10 Makanan Penurun Kolesterol yang Baik Dikonsumsi

Tingkat kolesterol tubuh dapat dipengaruhi oleh pola makan kita sehari-hari. Ada beberapa jenis makanan yang memiliki kolesterol tinggi yang pada akhirnya menyebabkan tingkat kolesterol tubuh kita naik. Tapi ada juga beberapa makanan yang mampu menurunkan kolesterol pada tubuh kita.

Nah, pada pembahasan kali ini, kita akan mencari tahu apa saja makanan yang dapat berfungsi sebagai penurun kolesterol tubuh, baca artikel ini sampai selesai ya!

Manfaat Kolesterol Terhadap Tubuh

Lipoprotein akan membawa kolesterol menuju seluruh tubuh, jika dalam jumlah yang kecil, maka kolesterol akan bermanfaat untuk tubuh. Berikut beberapa manfaatnya:

1. Produksi hormon

Kolesterol bisa dibilang bahan dasar hormon steroid, misalnya hormon testosteron, estrogen, maupun progesteron. Termasuk juga hormon kortisol, yaitu hormon yang berperan merespons stres.

2. Komponen sel

Komponen penting struktur sel salah satunya adalah kolesterol. Zat yang satu ini akan menjaga kestabilan membran sel. Pada akhirnya kolesterol dapat membuat sel-sel tubuh menjalani fungsinya secara optimal.

3. Produksi empedu

Manfaat kolesterol dapat menunjang produksi empedu. Empedu berperan penting untuk kesehatan pencernaan maupun penyerapan lemak.

4. Vitamin D

Manfaat lainnya dari kolesterol yaitu berperan dalam proses sintesis vitamin lebih tepatnya vitamin D. Vitamin ini yang berperan penting untuk menunjang kekebalan tubuh dan menyehatkan tulang. 

Lewat beberapa poin di atas, kita tahu kalau kolesterol mempunyai beberapa fungsi-fungsi penting untuk tubuh. Tapi penting menjaga keseimbangan kadar kolesterol tubuh. Alasannya yaitu karena kalau kadar kolesterol terlalu tinggi, maka bisa meningkatkan kemungkinan terkena penyakit kardiovaskular. 

*Baca Juga: Vitamin yang Baik untuk Menjaga Daya Tahan Tubuh!

Makanan yang Bisa Dijadikan Penurun Kolesterol

Kadar kolesterol jika terlalu tinggi bisa sangat berbahaya, kondisi tersebut dapat meningkatkan potensi terkena masalah atau gangguan kesehatan tertentu. Bahkan termasuk juga menjadi penyebab meningkatnya kemungkinan terkena penyakit jantung. 

Agar dapat menurunkan tingkat kolesterol berlebih, coba konsumsi beberapa makanan berikut:

1. Beras Merah

Salah satunya yaitu beras merah, di dalam beras merah ini terdapat fitonutrien, vitamin B, magnesium dan selenium. Kandungan tersebut dapat menurunkan kadar lemak darah. Jenis beras yang satu juga memiliki banyak kandungan serat, sehingga bisa mengontrol tingkat gula darah. 

2. Kacang-kacangan

Agar tingkat kolesterol tubuh tetap dalam kondisi sehat, makanan lain yang bisa Anda konsumsi yaitu kacang-kacangan. Alasannya karena kacang-kacangan memiliki kandungan serat, beraneka vitamin, mineral, dan protein nabati yang bermanfaat baik untuk kesehatan tubuh. 

Kalau Anda mengonsumsi daging, maka lebih baik sajikan saja bersama dengan kacang-kacangan. Tujuannya agar dapat menetralisir kolesterol dari daging. 

3. Buah Alpukat

Pilihan makanan selanjutnya adalah salah satu buah yang disukai banyak orang yaitu buah alpukat. Alpukat merupakan buah yang kaya akan kandungan omega 3 maupun asam folat. Kandungan tersebut yang dipercaya bagus untuk kesehatan jantung. 

Kalau dibanding dengan makanan berlemak yang lainnya, alpukat memiliki kandungan lemak yang baik. Lemak baik dari alpukat tersebut yang sebenarnya dibutuhkan tubuh.

4. Buah Beri

Selain alpukat, buah beri juga merupakan buah lainnya yang bagus untuk kesehatan kolesterol. Buah berry atau beri itu sendiri cukup beragam jenisnya, ada blueberry, strawberry, blackberry dan buah beri lainnya. Pada buah-buah beri tersebut terkandung berbagai macam nutrisi baik termasuk vitamin yang tentunya bermanfaat sehat untuk tubuh. Beraneka macam berry ini dipercaya dapat menurunkan kolesterol tubuh. Pada akhirnya dapat mencegah risiko terkena penyakit kardiovaskular. 

5. Sayuran Hijau

Bukan hanya buah-buahan saja yang perlu Anda konsumsi, sayuran hijau juga cocok dijadikan penurun kolesterol. Jenis sayuran hijau itu sendiri sangat beragam, mulai dari kale, bayam, brokoli, sawi dan sayuran hijau lainnya. Berbagai sayur-sayuran hijau tersebut mempunyai manfaat baik untuk kesehatan tubuh Anda. 

Sayuran hijau mengandung banyak vitamin, sehingga bagus untuk kekebalan tubuh. Lebih baik sayuran hijau dikonsumsi setiap hari agar mendapatkan manfaat baiknya. 

6. Buah Pisang

Pisang merupakan buah yang disukai banyak orang. Selain banyak yang suka, pisang juga memiliki banyak manfaat, salah satunya adalah menyediakan nutrisi baik untuk mengendalikan kolesterol. Bukan hanya ideal dikonsumsi untuk menyehatkan orang dewasa saja, sangat baik juga pisang dikonsumsi kalangan anak-anak.

Maka dari itu, kita mungkin sering menemukan pisang sebagai salah satu menu MPASI yang populer. 

7. Ikan Laut

Salah satu makanan yang tidak boleh dilewatkan untuk menyehatkan tubuh yaitu ikan laut. Ikan salmon misalnya yang dapat Anda konsumsi untuk menurunkan kolesterol. Ikan bukan hanya dapat menurunkan kolesterol saja tapi juga trigliserida.

Ikan salmon memiliki manfaat yang bisa Anda peroleh maksimal kalau tidak memakai minyak ketika mengolahnya atau memasaknya. Pilihan lainnya selain ikan salmon yaitu makarel, tuna atau sarden. Omega 3 dari ikan-ikan laut tersebut berperan efektif dalam menurunkan kadar kolesterol jahat.

8. Oat

Oat merupakan salah satu menu sarapan. Oat merupakan olahan gandum dan makanan yang satu ini dapat bermanfaat mengendalikan kolesterol jahat. Oat bermanfaat juga mendukung program diet kalau pola konsumsinya diterapkan secara rutin.

9. Teh Hitam

Meski bukan termasuk makanan, rasanya cukup disarankan mengandalkan teh hitam ini jika Anda ingin menurunkan kolesterol tubuh. Di dalam teh hitam terkandung flavonoid yang dapat membantu jantung memiliki performa optimal. Manfaat lainnya dari teh hitam yaitu menurunkan risiko terkena penyakit hipertensi. Menurunkan kolesterol menjadi manfaat lainnya dari konsumsi teh hitam.

10. Kedelai

Bahan konsumsi sehat terakhir yang baik sebagai penurun yaitu kedelai. Kedelai itu sendiri bisa dijadikan beberapa olahan mulai dari tempe, susu kedelai, tepung kedelai, tahu dan sebagainya. Di dalam kedelai terdapat isoflavon, fungsinya adalah menekan kolesterol jahat.

*Baca Juga: Tidak Perlu Pusing! Begini Cara Membeli Obat Secara Online

 

Itulah beberapa jenis asupan penurun kadar kolesterol yang baik Anda konsumsi. Konsultasikan kebutuhan obat Anda bersama Garda Healthtech, Mulai dari Rp299 ribu! Anda bisa menikmati keuntungan konsultasi dokter umum dan spesialis! Hubungi kami sekarang juga!