15 Wisata Alam di Jogja, Cocok untuk Healing!

15 Wisata Alam di Jogja, Cocok untuk Healing!

Jawa Tengah memiliki banyak wilayah menarik dengan potensi pariwisata yang besar, salah satunya tentu saja Yogyakarta yang akrab disebut Jogja. Potensi tersebut ditandai dengan jumlah kunjungan wisatawan ke Jogja yang mencapai 7 juta orang sepanjang tahun 2023. Banyak sekali ciri khas Jogja yang membuat wisatawan selalu rindu untuk kembali. Tak hanya unggul dari segi budaya dan kuliner, wisata alam Jogja pun tidak kalah menakjubkan dibandingkan daerah lainnya di tanah air.

Kini, sejumlah destinasi wisata alam Jogja juga dikelola secara serius oleh pemerintah maupun swasta supaya potensinya makin berkembang. Kemajuan sektor pariwisata Jogja bukan sekadar menambah pendapatan daerah, melainkan juga menyuguhkan pengalaman istimewa bagi wisatawan. Jika Anda sudah tak sabar ingin menikmati momen liburan di kota pelajar tersebut, simak dulu rekomendasi tempat wisata alam di Jogja berikut ini sebelum menentukan pilihan.

Destinasi dan Tempat Wisata Alam yang Indah di Jogja

Perjalanan liburan ke Jogja tak akan pernah terasa membosankan karena deretan destinasi wisata alam Jogja ini sedang menanti kedatangan Anda:

  1. Puncak Becici

Lokasi tempat wisata alam Jogja ini terletak di Gunungcilik, Kabupaten Bantul. Puncak Becici mempunyai bentang alam berupa hutan pinus di atas bukit dengan panorama sangat spektakuler. Ketika berlibur di kawasan ini, Anda bisa melakukan aktivitas pendakian, berkemah, atau berburu foto sampai puas. Suasananya sangat sejuk dan masih asri sehingga kerap menjadi tujuan andalan wisatawan lokal maupun mancanegara.

  1. Gumuk Pasir Parangkusumo

Wisata alam Jogja ini sangat fenomenal karena tergolong langka dan tidak dapat ditemukan di tempat lain. Gumuk Pasir Parangkusumo terdiri dari endapan pasir pantai setinggi puluhan meter yang tampilannya sangat mirip dengan gumuk pasir. Para wisatawan biasanya mengunjungi destinasi wisata di Parangtritis ini untuk berburu foto atau menikmati aktivitas sandboarding yang menantang.

  1. Gua Pindul

Referensi tempat wisata alam Jogja berikutnya yang menyajikan aktivitas menantang adalah Gua Pindul. Lokasinya berada di Desa Bejiharjo, Kabupaten Gunungkidul. Salah satu daya tarik destinasi wisata ini adalah cave tubing, yaitu aktivitas menjelajahi sungai di dalam gua dengan menaiki ban pelampung. Suasana dalam Gua Pindul yang menakjubkan karena kealamiannya masih terjaga tentu membuat siapa pun merasa takjub.

  1. Merapi Lava Tour

Jika Anda menyukai wisata alam yang menguji adrenalin, maka Merapi Lava Tour pasti menjadi salah satu pilihan terbaik. Saat mengikuti aktivitas ini, Anda akan diajak menaiki mobil Jeep untuk mengelilingi kawasan yang rusak karena pernah diterjang erupsi Merapi. Mobil Jeep akan melakukan banyak manuver mengejutkan yang membuat sensasi berwisata makin menegangkan. Setiap mobil Jeep yang melayani Merapi Lava Tour dapat memuat kapasitas maksimal 5 orang.

  1. Pantai Parangtritis

Objek wisata populer ini tentu menjadi salah satu destinasi terbaik yang tak boleh diabaikan ketika berlibur ke Jogja. Pantai Parangtritis yang terletak di Kabupaten Bantul memang berlokasi agak jauh dari pusat kota, yaitu kurang lebih 27 km. Kendati demikian, jarak tidak menyurutkan minat para wisatawan untuk berlibur ke pantai ini. Pemandangan matahari terbenam yang menarik membuat wisatawan senantiasa meluangkan waktu mengunjungi Pantai Parangtritis.

  1. Agrowisata Bhumi Merapi

Tempat wisata alam di Jogja selanjutnya yang cocok dikunjungi bersama keluarga adalah Agrowisata Bhumi Merapi. Ada banyak sarana hiburan bergaya kekinian yang terdapat di destinasi wisata ini, antara lain area ternak dan hewan eksotis, berbagai spot foto yang disebut Langlang Buana, restoran, wahana berkuda, gazebo, dan camping ground. Suasana Agrowisata Bhumi Merapi yang sejuk serta temanya yang mengusung konsep wisata edukatif tentu membuat anak-anak gemar berlibur di tempat tersebut.

  1. Pantai Wedi Ombo

Daerah pesisir ini bukan sekadar pantai yang menjadi tempat wisata, melainkan juga merupakan kawasan konservasi perairan dengan keanekaragaman hayati yang sangat bervariasi. Pantai Wedi Ombo berlokasi di Desa Balong, Gunung kidul. Uniknya, pantai berupa teluk ini diperkirakan merupakan bekas kawah gunung berapi di masa lampau yang tenggelam di bawah permukaan laut. Hal ini tercermin dari bentang alamnya yang berbentuk setengah lingkaran serta bagian barat yang memiliki kubah lava gunung berapi.

  1. Kedung Pedut

Destinasi wisata alam Jogja ini adalah air terjun yang terletak di Kecamatan Girimulyo, Kulonprogo. Nama Kedung Pedut berasal dari Bahasa Jawa, Kedung artinya kolam dan Pedut artinya kabut. Penggunaan nama tersebut berasal dari suasana sekitar air terjun yang seakan berkabut karena air yang turun sangat deras. Suasana Air Terjun Kedung Pedut masih sangat terjaga kealamiannya. Wisatawan harus berjalan kaki sejauh kurang lebih 500 meter untuk sampai di lokasi. Tak perlu khawatir karena pengorbanan waktu dan tenaga untuk menuju kawasan tersebut akan terbayarkan ketika melihat panorama air terjun jernih berwarna hijau kebiruan yang memanjakan mata.

  1. Kalibiru

Ketika berada di Kulonprogo, jangan lupa meluangkan waktu untuk mengunjungi Kalibiru. Ada beragam fasilitas wisata yang terdapat di destinasi ini, antara lain flying fox, area outbond, trekking, serta spot foto di ketinggian. Daya tarik Kalibiru yang memikat wisatawan sejak dulu adalah spot foto pada ketinggian tertentu yang harus didahului dengan menaiki tangga pada sebuah pohon. Saat sudah tiba di spot foto, Anda bisa melihat keindahan Waduk Sermo dan garis pantai Laut Selatan dari atas ketinggian sambil mendengarkan arahan fotografer untuk bergaya.

  1. Pantai Indrayanti

Wisata alam Jogja di kawasan Gunungkidul ini dikenal juga dengan nama Pantai Pulau Syawal. Pantai Indrayanti memiliki hamparan pasir putih yang membuatnya terlihat sangat indah. Soal urusan gelombang, ombak di pantai ini cukup besar sehingga wisatawan tidak diperkenankan berenang dengan alasan keselamatan. Namun, Anda tak akan bosan bila mengunjungi Pantai Indrayanti sebab panorama pantainya sangat memanjakan mata.

  1. Jogja Agro Techno Park (JATP)

Jogja Agro Techno Park adalah kawasan terpadu yang bertujuan menjadi destinasi wisata edukatif bertema pertanian. Ada berbagai sarana edukasi yang tersedia di tempat ini, antara lain Zona Edukasi Bercocok Tanam, Taman Durian Menoreh, Zona Kandang dan Kolam Ikan, Taman Biofarmaka, dan Greenhouse. Wisata petik buah juga sangat diminati karena para wisatawan berkesempatan merasakan pengalaman memetik buah dan sayur lalu membawanya pulang sebagai kenang-kenangan. Selain itu, Jogja Agro Techno Park juga punya fasilitas lain berupa gedung pertemuan yang bisa disewa untuk beragam acara.

  1. Geoforest Watu Payung

Objek wisata ini berada di Desa Girisuko, Gunungkidul. Dahulu, area Geoforest Watu Payung adalah hutan jati produksi yang suasananya rindang. Setelah fungsi utamanya tidak aktif, kini kawasan tersebut disulap menjadi tempat wisata. Ketika berada di Geoforest Watu Payung, Anda dapat menyaksikan pemandangan hutan di perbukitan dan Sungai Oyo yang diselingi permukiman warga. Ciri khas lainnya yang membedakan destinasi wisata alam Jogja ini dengan tempat lainnya adalah land art karya Wisnu Ajitama yang menggunakan tanaman saliara. Mayoritas spot foto di Geoforest Watu Payung dapat digunakan secara gratis, kecuali Hasta Apsari yang berbayar dan ada batasan waktu tetapi tarifnya masih terjangkau.

  1. Pintoe Langit Dahromo

Tempat wisata alam Jogja yang terkenal ini berlokasi di Karang Asem, Bantul. Saat berada di destinasi ini, Anda bisa berfoto di tempat fenomenal yang dilengkapi objek berupa pintu dan piano kayu. Latar tempat berupa hutan pinus serta perkampungan menghasilkan foto yang lebih hidup, seolah Anda sedang berada di langit. Momen terbaik untuk berkunjung ke Pintoe Langit Dahromo adalah sore hari sebelum matahari terbenam agar bisa mendapatkan hasil foto memuaskan. Letak lokasi wisata ini tidak jauh dari beberapa objek wisata lain seperti Puncak Becici dan Hutan Pinus Pengger sehingga Anda dapat mengunjunginya secara berurutan dalam satu hari.

  1. Hutan Pinus Mangunan

Jika Anda termasuk wisatawan yang gemar mengunjungi hutan pinus, maka kawasan Hutan Pinus Mangunan bisa menjadi referensi yang menarik. Tempat wisata ini berlokasi di Dlingo, Bantul, dengan jarak tidak terlalu jauh dari pusat kota Jogja. Jadi, Anda hanya perlu meluangkan waktu kurang lebih 30 menit untuk menuju ke Hutan Pinus Mangunan. Destinasi wisata alam Jogja ini buka sejak pukul 6 pagi hingga 5 sore.

Saat berlibur ke Hutan Pinus Mangunan, Anda bisa menikmati pemandangan Jogja dari ketinggian jika berada di gardu pandang. Di samping itu, ada pula fasilitas lainnya berupa hammock, spot foto, taman buah, wahana outbound, dan lahan perkemahan. Ketersediaan beberapa penginapan di sekitar Hutan Pinus Mangunan membuat Anda leluasa berlibur di kawasan tersebut selama beberapa hari.

  1. Gua Jomblang

Tujuan wisata alam Jogja yang juga sayang untuk dilewatkan adalah Gua Jomblang di Gunungkidul. Tak seperti gua lain yang posisinya horizontal, gua ini justru berbentuk vertikal karena keruntuhan tanah dalam proses geologi yang amat panjang. Wisatawan yang ingin menyaksikan keindahan dalam gua harus melakukan vertical caving sejauh 15 meter dengan berjalan kaki perlahan-lahan. Salah satu daya tarik yang dimiliki Gua Jomblang adalah “Cahaya Surga”, yaitu sinar matahari yang masuk ke dalam gua antara jam 10 hingga 12 siang. Kehadiran cahaya tersebut acapkali dimanfaatkan wisatawan untuk mengabadikan foto bernuansa estetik.

Tips Menikmati Sensasi Tempat Wisata Alam di Jogja

Jika sudah tak sabar ingin segera menikmati sensasi wisata alam Jogja yang luar biasa, sebaiknya Anda melakukan beberapa persiapan berikut ini:

  • Siapkan jeda waktu yang memadai karena destinasi wisata alam di kota tersebut rata-rata berjarak cukup jauh dari pusat kota. Jadi, Anda patut mempertimbangkan faktor lain seperti kemacetan lalu lintas.

  • Jangan lupa memakai sunscreen untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari.

  • Bawa uang tunai dalam jumlah cukup banyak karena kemungkinan besar Anda akan kesulitan menemukan ATM atau sistem pembayaran non tunai di tempat wisata alam.

  • Pastikan bahwa perbekalan Anda sudah memadai, antara lain air minum, baju ganti, tisu, dan sedikit makanan. Usahakan untuk tidak membawa perbekalan berlebihan yang menyulitkan perjalanan menuju lokasi wisata, khususnya bila Anda tidak membawa kendaraan pribadi berupa mobil.

  • Gunakan pakaian yang nyaman supaya Anda leluasa bergerak selama berada di tempat wisata alam.

Persiapan liburan yang dilakukan dengan cermat tentu membuat momen bahagia Anda berlangsung lancar. Selain menyiapkan bujet dan perbekalan, jangan melupakan pentingnya persiapan lain berupa asuransi perjalanan. Anda tak akan kerepotan mencari asuransi perjalanan terbaik karena kini Garda Trip telah hadir untuk menyempurnakan aktivitas liburan.

Merealisasikan ketenangan dan kenyamanan perjalanan domestik maupun internasional pun jadi semakin mudah dengan dukungan Garda Trip. Asuransi perjalanan ini memberikan proteksi terhadap berbagai risiko, seperti pembatalan perjalanan, keterlambatan penerbangan, jaminan bagasi dan barang pribadi, biaya medis serta biaya terkait medis, dan masih banyak lagi. Sudah saatnya Anda mengantisipasi risiko perjalanan secara menyeluruh supaya bisa menikmati liburan secara tenang di mana pun Anda berada.