Cara Pasang Karet Pintu Mobil dan Tanda-Tanda Harus Ganti

Cara Pasang Karet Pintu Mobil dan Tanda-Tanda Harus Ganti

Mengganti karet pintu mobil dapat dilakukan di bengkel mobil terdekat oleh mekanik yang sudah ahli, mengingat cara pasang karet pintu ini harus mempunyai keterampilan khusus. Namun, Anda juga bisa menggantinya sendiri meski butuh ketelitian saat memasangnya.

Karet pintu pada mobil ini mempunyai tiga fungsi penting. Pertama, mencegah air dari luar masuk ke dalam kabin. Kedua, mencegah angin atau udara membawa masuk debu. Ketiga, sebagai peredam getaran pintu agar tak menimbulkan bunyi berisik yang bisa mengganggu penumpang di dalam mobil. Bahkan fungsi karet pintu pada mobil juga untuk meredam suara keras ketika menutup pintu mobil.

Oleh sebab itu, meskipun tampak sepele, sebenarnya komponen mobil satu ini tak dapat diabaikan. Mengganti karet pintu pada mobil harus dilakukan jika performanya telah menurun. Berikut pembahasan tentang cara pasang karet pintu pada mobil dan tips untuk merawatnya.

Cara Pasang Karet Pintu Mobil

Jasa pasang karet pintu pada mobil umumnya tersedia di bengkel. Akan tetapi, Anda dapat memasangnya sendiri di rumah. Pemasangan karet pintu pada mobil ini harus diawali dengan pengukuran berapa meter panjang karet yang dibutuhkan.

*Baca Juga: Jenis – Jenis Pintu Mobil Beserta Fungsinya

Lalu kenali jenis karet pintu mobil tergantung tipe mobil Anda. Berikut cara pasang atau ganti karet pintu pada mobil:

  1. Membuka lapisan pada penutup karet pintu yang ada di dekat jok mobil. Anda akan menjumpai karet pintu pada mobil yang terpasang di balik lapisan tersebut.
  2. Melepas karet pintu lama yang melingkar sepanjang pintu mobil.
  3. Memasang karet pintu pada mobil dengan bagian karet balon pada sisi luar. Cara pasangnya dengan menempel dan memukul-mukulnya supaya karet pintu menempel sempurna.
  4. Jangan lupa mencermati titik-titik kaitan di pintu mobil. Karet harus masuk pada kaitan tersebut, jangan sampai terlewat supaya karet pintu tak longgar.
  5. Potong sisa bagian agar tak menutupi lubang lapisan untuk penutup karet.
  6. Tutup kembali pelapis karet pintu pada mobil dan pastikan kunci-kuncinya telah terpasang sempurna.

Tanda-Tanda Karet Pintu Mobil Harus Ganti

Cara pasang karet pintu pada mobil tak terlalu sulit untuk dilakukan. Akan tetapi seperti apa tanda-tanda karet pintu pada mobil harus ganti? Berikut beberapa diantaranya.

  1. Karet pintu berubah bentuk

Bila karet pintu mobil berubah bentuk, maka itu tandanya Anda harus segera melakukan penggantian dengan yang baru. Perubahan bentuk ini umumnya seperti karet pintu pada mobil menjadi melengkung dan gepeng. Bila karet pintu berubah bentuk umumnya juga membuat pintu mobil tak dapat dibuka.

  1. Kurang kedap suara

Tanda-tanda karet pintu pada mobil harus ganti berikutnya adalah ketika Anda sedang menutup pintu mobil dan ada suara seperti besi beradu.

Suara ini dikarenakan karet pintu pada mobil tak dapat meredam suara dan menimbulkan suara benturan. Bisa dipastikan Anda harus melakukan penggantian karet pintu pada mobil.

  1. Terdengar suara angin seperti siulan

Jika terdengar suara angin seperti siulan masuk ke dalam kabin mobil, maka menjadi tanda karet pintu pada mobil harus diganti. Ketika berkendara dalam kecepatan tinggi, suara siulan itu akan terdengar semakin jelas.

Cara Merawat Karet Pintu Mobil

Sekalipun sudah ada pembahasan cara pasang karet pintu pada mobil, akan lebih baik bila Anda merawat komponen mobil tersebut supaya tak mudah getas atau aus. Luangkan waktu Anda untuk melakukan cek pada kondisi karet-karet yang ada pada mobil.

*Baca Juga: Remote Pintu Mobil Tidak Berfungsi? Ini Penyebab dan Solusinya

Umumnya setelah 5 tahun, karet pintu pada mobil sudah harus ganti sebab kehilangan elastisitasnya dan mengeras. Berikut ini beberapa cara merawat karet pintu mobil:

  1. Membersihkan karet pintu dengan rutin

Pertama, bersihkan karet pintu dengan rutin menggunakan cairan khusus untuk menghilangkan kotoran pada karet. Lalu lap dengan kain guna menghilangkan kotoran yang menempel. Berikutnya, lap karet pintu dengan kain yang kering. Bersihkan dengan perlahan agar karet pintu pada mobil tak bergeser.

  1. Hindari menyentuh karet pintu mobil

Karet pintu pada mobil akan tetap di tempat bila tak digeser-geser. Oleh sebab itu, berhati-hatilah ketika menggunakan mobil seperti saat naik ke dalam mobil ataupun memasukkan barang.

Gesekan antara karet dan barang tertentu bisa merobek karet pintu pada mobil. Bila karet pintu sampai robek, maka fungsinya pun tak optimal.

  1. Parkir mobil di lokasi yang teduh

Cuaca dan suhu sangat berpengaruh pada elastisitas karet, demikian pula karet pintu pada mobil. Oleh sebab itu, upayakan untuk selalu parkir mobil di lokasi yang teduh guna menghindari terpapar sinar matahari dan guyuran hujan. Mengingat cuaca ekstrem bisa mempercepat kondisi karet pintu menjadi getas atau aus.

Demikian pembahasan tentang cara pasang karet pintu mobil dan tanda-tanda harus menggantinya. Agar terhindar dari berbagai risiko yang mungkin terjadi, lindungi mobil Anda dengan asuransi mobil dari Garda Oto. Terdapat jenis pertanggungan berupa Comprehensive Total Loss Only (TLO), Garda Oto juga memberikan garansi hasil kerja bengkel dan jaminan suku cadang asli.