Alasan Kenapa Tidak Boleh Memanaskan Mesin Kendaraan Terlalu Lama

Alasan Kenapa Tidak Boleh Memanaskan Mesin Kendaraan Terlalu Lama

Salah satu hal yang rutin dilakukan oleh pemilik mobil di pagi hari adalah memanaskan mesin mobilnya dan dilakukan hingga suhu mesin ideal sebelum dikendarai. Sampai saat ini, masih banyak orang yang percaya bahwa mesin mobil wajib dipanaskan terlebih dahulu sebelum digunakan setiap harinya. Biasanya mereka akan merasa resah bila harus mengendarai mobil tanpa memanaskan mesinnya terlebih dahulu, karena mereka khawatir performa mesin tidak optimal saat dikendarai.

Lalu, apakah pernyataan di atas benar adanya? Memang hal ini sudah menjadi hal yang umum di masyarakat, tetapi agar kita bisa lebih paham mengenai permasalahan ini maka berikut ini jawaban dari pertanyaan di atas.

Perlu diketahui bahwa kegiatan memanaskan mesin mobil sebelum dikendarai boleh dilakukan tetapi tidak perlu memakan waktu yang lama karena pada dasarnya mobil-mobil yang diproduksi di masa sekarang sudah menggunakan teknologi yang sangat canggih yang mengatur kebutuhan bahan bakar dan udara untuk proses pembakaran agar lebih optimal. Untuk mesin mobil terbaru sudah didesain untuk bisa menyesuaikan suhu otomatis dengan menggunakan sistem komputer, yang kini sering disebut sebagai mesin injeksi. Oleh karena itu, mesin jenis ini tidak lagi memerlukan waktu yang lama untuk dipanaskan sebelum digunakan berkendara karena mesin sudah bisa menyesuaikan suhu secara otomatis dan cepat.

Kelebihan Mobil dengan Mesin Injeksi:

  1. Kelebihan pertama adalah hanya membutuhkan waktu yang singkat untuk memanaskan mesin kendaraan, karena mesin sudah memiliki kemampuan menyesuaikan suhu.
  2. Emisi dari gas buang lebih rendah karena sistem pembakarannya yang lebih sempurna, sehingga hal ini bisa berakibat positif pada kondisi lingkungan.
  3. Mesin injeksi lebih mudah dalam mengeluarkan tenaga, hal ini disebabkan karena konstruksi injektornya berada di intake manifold, sehingga pencampuran bahan bakar lebih homogen, dan kerja pembakaran di mesin bisa berjalan dengan sempurna.
  4. Perawatan yang tergolong mudah, karena tidak memerlukan pembongkaran karbu untuk melakukan servis.

Memang pada dasarnya memanaskan mesin mobil masih perlu dilakukan, namun Anda tidak perlu memanaskan mesin tersebut lebih dari 5 menit, karena dengan memanaskan mesin mobil terlalu lama atau bahkan lebih dari 5 menit, maka hal itu mampu menimbulkan emisi gas buang yang berlebih. Hal tersebut tentu sangat berbahaya bila dilakukan di ruangan tertutup, sehingga sangat dianjurkan untuk memanaskan mobil di ruangan terbuka atau di luar ruangan.

Jika khawatir akan terjadi suatu hal yang tidak diinginkan saat berkendara, sebaiknya Anda menggunakan asuransi untuk kendaraan Anda sebagai salah satu tindakan protektif. Garda Oto menawarkan layanan asuransi kendaraan dengan kenikmatan kemudahan klaim, klaim yang cepat, dan berbagai keuntungan lain yang bisa didapatkan.