Wajib Diperhatikan! Berikut Cara Jumper Aki Mobil yang Benar

Wajib Diperhatikan! Berikut Cara Jumper Aki Mobil yang Benar

Siapa yang tak mengenal aki? Memiliki peranan yang sangat penting bagi kendaraan roda empat, aki atau baterai memang memiliki fungsi krusial bagi sistem kelistrikan engine mobil. Karena hal inilah, sebagai pemilik kendaraan harus selalu memastikan keadaan aki selalu prima. Bila kendaraan tidak bisa distarter, tak perlu khawatir perhatikan cara jumper aki mobil yang benar berikut.

Langkah Langkah Jumper Aki pada Kendaraan Roda Empat

  1. Memastikan Penyebab Mobil Mogok adalah Aki Soak

Hal pertama yang harus dilakukan tatkala kendaraan kesayangan tak bisa distarter atau mogok ialah memastikan penyebab utamanya karena baterai telah soak. Lantaran mobil mogok biasanya dipengaruhi oleh berbagai macam faktor bukan hanya aki rusak semata. Bahkan terkadang antara satu unit dengan lainnya berbeda penyebabnya.

Maka dari itu, alangkah baiknya bila anda memeriksa dengan pasti apakah penyebab sebenarnya. Pertama tama cobalah menyalakan lampu pada kendaraan roda empat yang mogok tersebut. Bila cahaya lampu masih terang dan tak redup, maka hal ini menandakan baterai masih dalam keadaan baik. Begitupun sebaliknya, bila redup maka aki adalah penyebab utamanya.

  1. Menyiapkan Peralatan yang Dibutuhkan

Usai memastikan penyebab utamanya, cara jumper aki mobil berikutnya yakni menyiapkan berbagai peralatan yang dibutuhkan. Lazimnya, peralatan utama yang diperlukan adalah kabel jumper serta kendaraan roda empat lainnya dengan kondisi aki masih sehat. Keberadaan mobil lain ini bisa dimanfaatkan sebagai pendonor arus listrik pada baterai.

Akan tetapi, kabel yang telah dipersiapkan tersebut haruslah memiliki kualitas bagus. Dimana kriteria kabel jumper dengan kualitas baik yaitu memiliki ukuran diameter minimal 10 milimeter. Hal ini perlu dilakukan guna menghindari resiko terbakar tatkala proses jumper aki dilakukan. Kabel yang baik pula memiliki dua kutub di masing masing ujungnya, yakni kutub positif dan negatif.

  1. Mendekatkan Kedua Mobil dengan Posisi Berhadapan

Usahakan kedua mobil berada di permukaan datar dan parkirkan dengan menggunakan rem tangan. Cara jumper aki mobil selanjutnya yaitu mendekatkan kendaraan roda empat yang berfungsi sebagai pendonor arus dengan posisi berhadap hadapan. Tatkala mendekatkannya, pastikan jarak antar bumper atau kap depan berkisar 30 sentimeter agar anda bisa bergerak.

Bila telah didekatkan dan berhadapan, pastikan kembali rem tangan mobil telah aktif dan transmisi keduanya berada di posisi netral untuk mobil manual atau P untuk mobil otomatis. Kemudian buka masing masing kap mobil, dan hubungkan antara aki dari mobil yang mogok dan baik menggunakan kabel yang telah dipersiapkan.

  1. Menghidupkan Mesin pada Kendaraan yang Mogok

Cara jumper aki mobil yakni menghidupkan engine pada kendaraan yang mogok. Namun sebelumnya, nyalakan terlebih dahulu mesin mobil pendonor arus dan diamkan beberapa saat. Bila perlu, berikan gas sedikit hingga 2.000 RPM yang berguna untuk meningkatkan putaran mesin. Bila telah stabil, anda bisa mulai menghidupkan kendaraan kesayangan yang akinya soak tersebut secara perlahan.

Pastinya setiap pemilik mobil menginginkan kendaraan kesayangannya selalu berada dalam kondisi yang stabil. Karena hal inilah, tiap kali kendaraan mogok atau tidak bisa distarter menjadi hal yang amat menjengkelkan. Untuk mengatasinya, terapkan beberapa cara jumper aki yang telah disebutkan sebelumnya. Bila gagal, diamkan sebentar dan hidupkan kembali engine kendaraan.

Nah, itulah beberapa cara jumper aki mobil yang benar. Anda harus menghitung umur aki mobil Anda secara tepat. Tidak ada waktu pasti, umur aki. Namun, dengan Anda memperhatikan dan melakukan pengecekan terhadap aki mobil secara rutin. Selain itu Anda harus memperhatikan keamanan dan kenyamanan selama berkendara, dengan cara  mengasuransikan mobil Anda dengan asuransi mobil Garda Oto. Garda Oto, produk asuransi mobil dari Asuransi Astra, siap memberikan perlindungan terbaik bagi mobil Anda dengan berbagai manfaat dan layanan yang kami miliki. Ditambah, kami juga menyediakan layanan darurat bagi Anda jika mengalami masalah di jalan, cukup dengan hubungi Garda Akses di nomor 1500112 yang dapat diakses 24 jam, informasikan kondisi darurat Anda, dan tim Garda Siaga kami akan segera datang ke lokasi Anda dan memberikan bantuan atas masalah Anda. #PeaceofMind