Wiper Mobil: Fungsi, Jenis, dan Cara Pasangnya

Wiper Mobil: Fungsi, Jenis, dan Cara Pasangnya

Wiper biasanya terpasang pada bagian depan kaca mobil. Namun ada juga wiper yang dipasang pada kaca bagian belakang. Wiper mobil dapat digunakan oleh pengemudi ketika ada benda pada kaca mobil yang menghalangi pandangan.

Aksesoris mobil ini juga menjadi salah satu komponen yang berperan penting untuk keselamatan dalam berkendara. Apa saja fungsi wiper dan bagaimana cara memasangnya? Berikut ulasan selengkapnya mengenai wiper yang perlu Anda ketahui.

Fungsi Wiper Mobil

Ketika saklar dalam posisi OFF, maka wiper tidak berfungsi. Pengemudi dapat menyalakan saklar agar wiper berfungsi, baik dalam mode low speed maupun high speed. Fungsi wiper sendiri cukup beragam seperti beberapa fungsi berikut.

  1. Menjaga jarak pandang bagi pengemudi

Fungsi utama wiper mobil adalah menjaga jarak pandang bagi pengemudi agar tetap dalam kondisi aman. Ketika berkendara, kaca mobil bisa saja kotor atau kejatuhan benda-benda yang dapat menghalangi pandangan pengemudi.

Adanya wiper membantu membersihkan kaca mobil tanpa harus turun dari kendaraan. Pengemudi bisa membersihkan kaca dan menjaga jarak pandang sehingga tetap bisa melanjutkan perjalanan.

  1. Menjaga keamanan berkendara saat hujan

Wiper sangat penting ketika mengemudi pada kondisi hujan. Air hujan dapat menimbulkan titik-titik air yang menempel pada kaca mobil sehingga pengemudi tidak bisa melihat dengan baik.

*Baca Juga: Hati – Hati! Ini Penyebab Kecelakaan Mobil saat Musim Hujan

Bagian wiper blade yang berupa karet akan menyeka kaca mobil untuk menghilangkan tetes-tetes air. Pengemudi pun akan lebih mudah untuk melihat jalanan meski sedang hujan.

  1. Membersihkan kaca mobil dari debu dan kotoran

Adanya wiper sangat membantu pengemudi untuk membersihkan kaca mobil dari debu dan kotoran. Ketika kaca mobil terlihat kotor dan mengalangi pandangan, maka wiper dapat dinyalakan.

Pada wiper yang sudah dilengkapi dengan washer, Anda dapat menyalakannya untuk membersihkan kotoran yang sulit dibersihkan hanya dengan wiper. Washer akan menyemprotkan cairan pembersih agar kotoran tersebut lebih mudah dibersihkan.

Jenis-jenis Wiper Mobil

Keberadaan wiper tentunya sangat membantu pengemudi terutama saat berkendara di tengah hujan. Setiap mobil tentunya dilengkapi dengan wiper masing-masing. Namun di pasaran sendiri terdapat beberapa jenis wiper mobil seperti berikut.

  1. Wiper konvensional

Wiper konvensional lebih banyak ditemukan pada mobil-mobil keluaran lama. Pada mobil keluaran terbaru sudah tidak menggunakan jenis wiper konvensional. Komponen ini terdiri dari braket dan karet.

  1. Wiper full frame

Jenis wiper full frame menjadi yang wiper standar yang paling banyak digunakan oleh berbagai tipe mobil. Wiper ini menggunakan karet dan gagang besi yang dapat menyeka kotoran dengan lebih baik. Namun jika karet wiper sudah tipis, gagang besinya bisa menggores kaca.

  1. Wiper flat blade

Komponen wiper flat blade sebagian besar adalah karet sehingga memiliki bobot yang cukup ringan. Namun pada bagian dalamnya terselip besi pipih dan penyangga kecil yang membuat kemampuan sapuan wiper lebih baik.

  1. Wiper frame less

Wiper frame less terbuat dari bingkai berbahan plastik yang lebih aman dari risiko lecet. Tekstur karet pembersih pada wiper ini lebih lembut dibanding yang lain. Namun saat karet sudah menipis, Anda tidak bisa mengisi ulang tetapi harus mengganti komponen seluruhnya.

  1. Wiper hibridia

Jenis wiper hibridia terbuat dari braket dengan holder plastik. Menawarkan kemampuan membersihkan kaca yang lebih optimal seperti wiper blade.

  1. Wiper refill

Jenis wiper refill ini bisa diisi ulang ketika karet wiper sudah tipis atau rusak. Jadi Anda tidak perlu membeli komponen keseluruhan. Namun yang perlu Anda perhatikan adalah ukuran karet yang harus disesuaikan dengan kerangka wiper.

Cara Pasang Wiper Mobil

Pentingnya wiper mobil dalam berkendara membuat aksesoris ini perlu diperhatikan oleh setiap pemilik mobil. Jika karet sudah tipis atau wiper rusak, maka perlu diganti dengan yang baru. Berikut langkah-langkah untuk mengganti dan memasang wiper yang benar.

  • Angkat kedua wiper ke posisi atas

Langkah pertama adalah mengangkat kedua wiper seperti Anda sedang mencuci kaca mobil. Lakukan dengan hati-hati ketika mengangkat wiper.

  • Lepas frame satu per satu

Jika sudah diangkat, Anda bisa melepas frame wiper. Caranya dengan mengarahkan wiper ke atas, tekan penjepit tangkai, dan dorong bagian frame ke arah bawah.

Apabila wiper Anda tidak menggunakan frame, maka lepas dengan membuka pengunci pengait wiper. Kemudian lepaskan wiper ke arah bawah.

  • Letakan lap tebal pada ujung tangkai

Anda dapat menggunakan handuk kecil atau lap tebal untuk diletakkan pada ujung tangkai wiper. Cara ini bertujuan untuk mencegah wiper jatuh dan menimpa kaca mobil.

  • Pasang wiper

Pasang wiper dengan memasukkan pengait pada tangkai frame wiper, tekan, dan kemudian dorong ke atas. Pada model tanpa frame, Anda bisa memasangnya dengan memasukkan wiper ke tangkai pengait, tekan, dan dorong ke atas hingga bunyi klik.

  • Turunkan kembali wiper

Jika seluruh wiper sudah diganti, Anda bersihkan karet wiper tersebut. Kemudian turunkan wiper secara perlahan ke posisi semula.

*Baca Juga: Agar Kaca Mobil Bening Saat Hujan, Simak Tips Ampuh Ini!

Itulah beberapa informasi mengenai wiper mobil yang perlu Anda ketahui. Penting untuk setiap pemilik mobil mengetahui komponen ini agar bisa menggunakan dan merawatnya dengan baik.

Selain itu, Anda juga perlu memiliki asuransi kendaraan agar terlindungi dari segala resiko kerusakan. Garda Oto menyediakan jenis pertanggungan comprehensive dan Total Loss Only (TLO) untuk kendaraan kesayangan Anda. Selain itu, dengan Garda Oto Anda bisa mendapatkan layanan Garda Siaga 24 jam saat mengalami kondisi darurat dimana pun dan kapan pun.