Tips Aman Berkendara di Jalan agar Terhindar dari Kecelakaan Mobil

Tips Aman Berkendara di Jalan agar Terhindar dari Kecelakaan Mobil

Disiplin dalam mengendarai kendaraan mobil dan motor memang harus diterapkan oleh diri masing—masing sebagai pengguna jalan. Disiplin ini memang menjadi tanggung jawab bagi pengendara baik mobil atau motor, hal tersebut dilakukan guna menghindari terjadinya kecelakaan mobil atau motor.

Kecelakaan di jalan memang sudah umum terjadi karena kecerobohan dan kelalaian pengendara itu sendiri. Kejadian tersebut yang menimbulkan kerugian baik untuk diri sendiri ataupun orang lain yang terkena dampaknya.

Oleh karena itu, untuk menghindari dan juga meminimalisir terjadinya kecelakaan di jalan, Anda perlu menyimak tips aman berkendara bagi pengemudi.

Tips Aman dalam Berkendara di Jalanan

Setiap pengemudi tentunya mempunyai tipsnya sendiri untuk bisa berkendara di jalan dengan aman hingga selamat sampai tujuan. Namun kali ini, kami akan membantu Anda memastikan lagi hal yang perlu diperhatikan untuk menghindari menghindari terjadinya kecelakaan mobil. Berikut adalah tipsnya:

1. Cek kendaraan sebelum digunakan

Alangkah lebih baik jika Anda mengecek terlebih dahulu kondisi kendaraan Anda sebelum digunakan. Pastikan jika mesin dan radiator memang dalam kondisi baik, rem tidak blong, ban tidak kempes atau bocor bahkan klakson dan lampu berfungsi dengan baik. Jangan malas untuk memeriksanya guna kelancaran selama digunakan.

2. Jaga jarak saat di jalanan

Lebih baik untuk menjaga jarak kendaraan Anda dengan yang lainnya, untuk lebih mudah mengusai medan jalan yang sedang Anda lalui. Hal seperti ini penting sekali dilakukan untuk pengemudi yang menggunakan kecepatan di atas 40 km/jam.

Pengemudi harus mengetahui jarak dengan kendaraan depannya, biasanya menggunakan aturan ‘3 detik’ sebagai patokan waktu. Kendaraan yang sedang berada di depan kita seharusnya berjarak waktu 3 detik di depan kita.

3. Fokus saat mengemudi

Faktor penyebab terjadinya kecelakaan mobil biasanya pengemudi yang menyetir tidak fokus, melakukan kegiatan lain, seperti bermain handphone, makan, minum, dan lain sebagainya.

*Baca Juga: 3 Kesalahan yang Harus Dihindari Dalam Berkendara

Kegiatan seperti ini biasanya akan menghilangkan tingkat fokus dari pengemudi, karena di jalanan bukan hanya Anda saja yang sedang menggunakannya. Bisa saja terjadi ada orang yang tiba-tiba melintas dan Anda tidak fokus, sehingga harus membanting stir dan menyebabkan kecelakaan.

4. Jangan mengantuk saat menyetir

Penyebab paling umum terjadinya kecelakaan salah satunya adalah mengantuk. Saat sedang menyetir, mungkin Anda memang sering dilanda rasa mengantuk atau lelah. Jika Anda merasa lelah, lebih baik Anda beristirahat terlebih dahulu sebelum melanjutkan perjalanan.

Jika dipaksakan menyetir sambal mengantuk, karena potensi terjadi kecelakaan sangat besar. Lebih baik mengutamakan keselamatan daripada cepat sampai tujuan.

5. Jangan mengebut dan ugal-ugalan di jalan

Jangan mengebut dan ugal-ugalan saat di jalan, karena bukan hanya Anda yang sedang menggunakan jalan. Anda juga harus mengetahui situasi dan kondisi dari medan perjalanan Anda. Jika mengebut dan kemudian ada faktor lain yang mengganggu, biasanya kita akan kaget.

Dalam posisi kaget dan dengan kecepatan tinggi, akan sangat sulit mengendalikan setir dan kecelakaan pun bisa terjadi. Lebih baik Anda santai dan tenang sehingga bisa menguasai situasi di jalan.

Itulah tips yang aman dalam berkendara untuk menghindari kecelakaan mobil. Saat ini kecelakaan memang tidak bisa kita prediksi sebab bisa terjadi kapan saja. Namun, hal ini bisa kita minimalisir dengan menggunakan asuransi diri dari Garda Me.

Garda Me menyediakan berbagai santunan diantaranya, yaitu:

  1. Santunan meninggal dunia dan cacat tetap
  2. Santunan untuk rawat inap di rumah sakit
  3. Tunjangan untuk kehilangan pendapatan
  4. Santunan untuk biaya pemakaman

Tentunya asuransi ini disediakan melalui prosedur yang simpel dan cepat. Anda bisa mendaftarkan diri Anda untuk masuk ke dalam peserta asuransi diri dan kecelakaan. Garda Me sudah dipercaya banyak masyarakat sebagai perlindungan diri.

*Baca Juga: Manfaat yang akan didapatkan dari Asuransi Diri Garda Me

Asuransi kecelakaan diri ini akan melindungi Anda dari risiko kecelakaan, serta memberikan perlindungan terhadap risiko yang menyebabkan Anda harus di rawat inap di rumah sakit, menderita cacat sementara hingga permanen, bahkan kehilangan nyawa sekalipun.

Dapatkan juga penawaran premi dan nilai pertanggungan yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Anda bisa membeli asuransi ini dengan cara, isi nilai pertanggungan atau premi yang diinginkan dan lengkapi form data diri. Setelah itu, lakukan pembayaran premi sesuai metode pembayaran yang diinginkan. Kemudian Anda sudah bisa mendapatkan e-polis dalam waktu maksimum 1×24 jam melalui email yang didaftarkan. Untuk informasi lebih lengkap bisa dilihat di Gardaoto.com.