Tips Untuk Mengatasi Ac Mobil Bau

Tips Untuk Mengatasi Ac Mobil Bau

Mungkin Anda pernah bertanya, kenapa ya AC mobil saya berbau tidak sedap? Atau  mengapa AC mobil berbau saat pertama kali dinyalakan? Hal ini bisa disebabkan karena adanya adanya komponen ac yang rusak dan juga beberapa faktor lainnya, seperti ada sisa makanan atau minuman di dalam mobil.

AC mobil tiba-tiba berbau atau apek memang sangat mengganggu, sehingga Anda menjadi tidak nyaman dalam melakukan perjalanan karena bau tersebut.
Untuk Anda yang mengalami kondisi ini, tentu Anda akan segera mencari cara untuk mengatasi AC mobil bau ini. Ini dia beberapa tips mengatasi AC mobil berbau:

  1. Jaga Kebersihan Kabin Mobil

    Selalu rutin bersihkan kabin mobil Anda. Area karpet mobil adalah area yang mudah meninggalkan kotoran seperti pasir, tanah, dan sisa makanan, bersihkan secara rutin. Jika ada sisa makanan atau minuman di dalam kabin, segera diambil untuk mencegah munculnya bau atau menjadi basi. Makanan yang mempunyai aroma yang cukup kuat, seperti durian dsb dapat meninggalkan aroma dalam jangka waktu lama. Jika makanan tersebut masih dapat dimakan, masukkan kedalam wadah tertutup.

  2. Jangan Masukan Karpet Mobil Saat Masih Basah

    Setelah mencuci karpet mobil, tunggu sampai karpet benar-benar kering, sebelum dipasang ketempat semula. Karpet yang basah dapat meninggalkan kelembaban di area lantai mobil, dan dapat menimbulkan bau yang tidak sedap.

  3. Evaporator Kotor

    Evaporator kotor dan berlendir sehingga tumbuhnya jamur dan bakteri yang akan berkembang biak di evaporator yang menjadi pemicu bau asam dan bau tidak sedap lainnya. Dalam jangka waktu tertentu evaporator akan kotor dan timbul jamur.

  4. Hindari Merokok di Dalam Mobil

    Asap Rokok juga salah satu hal yang sering membuat AC mobil menjadi bau. Meskipun saat merokok kaca jendela sudah dibuka. Asap tersebut akan menempel pada kain atau material interior kabin dan dapat menimbulkan bau asap rokok dikemudian hari.

  5. Gunakan Parfum Mobil Sewajarnya

    Cara menghilangkan AC mobil yang bau adalah dengan menggunakan pengharum mobil ataupun cuci mobil hingga benar-benar bersih. Dengan begitu, aroma menyengat akan hilang karena bagian interior mobil sudah dibersihkan semua.

  6. Bawa ke Bengkel

    Langkah terakhir bila semua cara di atas tidak berhasil adalah dengan melakukan service terhadap komponen AC mobil. Bila perlu, minta periksa semua bagian mobil secara menyeluruh untuk memastikan bahwa permasalahan tersebut sudah selesai diperbaiki dan AC mobil sudah tidak berbau lagi.

Demikian 5 tips dalam mengatasi AC mobil yang berbau, mulai sekarang biasakan untuk menjaga & merawat kondisi mobil Anda sebaik mungkin.