Contoh Gambar Sketsa Rumah yang Simple dan SederhanaDalam membangun rumah impian, tentu membutuhkan perhitungan dan persiapan yang matang. Salah satunya adalah menyiapkan denah atau sketsa rumah yang sesuai keinginan. Terdapat banyak desain rumah yang bisa Anda pilih.

Rumah sederhana atau minimalis termasuk desain rumah yang populer. Bagi Anda yang berencana membangun rumah minimalis, berikut denah rumah sederhana dan simple yang bisa menjadi tambahan ide untuk Anda. 

Contoh Sketsa Rumah Sederhana

Sketsa yang disiapkan tentu harus bisa mencakup semua kebutuhan pemilik rumah. Misalnya sketsa untuk rumah minimalis 2 kamar, rumah minimalis modern, dan lainnya. Berikut beberapa contoh sketsa rumah simple dan sederhana. 

1. Sketsa rumah 2 kamar

Simple dan sederhana, denah rumah ini dapat digunakan untuk Anda yang berencana membangun rumah hanya untuk 2 kamar tidur. Penataan kamar tidur bersebelahan yang dekat dengan kamar mandi dan dapur. 

Rumah minimalis 2 lantai ini banyak menggunakan jendela yang besar untuk mengoptimalkan cahaya yang masuk ke dalam rumah. Tetap terlihat bergaya dengan material kayu yang menghadirkan nuansa mewah dan elegan. 

2. Sketsa rumah 3 kamar

Denah rumah 3 kamar ini menggunakan konsep minimalis. Terlihat pada ruang tamu dengan ruang makan yang dibuat menyatu tanpa sekat. Penataan ruangan seperti ini membuat rumah lebih terasa lapang dan nyaman. 

Masing-masing kamar tidur dilengkapi dengan kamar mandi dalam. Ruang dapur dibuat terpisah dengan ruangan lain sehingga terkesan lebih rapi. 

3. Sketsa rumah tipe 36

Anda mungkin sering menjumpai perumahan atau developer yang menawarkan hunian tipe 36. Rumah tipe ini memang tidak bisa dikatakan luas tetapi bisa dioptimalkan fungsinya dengan penataan yang tepat. 

Denah rumah yang sederhana dengan fasilitas di dalamnya yang cukup memadai. Anda bisa mendapatkan rumah dengan 1 kamar tidur, 1 kamar mandi, ruang tamu, dan dapur. Seperti pada denah ini, rumah tipe 36 dapat disiasati dengan konsep open space agar ruangan terasa lebih lega. 

4. Sketsa rumah tipe 45

Rumah tipe 45 merupakan sebuah rumah yang dibangun di atas lahan seluas 72, 90, atau 96 meter persegi. Termasuk hunian yang cukup luas dan bisa menggunakan denah rumah untuk 2 kamar tidur yang cukup besar. 

Anda bisa membangun tempat tinggal berdasarkan sketsa rumah yang sederhana ini. Terdapat ruang tamu yang cukup luas dengan pintu kaca geser yang membuat rumah terlihat lebih modern. Rumah dengan luas bangunan 45 meter persegi ini juga memiliki ruang keluarga dan dapur yang bisa dibuat terpisah. 

5. Sketsa rumah sederhana

Rumah minimalis dan sederhana ini cocok untuk Anda yang tinggal seorang diri atau hanya dengan pasangan. Denah rumah membagi interior menjadi beberapa ruangan. Salah satunya adalah kamar tidur yang memiliki kamar mandi dalam. 

Sedangkan untuk ruangan lain difungsikan untuk ruang tamu, ruang makan, dan dapur minimalis. Di luar rumah, memiliki sebuah taman kecil yang bersebelahan dengan kamar tidur. Penggunaan jendela yang cukup banyak menciptakan ventilasi angin dan cahaya agar bisa masuk ke dalam rumah. 

6. Sketsa rumah sederhana 2 lantai

Ingin membangun rumah 2 lantai? Denah rumah ini terlihat sederhana dengan pembagian untuk lantai 1 dan lantai 2. Di lantai 1 memiliki ruang tamu yang difungsikan juga untuk ruang santai. Di sebelahnya ada ruang makan yang menyatu dengan dapur. 

Sedangkan untuk lantai 2 digunakan untuk 3 kamar tidur dan 2 kamar mandi. Terdapat balkon minimalis yang bisa Anda gunakan untuk bersantai melihat pemandangan sekitar dari lantai 2. 

7. Sketsa rumah sederhana dan minimalis

Bagi Anda yang menginginkan rumah minimalis, bisa menggunakan denah rumah sederhana ini. Dirancang untuk rumah modern dengan minim pembatas tanpa pagar keliling seperti rumah-rumah cluster

Bagian dalam memiliki 2 kamar utama dan 1 kamar mandi atau toilet. Ruang tamu dan ruang tv berada di ruangan yang sama di sebelah dining room atau ruang makan. 

8. Sketsa rumah sederhana dengan halaman

Denah rumah sederhana dengan halaman yang cukup luas ini bisa dipilih untuk Anda yang menyukai tanaman atau hobi gardening. Model rumah persegi panjang dengan sisi yang lebih luas untuk area halaman rumah. 

Meski halaman atau taman rumah ini cukup besar, di dalamnya memiliki fasilitas yang memadai. Mulai dari 2 kamar tidur, 1 kamar mandi dan toilet, ruang tamu, ruang makan, dapur, dan ruang tv atau ruang keluarga. 

9. Sketsa rumah sederhana tanpa carport

Apabila lahan yang tersedia tidak begitu luas, Anda bisa membangun rumah sederhana tanpa garasi mobil atau carport. Menggunakan desain rumah yang simple dan sederhana ini untuk hunian Anda dan keluarga kecil. 

Dilengkapi dengan 2 kamar tidur, kamar mandi, dapur, ruang tamu dan ruang keluarga. Sekat tiap ruangan dibuat lebih sedikit hanya untuk memisahkan ruangan-ruangan yang butuh privasi tinggi seperti kamar tidur dan kamar mandi. 

*Baca Juga: Rumah Modern vs Rumah Minimalis Mana yang Lebih Baik?

Denah rumah yang baik perlu disiapkan untuk bisa mewujudkan hunian yang diinginkan. Siapkan juga perlindungan terhadap rumah Anda dengan asuransi Garda Home. Asuransi rumah yang memberikan proteksi finansial terhadap risiko kebakaran, huru-hara, tertabrak kendaraan, jaminan pengobatan akibat kebakaran hingga tanggung jawab hukum pihak ketiga.

Jadi, itulah ulasan mengenai sketsa rumah yang bisa dijadikan inspirasi Anda yang berencana membangun rumah. Siapkan sketsa sesuai luas tanah, lokasi, kebutuhan penghuni rumah, dan juga budget yang Anda miliki. Karena membangun rumah tidak semudah yang dibayangkan.