Apa itu Aquaplaning Mobil? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya!

Apa itu Aquaplaning Mobil? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya!

Berkendara dalam cuaca hujan memang berbahaya, namun ternyata mengendarai kendaraan anda setelah hujan pun tidak jauh berbeda. Karena genangan air yang ada di jalan bisa menyebabkan aquaplaning pada mobil. Apa itu aquaplaning mobil?.

Penyebab dan Akibat Aquaplaning

Aquaplaning adalah sebuah kondisi terbentuknya lapisan air antara permukaan jalan dengan ban mobil. Hal ini membuat ban mobil kehilangan daya cengkramnya. Sehingga mobil pun menjadi hilang kendali, dan apabila anda tidak mampu menyiasatinya maka bisa menimbulkan kecelakaan fatal di jalan raya. Tidak hanya genangan air hujan, aquaplaning juga bisa terjadi akibat air dari kendaraan lain yang lewat.

Tentu masalah satu ini menjadi momok tersendiri bagi para pengendara mobil. Ketika kendaraan dengan roda empat tersebut melewati jalan yang berair, maka ban akan menjadi lebih sulit untuk dikendalikan. Daya cengkram yang dimiliki pun menurun drastis, lemah traksi ini bisa membuat pengendara kehilangan kontrol atas kendaraan.

Untuk memperjelas apa itu aquaplaning mobil, anda bisa memperhatikan ciri cirinya. Ciri dari mobil yang mengalami kondisi ini di antaranya yaitu suara mobil menjadi lebih keras secara mendadak, bagian belakang kendaraan terasa seperti melayang pada bagian sisi sisinya sehingga anda akan merasa lebih ringan dalam mengemudi.

Bila ditilik dari sisi bobot pada mobil, maka semakin ringan kendaraan yang anda miliki maka kondisi ini akan lebih mudah terjadi. Karena kendaraan akan lebih mudah terangkat, terlebih ketika melewati jalanan yang basah. Sehingga aquaplaning ini risiko terjadinya cukup tinggi pada musim hujan, ini juga yang menyebabkan banyak terjadi kecelakaan di hari hujan.

Baca juga: Mau Berkendara Aman Saat Hujan? Perhatikan 3 Hal Ini

Cara Mengatasi Aquaplaning

Karena aquaplaning berisiko menyebabkan kecelakaan fatal, maka sebagai pengendara anda wajib mempelajari cara mengatasi kondisi satu ini. Untuk mengatasi aquaplaning mobil, pertama anda harus berhati hati dalam berkendara pada beberapa menit awal ketika hujan mulai turun. Karena sepuluh menit pertama hujan turun dinilai paling berbahaya.

Pasalnya air hujan akan bercampur dengan minyak, kotoran, serta partikel partikel yang ada di jalan. Sehingga membuat lapisan yang sangat licin di jalanan. Pada saat kondisi cuaca basah seperti ini, sebaiknya mengemudi secara perlahan. Karena semakin cepat anda bergerak, maka ban mobil juga menjadi makin sulit menjaga traksi dengan jalanan.

Hindari pula melewati genangan air, karena ini bisa menimbulkan hydroplaning. Biasanya genangan genangan air banyak terbentuk di pinggir jalan, maka sebaiknya anda berjalan sedikit ke tengah. Namun karena genangan tersebut cukup sulit dilihat pada cuaca hujan, maka anda harus selalu waspada dalam berkendara.

Pastikan wiper mobil bekerja dengan baik, untuk membantu anda melihat jalanan di depan. Gunakan gigi rendah dalam kondisi tersebut, ini akan membantu untuk mendapatkan traksi serta mencegah kendaraan berjalan terlalu kencang. Menggunakan gigi rendah bahkan memberikan anda keamanan, pada saat menuruni turunan serta berbelok.

Matikan fitur cruise control pada mobil anda. Dengan begitu maka anda pun lebih dapat merasakan kondisi jalanan yang ada. Apabila anda harus segera mengurangi kecepatan laju mobil, maka akan lebih mudah dilakukan karena posisi kaki memang telah siap berada pada pedal rem.

Baca juga: Ini Dia Fitur yang Sangat Bermanfaat saat Musim Hujan

Risiko aquaplaning memang begitu tinggi dalam keadaan hujan. Sehingga anda harus selalu waspada ketika dihadapkan pada situasi tersebut. Inti dari mengatasi kondisi ini yaitu tidak melakukan gerakan yang spontan. Tindakan preventif seperti rutin memeriksa komponen mobil, juga dapat membantu anda mengurangi risiko aquaplaning.

Nah, itulah penyebab dan cara mengatasi aquaplaning, selalu perhatikan kondisi kendaraan Anda, dengan Anda memperhatikan kendaraan, Anda akan berkendara dengan nyaman dan aman. Selain itu jangan lupa mengasuransikan mobil Anda dengan asuransi mobil Garda Oto. Garda Oto, produk asuransi mobil dari Asuransi Astra, siap memberikan perlindungan terbaik bagi mobil Anda dengan berbagai manfaat dan layanan yang kami miliki. Ditambah, kami juga menyediakan layanan darurat bagi Anda jika mengalami masalah di jalan, cukup dengan hubungi Garda Akses di nomor 1500112 yang dapat diakses 24 jam, informasikan kondisi darurat Anda, dan tim Garda Siaga kami akan segera datang ke lokasi Anda dan memberikan bantuan atas masalah Anda. #PeaceofMind