Helm Safety Sebagai Alat Keselamatan Diri Saat Bekerja

Helm Safety Sebagai Alat Keselamatan Diri Saat Bekerja

Perusahaan yang bergerak dengan menggunakan alat-alat berat pasti membutuhkan keberadaan Alat Pelindung Diri atau APD. APD dibutuhkan guna menjaga keselamatan dan keamanan selama berada di lingkungan kerja, salah satu APD yang dibutuhkan adalah helm safety.

Informasi kali ini perlu diketahui bahwa keberadaan helm safety ini sangat penting untuk alat keselamatan diri saat bekerja. Oleh karena itu, Anda yang bekerja di lingkungan berbahaya memang membutuhkan benda ini agar terhindar dari potensi bahaya yang tidak diinginkan terjadi.

Kenali Fungsi dari Helm Safety bagi Pekerja Proyek

Hal pertama yang perlu kita ulas dan kita ketahui bersama adalah fungsi dari helm safety ini. Mayoritas orang masih menyepelekan keberadaan dari helm ini, sehingga banyak yang tidak menggunakannya.

Fungsi helm safety yaitu :

  1. Menjaga dan melindungi kepala dari benda jatuh baik tajam atau berat yang meluncur di udara
  2. Melindungi kepala dari radiasi panas, api, bahkan percikan bahan kimia
  3. Melindungi kepala dari suhu yang ekstrim
  4. Melindungi kepala dari benturan atau pukulan

Biasanya pekerjaan dengan resiko yang lebih rendah, cukup disarankan untuk menggunakan topi atau penutup kepala sebagai pelindung kepalanya.

Helm safety sendiri mempunyai warna yang mencolok seperti warna kuning, putih, orange, hijau, biru, merah dan sebagainya dengan artinya tersendiri. Penggunaan warna mencolok ini bertujuan agar mudah dilihat jika terdapat kendaraan atau alat berat yang akan lewat.

*Baca Juga: Jenis – Jenis Alat Pelindung Diri dan Fungsinya agar Lebih Safety

Setiap helm dengan warna juga mempunyai arti untuk mencerminkan posisi atau jabatan orang yang menggunakannya. Inilah arti warna dari helm safety, yaitu :

  • Warna putih biasanya digunakan oleh manajer, pengawas, insinyur, atau mandor.
  • Warna biru digunakan oleh site supervisor, electrical contractor atau pengawas sementara.
  • Warna kuning digunakan oleh sub contractor atau pekerja umum
  • Warna hijau digunakan oleh pengawas lingkungan
  • Warna pink digunakan oleh pekerja baru atau orang magang
  • Warna orange digunakan oleh tamu perusahaan
  • Warna merah akan digunakan oleh safety officer yang mempunyai tanggung jawab untuk memeriksa system keselamatan, apakah memang sudah terpasang dan bias berfungsi dengan standarnya atau belum.

Manfaat dari Helm Safety

Setelah mengenal fungsi dari helm safety, Anda juga perlu mengetahui kegunaan kegunaan atau manfaat dari helm ini.

Kegunaan dari helm safety ini yaitu untuk:

  • Melindungi kepala pengguna atau pekerja
  • Meminimalisir terjadinya cedera yang akan menerpa pekerja

Tentunya tidak akan ada yang tahu kapan kecelakaan kerja akan terjadi, bagian kepala pun merupakan bagian yang sangat vital untuk dijaga. Oleh karena itu, muncul helm keselamatan yang bisa melindungi kepala kita.

Biasanya kemunculan helm safety ini sangat dibutuhkan pada sektor seperti:

  • Tambang minyak
  • Pabrik
  • Proyek pembangunan gedung, dan masih banyak lainnya.

Tempat seperti inilah yang mewajibkan orang di sekitar lingkungannya, wajib menggunakan APD salah satunya helm safety. Potensi kecelakaan memang cukup besar datang, sehingga penting untuk digunakan saat bekerja.

Daya Tahan Helm Safety

Helm Safety sendiri bisa digunakan dengan daya tahan yang berbeda-beda. Helm keselamatan yang masih dalam kondisi baru biasanya mampu menahan beban jika terjadi insiden kecil atau besar jika tertimpa benda jatuh.

Setelah helm tertimpa benda yang jatuh, biasanya helm akan mengalami sedikit kerusakan, sehingga tingkat kelayakan dari helm tersebut menjadi berkurang dan sangat disarankan untuk diganti dengan helm safety yang baru.

*Baca Juga: 3 Faktor Penyebab Kecelakaan Kerja yang Patut Diwaspadai

Jika Anda menerima helm yang rusak atau cacat, maka sebaiknya Anda tolak dan meminta yang baru. Hal tersebut dilakukan untuk menghindari bahaya yang fatal. Helm safety yang sudah cacat bisa menghilangkan manfaat keberadaan sebenarnya sebagai pelindung diri.

Selain penggunaan helm keselamatan, masih banyak APD yang harus digunakan sesuai dengan kebutuhan di bidang pekerjaannya. Namun sebagai pemilik perusahaan lingkungan kerja, lebih baik kia bisa mengelola dan mengendalikan potensi bahaya dengan cara :

  • Menghilangkan atau mengganti faktor-faktor sumber potensi bahaya
  • Mengganti peralatan dan bahan yang berbahaya
  • Memodifikasi cara serta proses kerja
  • Menjamin adanya asuransi keselamatan pekerja

Tidak hanya membutuhkan helm safety, setiap pekerja juga membutuhkan asuransi perlindungan diri dari risiko kecelakaan bekerja. Dengan adanya asuransi ini, pekerja akan lebih terjamin saat terjadi kecelakaan selama bekerja. Untuk melindungi diri dari segala resiko akibat kecelakaan, Anda bisa menggunakan asuransi perlindungan kecelakaan Garda Me.

Banyak manfaat yang bisa didapatkan seperti penggantian biaya perawatan di rumah sakit serta tunjangan kehilangan pendapatan. Hubungi 1 500 112 untuk informasi lengkap dan dapatkan penawaran premi dan nilai pertanggungan yang ditawarkan oleh Garda Me.