan asuransi lebih lengkap.