Apa Fungsi Mesin Turbo Mobil dan Cara Kerjanya?Turbo mobil harus diketahui oleh para pemilik mobil, karena memiliki peran penting untuk kendaraan. Walau mesin turbo dipasang untuk mobil diesel yang memiliki performa tinggi, tapi juga bisa untuk mobil lain. Turbo mobil bisa ditemukan pada kendaraan non-sport, misalnya Civic Turbo (hatchback).

Apa yang Dimaksud dengan Turbo Mobil?

Kalau kita melihat modifikasi-modifikasi pada mobil, maka penambahan turbo merupakan hal umum. Sekarang ini, turbo bisa dibeli lebih mudah, ada ragam pilihan merek, kemampuan dan spesifikasi. Biasanya mesin turbo sering dipasang kalau ingin mobilnya memiliki performa kecepatan tinggi. 

Tidak terbatas untuk mobil saja, turbo bisa saja digunakan untuk truk. Turbo lebih jelasnya merupakan perangkat induksi forced/paksa yang dipasang untuk pipa gas kendaraan atau knalpot. Ada dua turbin pada mesin turbo, yaitu drive turbin yang letaknya pada satu poros. 

Untuk turbin pertama, yaitu drive turbin, sementara yang lainnya yaitu driven turbin. Turbin driven dapat berputar dikarenakan adanya turbin pertama. Letak driven turbin di bagian tengah intake. Cara kerja mesin turbo mobil secara umum, yaitu membuat udara semakin cepat masuk ruang mesin. 

Tenaga yang dihasilkan lebih baik, drive turbin bekerja sebagai pemutar, tenaganya dari gas buangan mesin. Posisi turbin ini ada pada bagian tengah aliran buangan gas. Saat turbin berputar, driven turbin ikut berputar lalu mengantar banyak udara ke mesin. Biasanya, turbo mobil ini dilengkapi dengan intercooler agar udara didinginkan, sehingga pembakaran lebih sempurna.

Apa Fungsi Utama Turbo Mobil?

Terdapat unsur-unsur utama supaya mesin mobil mampu bekerja maksimal, bahan bakar atau bensin dan udara atau oksigen. Kalau bahan bakar kurang, bisa mengisi melalui pom bensin terdekat, tapi tidak dengan unsur udara. Udara harus didapat melalui lingkungan sekitar.

Dari sini, turbo mobil memiliki peran, fungsi utama mesin turbo memasukkan banyak oksigen atau udara ke ruang pembakaran agar bisa meningkatkan tenaga. Maka hasilnya, hasil tenaga akan lebih besar. Bisa saja hingga 50 persen dibandingkan kapasitas standar mesin.

Turbo mampu memutar baling-baling lewat gas buangan mesin. Mesin turbo mampu menghasilkan banyak udara yang terkompresi. Nantinya, udara disuplai menuju silinder agar mendukung pembakaran. Lewat ekstra oksigen, maka mesin turbo mampu membuat pembakaran lebih baik.

1. Tenaga mesin dan torsi bisa meningkat

Salah satu fungsi turbo yaitu meningkatkan baik itu tenaga atau pun torsi mesin lewat energi yang terbuang. Pembakaran dengan mesin turbo akan lebih sempurna, kombinasi bahan bakar dan udara akan seimbang. Dengan begitu, daya yang mampu dihasilkan juga semakin tinggi.

Tenaga maupun torsi yang dihasilkan akan meningkat juga dengan siklus pembakaran efisien. Ketika mengendarai mobil, maka akan terasa bertenaga.

2. Konsumsi bensin lebih efisien 

Kalau dipasang secara presisi, mesin turbo mampu membuat mobil lebih efisien mengkonsumsi bensin/bahan bakar. Karena turbo bekerja melalui daur ulang atau pemakaian ulang energi buangan mesin. Energi masuk ke turbo melalui turbin, lalu diubah menjadi energi lebih besar. 

Tenaga mesin akan lebih besar agar bisa berakselerasi cepat. Hal tersebut mampu memberikan efisiensi lebih tinggi, tidak perlu lebih banyak mengkonsumsi bahan bakar. Kegunaan turbo mobil satu ini lebih terasa kalau mobil kamu memakai mesin diesel.

3. Mengurangi emisi berbahaya

Bukan hanya efisien memakai bahan bakar saja, teknologi turbo mobil bisa mengurangi emisi atau polusi. Walau ada yang beranggapan mesin dengan kecepatan tinggi akan mengeluarkan banyak emisi, ternyata tidak seperti itu. Turbo bekerja dengan memakai energi kembali yang terbuang melalui knalpot. Emisi CO2 lebih sedikit yang dihasilkan sehingga ramah lingkungan.

4. Meningkatkan tenaga mesin dengan kapasitas kecil

Mobil yang memiliki kapasitas mesin kecil, maka mesin turbo mampu memiliki peranan penting. Memasang turbo dapat menjadi solusi tepat jika ingin tenaga mesin untuk jenis mobil tersebut semakin bertenaga. Karena dapat membuat lebih cepat dan baik dalam berkendara.

Dampak dari memakai turbo mobil adalah bisa meningkatkan tenaga meski mesin mobil berkapasitas kecil. Hal tersebut tentunya bisa menambah kenyamanan Anda saat kendaraan. Apalagi bagi Anda yang suka berkendara di jalan tol dengan kecepatan yang maksimal. 

Cara Kerja Mesin Turbo Mobil

Terdapat dua macam komponen utama agar mesin turbo mobil bisa bekerja, kompresor dan turbin. Gas buangan knalpot dialirkan menuju turbin sehingga hasilnya bisa memutar turbin mobil yang terhubung dengan bagian kompresor mobil.

Gas ini perlu mempunyai tekanan cukup supaya membuat turbin tersebut berputar. Nantinya dengan turbo, putaran bisa mencapai angka 150.000 rpm. Dengan kata lain, lebih cepat 30x dibandingkan mesin mobil yang biasanya. 

Dari semakin tingginya RPM mesin, semakin kuat tekanan gas buangan. Sehingga membuat turbin memutar lebih cepat. Setelah sisi turbin, di sisi kompresor yang menjadi tempat tenaga tambahan dihasilkan. Kompresor memutar dan menghisap banyak udara.

*Baca Juga: Ketahui Apa Penyebab Mesin Mobil Cepat Panas

Lalu, kompresor membuat volume udara lebih tinggi untuk masuk ke dalam mesin mobil. Itulah pembahasan mengenai fungsi dan cara kerja dari mesin turbo. Apa pun itu jenis mobil yang Anda gunakan, asuransi mobil merupakan hal yang terpenting untuk Anda pertimbangkan. 

Asuransi mobil berperan penting untuk melindungi kondisi kendaraa Anda dari hal-hal tertentu yang pastinya tidak diinginkan. Seperti kerusakan komponen, kecelakaan hingga hilang karena pencurian. Maka dari itu, gunakan asuransi mobil dengan kualitas terbaik seperti Garda Oto.

Kami menawarkan jenis pertanggungan, seperti Total Loss Only yang menjamin kerugian/kerusakan dengan biaya perbaikan ≥ 75% dari harga kendaraan. Comprehensive, jaminan kerugian/kerusakan sebagian dan keseluruhan yang diakibatkan oleh semua risiko yang dijamin dalam polis asuransi, termasuk hilang akibat pencurian dengan tambahan fitur dan layanan yang lebih lengkap.