Ternyata Ini Fungsi Release Fork Pada Sistem Kopling

Ternyata Ini Fungsi Release Fork Pada Sistem Kopling

Mobil merupakan kendaraan dengan berbagai komponen dan sistem yang kompleks. Di dalamnya tersedia beragam sistem yang saling bekerja menghasilkan performa terbaiknya, bahkan jika salah satu komponen rusak, maka secara sistem mobil tersebut tidak dapat beroperasi secara maksimal.

Salah satu komponen yang penting dalam mobil release fork. Lantas, komponen seperti apakah ini? Seperti apa cara kerjanya dan bagaimana fungsinya? Yuk simak ulasannya berikut ini!

Cara Kerja Release Fork

Jika diterjemahkan secara langsung, komponen ini dapat diartikan sebagai garpu pembebas. Bentuknya memang serupa dengan garpu, bahkan ada juga yang menganggapnya seperti ketapel dengan ukuran yang beragam menyesuaikan jenis kendaraan roda empat yang digunakan.

Umumnya, garpu pembebas yang berukuran kecil digunakan pada mobil yang ukurannya lebih kecil seperti sedan, 4×4 hingga SUV. Berbeda dengan kendaraan seperti truk atau bus yang membutuhkan ukuran yang panjang dengan diameter yang besar.

*Baca Juga: Tanda-Tanda Kampas Kopling Mulai Habis dan Harus Ganti

Garpu pembebas memiliki peran yang sangat penting di bagian kopling sehingga tanpa adanya komponen ini, tentu saja mobil tidak akan bekerja dengan baik. Letaknya berada di bagian bawah dan terhubung pada transmisi kendaraan.

Bicara mengenai cara kerjanya, secara umum terdapat dua sistem utama yang menggerakkan komponen tersebut. Adapun sistem yang dimaksud yakni dengan mode mekanik dan hidrolik.

  • Pada sistem mekanik, pedal akan memberi dorongan kepada kabel pembebas. Kabel inilah yang dapat menggerakkan komponen garpu pembebas ini. Meski demikian, proses tersebut berjalan cukup lambat.
  • Dalam sistem hidrolik, minyak yang berada di bagian oli akan ditekan sehingga keluar. Minyak inilah yang akan menjadi pelumas Release Fork untuk menggerakkan komponen lain pada rangkaian sistem di kopling mobil.

Fungsi Komponen

Garpu pembebas memang memiliki sejumlah fungsi penting bagi pengoperasian mobil. Adapun fungsi utama dari komponen ini diantaranya sebagai berikut.

  1. Menekan dan membebaskan release bearing

Fungsi yang pertama yakni untuk menekan release bearing untuk membebaskan hubungan antara mesin dengan transmisi. Garpu pembebas ini juga akan mendorong release bearing supaya memberi tekanan terhadap komponen clutch cover.

Dengan begitu, ketika Anda menekan pedal kopling, maka garpu pembebas akan membuat dorongan dengan gerakan yang teratur maju dan mundur dengan tujuan agar putaran dari mesin terputus.

  1. Meneruskan tenaga mekanis auto cylinder

Komponen garpu pembebas ini juga harus bisa bekerja secara bebas ketika menekan release bearing. Tidak mengherankan jika komponen ini juga dapat menyalurkan energi mekanik ke bagian release bearing pada mobil.

Pada saat energi tersebut tiba di release bearing, komponen yang berbentuk cincin tebal ini akan meneruskannya pada komponen diafragma spring untuk mengubah kopling kendaraan mobil. Dengan kata lain, Fungsi Release Fork sangat penting dalam mengoperasikan penggunaan kopling.

Merawat Garpu Pembebas

Dalam suatu kendaraan roda empat, ada banyak komponen dengan tugasnya masing-masing. Setiap komponen tersebut tentunya juga mempunyai peranan yang sangat penting. Oleh karena itu, ada baiknya jika Anda merawat komponen tersebut secara rutin. Apabila ada kerusakan karena pemakaian, fungsi release fork akan menurun, bahkan mengalami kemacetan.

Hal ini tentu saja akan membuat para pengendara kesulitan memindahkan kopling kendaraan. Tidak heran bila komponen ini sering putus. Terlebih jika komponen tersebut sudah terbilang tua dan penuh dengan karat yang ada di berbagai sisinya. Hal ini tentu saja akan membuat ketahanan kendaraan dan performa garpu pembebas menjadi kurang maksimal.

Jika hal ini terjadi, sudah pasti Anda harus mengganti komponen tersebut dengan yang baru. Anda dapat mencari dan membelinya di bengkel resmi maupun tempat reparasi mobil. Meski demikian, biasanya harga komponen release fork di bengkel resmi akan sedikit lebih mahal. Selain itu, ada juga biaya pemasangan dengan jumlah dan rincian yang beragam.

*Baca Juga: Mengenal Komponen Mobil Beserta Bagian-Bagiannya

Itulah beberapa hal terkait dengan komponen garpu pembebas beserta serta fungsi dan cara perawatan yang tepat. Pastikan Anda senantiasa merawat berbagai komponen mobil sehingga risiko kecelakaan bisa dihindari dan Anda dapat berkendara dengan nyaman.

Untuk meningkatkan rasa aman dan nyaman saat berkendara, lengkapi perlindungan kendaraan Anda dengan asuransi mobil. Garda Oto memiliki jaminan perlindungan dari berbagai risiko yang dapat terjadi pada kendaraan. Anda bisa merasakan berbagai layanan yang mempermudah hidup seperti bantuan darurat Garda Siaga yang tersedia selama 24 jam.

Selain itu, ada juga bantuan perbaikan di seluruh jaringan bengkel rekanan Garda Oto di seluruh Indonesia. Anda bisa mendapatkan garansi untuk pengerjaan bengkel dan suku cadang yang asli. #PeaceofMind