Yuk Simak Lima Tips Jitu Meningkatkan Minat Baca Anak

Yuk Simak Lima Tips Jitu Meningkatkan Minat Baca Anak

Salah satu tantangan menjadi orang  tua adalah mengajari sang buah hati untuk membaca. Apabila anak sejak usia dini tidak dibiasakan belajar membaca, maka bisa  jadi akan mengalami kesulitan di masa yang akan datang. Maka dari itu, lakukan langkah berikut ini untuk meningkatkan minat baca anak agar lebih giat dan menambah pengetahuannya.

5 Tips Menambah Minat Anak Dalam Membaca Buku

  1. Membacakan Cerita Kepada Anak Setiap Hari

Untuk meningkatkan minat anak terhadap bacaan, anda bisa memulainya dengan membacakan buku setiap harinya. Hal tersebut menjadi tips ampuh agar anak berimajinasi dengan cerita yang anda bacakan. Anda bisa memilih buku buku yang memuat berbagai hal tentang dunia anak maupun bacaan yang menambah wawasan.

Salah satu hal yang bisa  anda lakukan yaitu dengan membacakan buku cerita ke anak. Dengan begitu akan menambah pengetahuan serta ketertarikan sang buah hati terhadap buku. Semakin sering anda membacakan buku pada anak, maka secara otomatis akan  meningkatkan minat baca anak. Akan lebih baik jika setelah membacakan cerita, anda menanyakan bagian favoritnya.

  1. Meluangkan Waktu Untuk Membaca

Orang tua merupakan sosok yang akan dijadikan sebagai panutan oleh sang buah hati. Banyak hal yang bisa dicontoh anak, termasuk membaca. Anda bisa membuat kebiasaan baru dengan meluangkan waktu untuk membaca. Membaca di waktu yang luang dapat menjadi sebuah kebiasaan yang positif bagi orangtua untuk bisa dicontoh anak ketika di rumah.

  1. Membuat Ruang Baca Untuk Anak

Membuat lingkungan yang  mendukung anak agar gemar membaca juga menjadi hal dasar yang harus diperhatikan orang tua. Pastikan anda mempunyai ruangan yang terhindar dari suara kebisingan, seperti suara televisi atau kesibukan anggota lainnya ketika berada di rumah. Selain itu, anda juga harus menyediakan tempat duduk nyaman dan juga cahaya yang terang.

Tidak berhenti sampai disitu saja, anda juga bisa meningkatkan minat baca anak dengan mengisi rak buku dari berbagai sumber yang banyak. Sehingga anak akan mempunyai kebiasaan membaca dengan berbagai bahan bacaan menarik sesuai dengan kategori usianya. Anda juga bisa membiarkan anak memilih sendiri buku bacaannya agar lebih terikat pada informasi yang dibacanya.

  1. Mengajaknya Ke Perpustakaan

Jika ingin menghemat uang, anda bisa mengajak sang buah hati mengunjungi perpustakaan umum. Akan lebih baik jika anda  membuatkan kartu keanggotaan dan rutin mengajaknya ke sana. Apabila anak anda sudah cukup besar, maka mereka akan lebih bersemangat dalam menambah wawasan  dengan meminjam buku dari perpustakaan.

  1. Menyediakan Banyak Buku Bacaan

Menyediakan buku bacaan untuk sang buah hati bukan hanya dalam bentuk buku cerita saja. Pasalnya, anda bisa memberikan bacaan seperti koran, majalah, komik atau bahkan buku bacaan yang sesuai dengan usianya. Agar sang buah hati tidak cepat bosan, maka anda bisa membuatkan ruang baca mini untuk meningkatkan minat baca anak.

Membaca memang hal penting yang harus dijadikan sebuah kebiasaan. Hal tersebut bukan hanya untuk menambah wawasan mereka saja, tetapi juga akan berguna di kemudian hari. Untuk menumbuhkan minat tersebut anda bisa melakukan beberapa cara, seperti menyediakan buku bacaan, mengajaknya ke perpustakaan, hingga membacakan bacaan.

Selain mengajari sang buah hati rajin membaca. Berikan perlindungan kepada diri dan pendidikan buah hati dengan memiliki perlindungan yang tepat yaitu Garda Edu. HappyEdu adalah asuransi yang memberikan perlindungan utama berupa santunan pendidikan serta jaminan pendidikan untuk anak apabila Tertanggung utama meninggal dunia karena kecelakaan. Belinya pun mudah, beli secara online lewat gardaoto.com. #PeaceofMind bersama Garda Edu.