10 Tempat Wisata di Dieng yang Populer dan Terbaru

Bila kalian ingin berlibur ke wilayah yang memiliki udara dingin serta pegunungan maka dataran tinggi Dieng adalah salah tempat yang bisa kalian kunjungi. Lokasinya di antara Kabupaten Banjarnegara dan Kabupaten Wonosobo.

Dieng ini memberikan keindahan alam dan juga kekayaan budaya yang memang memikat. Banyak tempat wisata hits yang bisa dikunjungi seperti pegunungan, telaga, kawah, air terjun, hingga candi yang memang akan sangat menyegarkan mata.

*Baca Juga: Deretan Objek Wisata di Indonesia yang Indah dan Mendunia

Tempat Wisata Dieng yang Populer

Untuk yang tertarik untuk menghabiskan waktu akhir pekan dengan berlibur di Dieng. Maka berikut adalah pilihan destinasi wisata populer yang bisa dikunjungi pastinya.

1. D’Qiano Hot Spring Water Park

Pemandian air panas yang satu ini berasal dari sumber alami yang memiliki lanskap alam hijau menawan pada sekelilingnya.

Kolam air panas ini memiliki banyak wahana seru. Ketika kalian lapar di sana dan tidak membawa bekal jangan khawatir cukup datang ke food court-nya saja.

Tempat wisata ini bisa kalian kunjungi setiap harinya mulai 8 pagi – 5 sore. Untuk harga tiketnya mulai dari Rp15.000 saja.

2. Pemandian Air Panas Bira Bitingan

Suhu di dataran tinggi Dieng memang terkenal dingin maka kalian bisa merilekskan badan dengan cara berendam di pemandian air panas ini.

Lokasinya berada di dusun wisata Bintingan yang mana air panas ini berasal dari sumber mata air alami pada kaki Gunung Sipandu yang memiliki khasiat untuk menyehatkan tubuh.

3. Sumur Jalatunda

Destinasi Sumur Jalatunda mempunyai kedalaman sekitar 100 meter. Sumur ini dahulu merupakan kepundan ataupun kawah gunung berapi dan Meletus lalu membentuk sumur dalam.

Jika tertarik datang ke sana maka bisa datang kapan pun karena jam operasionalnya setiap hari selama 24 jam. Untuk harga tiketnya sebesar Rp5 ribu saja, cukup terjangkau dan murah meriah bukan.

4. Kawah Candradimuka

Kawah ini terbentuk akibat munculnya solfatara akibat rekahan tanah pada dataran tinggi Dieng. Terdapat dua lubang rekahan yang tergolong masih aktif dan mengeluarkan solfatara terus menerus serta berlangsung secara berselang.

Untuk pemandangan alam yang ditawarkan tergolong cukup indah serta dikelilingi bebatuan serta pohon yang rindang. Jika tertarik berkunjung ke sana maka kalian cukup ,mengeluarkan uang Rp5.000 untuk HTM.

5. Telaga Menjer

Telaga Menjer lokasinya di ketinggian 1.300 mdpl. Tempat ini juga dikelilingi tebing-tebing yang mana menambah keindahan panoramanya.

Menariknya lagi kalian dapat menikmati wisata ini secara lebih dekat caranya berkeliling danau memakai perahu. Bagi kalian para pasangan suami istri akan sangat cocok berkunjung ke Telaga Menjer karena nuansanya yang romantis.

6. Bukit Sikunir

Untuk kalian yang sengaja berkunjung ke Dieng guna berburu panorama sunrise dari atas bukit maka Bukit Sikunir merupakan salah satu tempat tujuan yang tepat untuk kalian.

Objek wisata ini lokasinya di Desa Sembungan dan termasuk ke dalam salah satu desa tertinggi yang ada di Pulau Jawa. Tempat ini memang sangat terkenal serta menjadi tujuan bagi penggemar fotografi guna mengabadikan momen sunrise yang sangat indah.

Akan tetapi jika kalian ingin memperoleh pemandangan indah tadi, perlu untuk mendaki bukit dan waktu yang tepat sebelum menjelang subuh. Namun kalian harus waspada karena berhadapan dengan terpaan angin yang sangat dingin.

Maka usahakan untuk menggunakan pakaian yang tebal. Namun perjuangan yang kalian lakukan pastinya akan sebanding setelah berhasil sampai di atas sana.

7. Gunung Prau

Untuk yang gemar mendaki ataupun mempunyai jiwa petualang maka salah satu tempat wisata yang pas dan banyak digemari yaitu Gunung Prau.

Puncak ketinggiannya 2.565 mdpl yang mana Gunung Prau tidak hanya menawarkan udara segar pegunungan akan tetapi juga keindahan dari panorama alam lewat melalui ketinggian.

Tidak hanya menikmati sunrise namun kalian juga bisa menikmati romantisnya sunset dari atas gunung. Jika ada waktu lebih jangan buang kesempatan untuk tidak menginap di sana karena ada pengalaman seru yang bisa dirasakan.

8. Gua Semar

Lokasinya di antara telaga Pengilon dan telaga Warna yang mana Gua Semar di yakni merupakan tempat bekas pertapaan bagi raja-raja Jawa serta pemimpin Indonesia di zaman dahulu. Hingga sekarang gua tersebut masih dikeramatkan dengan tambahan beberapa cerita mistis.

Walaupun begitu tidak menghalangi para wisatawan untuk datang berkunjung dikarenakan pemandangan sekitarnya memang cantik. Jika kalian tertarik mempelajari alam dan sejarah maka tempat ini jangan sampai terlewatkan.

9. Batu Pandang Ratapan Angin

Tempat wisata ini ada di ketinggian 2010 mdpl yang sangat menarik pastinya untuk dikunjungi. Sesuai dengan namanya kalian akan menemukan bebatuan di atas puncak bukitnya. Sehingga kalian dapat menikmati keindahan alam melalui ketinggian sambal menikmati segarnya hembusan angin.

10. Air Terjun Sikarim

Dieng juga mempunyai tempat wisata berupa curug atau air terjun salah satunya yakni Curug Sikarim. Lokasinya ada di Sembangung yang dikelilingi perbukitan dengan pepohonan rindang asri. Terdapat pula aliran air jernih yang tentunya akan menambah atmosfer yang menyegarkan pada tempat ini.

*Baca Juga: 10 Tempat Wisata di Solo yang Lagi Hits dan Instagramable

Sangat menarik bukan beberapa tempat wisata di Dieng yang bisa kalian kunjungi. Supaya liburan lebih nyaman dan aman maka pergunakanlah asuransi perjalanan yang bisa melindungi selama acara liburan.

Garda Trip merupakan salah satu asuransi yang pantas untuk dijadikan pilihan. Seperti yang kalian ketahui sebaik apa pun rencana liburan yang telah disusun pastinya akan terjadi sesuatu hal yang kurang mengenakan terjadi.

Maka untuk mengatasi tersebut pilih saja asuransi ini karena banyak jenis layanan yang ditawarkan dengan harga terjangkau.