Cara Mempersiapkan Anak Hadapi “Normal Baru”

Cara Mempersiapkan Anak Hadapi “Normal Baru”

Tatanan kenormalan yang baru atau yang lebih akrab disebut dengan new normal terus digaungkan dan dipersiapkan oleh pemerintah. Bukan untuk ditakuti, namun dipahami bagaimana caranya untuk mempersiapkan diri sebaik mungkin menghadapi pola hidup baru dengan menyesuaikan protokol kesehatan. Tak hanya Anda sebagai orang dewasa yang perlu segera beradaptasi menjalani fase normal baru ini. Kini, semua orang termasuk ‘si kecil’ pun perlu mempraktikkan pola hidup baru yang membuat kita sekeluarga tetap terlindungi dari bahaya Covid-19. Nah, tentunya ada PR tambahan untuk para orang tua, yakni bagaimana mempersiapkan si kecil agar dapat beradaptasi dengan baik saat fase “normal baru”.  Oleh karena itu, yuk simak beberapa persiapan yang perlu Anda lakukan sebagai orang tua:

  1. Biasakan anak untuk selalu mencuci tangan

Ketika anak-anak kembali ke sekolah, mereka akan terlepas dari bantuan orang tua untuk beberapa saat. Orang tua perlu melatihkan kemandirian agar si kecil dapat menjaga diri sendiri. Salah satunya adalah dengan menanamkan kebiasaan mencuci tangan dari rumah. Berikan penjelasan secara jelas dan mudah dimengerti mengapa mereka perlu menjaga kebersihan tangan dan apa dampak buruknya jika sampai mengabaikannya, dan tidak lupa untuk berikan hand sanitizer atau cairan pembersih tangan selama si kecil berada di luar rumah.

  1. Berikan pemahaman mengenai pentingnya menggunakan masker

Masker juga menjadi salah satu perlindungan utama selama si kecil di luar rumah. Maka penting untuk orang tua menjelaskan bagaimana fungsi masker ini dalam melindungi tubuh mereka. Agar anak lebih paham Anda juga bisa menjelaskannya dengan alat peraga. Caranya? Ambil segenggam tepung terigu dan jelaskan pada anak kalau anggap saja terigu itu adalah virus atau bakteri yang ada dalam rongga mulut kita. Lalu, Anda berpura-pura batuk atau bersin di depan tepung yang ada di telapak tangan. Ketika tepung itu beterbangan, jelaskan kalau tepung yang adalah virus serta bakteri itu bisa dihirup siapa saja maka terjadilah penularan. Maka menggunakan masker sangat penting agar terhindar dari paparan virus. Jangan lupa juga untuk berikan pemahaman kepada si kecil agar menghindari menyentuh wajah.

  1. Membawa bekal dan alat makan sendiri

Cara berikutnya agar si kecil terlindungi adalah memperhatikan makanan dan alat makan yang digunakan. Sebaiknya kurangi kebiasaan jajan pada anak dengan membawakan bekal makanan utama maupun camilan dari rumah yang dapat menurunkan risiko penularan virus Covid-19. Tak lupa untuk selalu membawa alat makan sendiri. Pastikan alat makan dicuci dengan sabun hingga bersih. Karena perlu diketahui bahwa virus Covid-19 memiliki daya tahan yang kuat pada permukaan logam. Dengan membawa alat makan sendiri, Anda akan lebih mengetahui kebersihan peralatan tersebut.

  1. Tanamkan bahwa jaga jarak itu penting

Kunci untuk memperlambat penyebaran virus Covid-19 adalah membatasi kontak sebisa mungkin. Saat sekolah tidak ada, hindari si kecil untuk tidak bermain sendiri dengan anak-anak dari rumah tetangga. Jika si kecil bermain di luar rumah, penting bagi mereka untuk tetap berjarak 1.8 meter dari siapa pun yang tidak sengaja mereka temui. Untuk membantu si kecil menjaga koneksi sosial saat masa transisi, Anda dapat membantu si kecil dengan melakukan panggilan telepon atau obrolan video dengan teman-teman mereka.

  1. Ajarkan anak untuk melapor pada orang terpercaya.

Ketika berjauhan dengan orang tua, si kecil juga perlu tahu harus ke mana mereka harus bercerita ketika merasa tidak sehat maupun mengetahui adanya teman yang sakit. Bangun kepercayaan diri mereka untuk berani bercerita ke orang terpercaya, seperti wali kelas atau guru. Dengan begitu ketika terjadi hal yang tak diinginkan, si kecil akan mendapatkan perlindungan yang tepat sesegera mungkin.

Itulah 5 cara yang perlu Anda tanamkan pada si kecil agar siap hadapi normal baru. Jangan lupa, selain beraktivitas dengan mengikuti protokol kesehatan, imbangi juga kesehatan si kecil dengan rutin mengonsumsi buah, sayur-sayuran, dan perbanyak minum air putih, sehingga daya tahan tubuh si kecil juga tetap kuat dan terjaga.

Pastikan juga Anda dan keluarga memiliki asuransi yang dapat memberikan proteksi lebih terhadap seluruh aspek kehidupan Anda di tengah kondisi yang penuh dengan ketidakpastian ini. Lindungi buah hati Anda dengan Asuransi dari Asuransi Astra. , salah satu produk Asuransi Astra yang memberikan perlindungan utama berupa santunan pendidikan serta jaminan pendidikan untuk anak apabila tertanggung utama meninggal dunia karena kecelakaan.

Mari bersama-sama patuhi protokol kesehatan dari pemerintah demi kebaikan bersama. Dengan mematuhi protokol kesehatan dari pemerintah, kita sudah berjasa dalam membantu pemerintah menekan laju penyebaran virus Covid-19 di negara kita. Semoga penyebaran virus Covid-19 ini dapat segera diatasi dan kita semua dapat berhasil melewati pandemi ini dengan selamat, dan pada akhirnya kita dapat kembali menjalani rutinitas normal seperti sedia kala. #PeaceofMind