Ingin Berlibur Ke Luar Negeri? Simak Cara Membuat Paspor Online Disini!

Ingin Berlibur Ke Luar Negeri? Simak Cara Membuat Paspor Online Disini!

Ketika anda ingin berlibur atau berjalan jalan ke luar negeri, paspor adalah salah satu hal penting yang dibutuhkan. Sebab, adanya paspor dapat berfungsi sebagai syarat wajib dan juga dokumen yang harus dibawa saat bepergian ke luar negeri. Untuk itu, bagi anda yang ingin tahu cara membuat paspor online, sebaiknya anda menyimak ulasannya berikut ini.

1. Mengunduh Aplikasi dan Melakukan Pendaftaran

Pertama, anda bisa mengunduh terlebih dahulu aplikasi di App Store maupun Google Play. Anda juga bisa membuat akun di https://antrian.imigrasi.go.id/. Sehingga anda bisa mendapatkan nomor antrian dan melakukan pendaftaran. Dalam membuat akun ini, anda perlu memasukkan beberapa data diri.

Cara yang bisa anda lakukan adalah dengan membuka aplikasi dan anda akan diarahkan ke halaman pertama. Isilah data diri anda secara lengkap. Mulai dari username dan password, selanjutnya masukkan nama yang sesuai dengan KTP, NIK, nomor HP yang aktif, alamat lengkap dan juga email yang aktif anda gunakan.

Baca Juga: Berapa Lama Mengurus Visa Schengen?

2. Pilihlah Jadwal Untuk Membuat Paspor

Langkah selanjutnya dalam cara membuat paspor online adalah dengan memilih jadwal sesuai dengan tanggal yang anda inginkan. Disini, anda juga bisa untuk memilih kantor imigrasi yang memiliki lokasi terdekat dengan tempat tinggal anda. Pada kantor imigrasi tersebut, biasanya akan tersedia kuota harian.

Sehingga, ketika kuota harian telah terpenuhi maka anda pun bisa berganti ke hari lain atau kantor imigrasi yang lain. Setelah memilih, anda bisa mengecek jadwal pada halaman pengguna dan pilihlah menu Lihat Jadwal. Nantinya anda juga akan memperoleh QR Code, yang mana QR Code tersebut bisa ditunjukkan ke petugas ketika anda berada di kantor imigrasi.

3. Datang Ke Kantor Imigrasi Sesuai Jadwal

Selain itu, cara membuat paspor online ini juga tetap mengharuskan anda untuk datang ke kantor imigrasi. Bawalah dokumen yang dibutuhkan dan juga berpakaian yang sopan. Lebih baik anda datang lebih awal sehingga petugas bisa mengecek kelengkapan anda tanpa tergesa gesa. Disini, anda bisa menunjukkan QR Code kepada petugas sebagai bukti antrian dan mencetaknya.

Selama berada di kantor imigrasi, anda akan melakukan beberapa hal. Pertama, disini anda akan diminta untuk berfoto dan juga ada pengecekan dokumen. Kemudian, anda pun akan diminta sidik jari dan akan diwawancarai oleh petugas imigrasi. Biasanya anda akan ditanya beberapa alasan mengapa anda membuat paspor ini. Jawablah dengan jujur dan apa adanya selama proses wawancara.

4. Melakukan Pembayaran

Setelah foto diri, sidik jari dan melakukan wawancara, anda akan menerima kode pembayaran dari petugas imigrasi. Kode pembayaran tersebut akan berguna untuk melakukan pembayaran paspor. Proses pembayarannya bisa dilakukan melalui Bank maupun ATM BNI. Untuk jumlah biaya yang diperlukan dalam sekali pembuatan paspor adalah sebesar 355 ribu rupiah dan biaya admin yakni 5 ribu rupiah.

Baca Juga: 10 Hal yang Harus disiapkan sebelum Bepergian ke Luar Negeri

5. Paspor Bisa Diambil

Langkah terakhir yang bisa anda lakukan dalam cara membuat paspor online adalah mengambilnya. Anda bisa kembali lagi ke kantor imigrasi dalam waktu 3-4 hari setelah proses pembuatan. Ada baiknya anda juga memberi selisih beberapa hari.

Bepergian ke luar negeri untuk berlibur telah menjadi salah satu hal yang banyak dilakukan belakangan ini. Oleh karena itu, anda pun bisa mengurus paspor dengan lebih mudah dan gampang yakni melalui online. Dengan begitu, anda akan bisa bepergian ke luar negeri dengan lebih aman dan nyaman.

Saat ingin berlibur ke luar negeri maupun dalam negeri, jangan ragu untuk menambahkan asuransi perjalanan agar perjalanan anda selalu aman dan nyaman. Bila Anda ingin mengetahui lebih jauh tentang produk asuransi perjalanan Garda Trip atau program promosi yang kami tawarkan bulan ini, Anda dapat mengunjungi halaman www.gardaoto.com/garda-trip/promo cukup dengan mengisi aplikasi pembelian asuransi Garda Trip melalui website Gardaoto.com, perjalanan Anda bisa langsung terlindungi sesuai dengan paket perlindungan yang Anda butuhkan. #PeaceofMind