Dasar-Dasar K3

Dasar-Dasar K3

Bekerja memang menjadi keputusan banyak orang untuk bisa memenuhi kebutuhan hidupnya. Seperti yang diketahui bahwa jenis pekerjaan maupun jenis profesi bisa dibilang cukup bermacam-macam. Beberapa diantaranya bahkan tergolong profesi atau pekerjaan yang memiliki risiko tinggi. Risiko tersebut adalah bukan semata mengalami kecelakaan tapi juga bisa sampai kehilangan nyawa. Untuk itulah, kemudian muncullah K3.

Bagi Anda yang awam, K3 adalah ilmu pengetahuan atau penerapan yang berguna untuk mencegah terjadinya kecelakaan ketika bekerja. Jadi bisa dibilang, K3 ini berguna untuk melindungi para pekerja yang sedang melakukan tugasnya ketika bekerja. Bagi Anda yang masih bingung, ada baiknya untuk mengetahui dasar-dasar K3 terlebih dulu seperti berikut ini.

Norma dalam K3

Dasar pertama dari K3 yang mesti Anda pahami terlebih dulu adalah bahwa K3 memiliki norma di dalamnya. Norma tersebut diawali dengan aturan yang berhubungan dengan keselamatan dan kesehatan kerja yang berlaku bagi setiap pekerjanya. Jadi bisa dibilang, keselamatan dan kesehatan adalah dua hal mutlak yang mesti terjamin bagi setiap pekerja.

Norma berikutnya adalah mesti diterapkan untuk melindungi tenaga kerja. Perlindungan memang adalah hal mutlak dibutuhkan bagi setiap pekerja. Apalagi dengan berbagai risiko yang seringkali mengintai para pekerja setiap waktu. Jadi pastinya, mereka akan sangat membutuhkan perlindungan ini secara penuh.

Sedangkan untuk norma terakhirnya adalah risiko kecelakaan dan penyakit akibat kerja yang mesti dipahami. Hal ini berguna supaya pekerja mengetahui bukan hanya kewajibannya ketika bekerja tapi juga risiko bekerja yang bisa saja terjadi.

Sasaran dari K3

Setelah Anda mengetahui norma yang berlaku untuk K3 maka pemahaman Anda jangan sampai berhenti disitu saja. Namun Anda juga mesti mengetahui sasaran dari diberlakukan K3 ini. Sasaran ini sendiri dibagikan dalam beberapa poin untuk lebih memudahkan sasaran yang dituju.

Sasaran pertamanya adalah menjamin keselamatan operator dan orang lain yang bekerja pada tempat tersebut. Seperti yang diketahui bahwa operator memang memiliki peranan penting dalam sebuah tempat kerja. Jadi tentunya perlindungan pada operator mesti diprioritaskan oleh K3 ini.

Sasaran berikutnya dari K3 adalah menjamin bahwa penggunaan peralatan tergolong aman untuk dioperasikan. Sudah bukan menjadi rahasia umum lagi bahwa banyak kecelakaan kerja terjadi karena peralatan kerja yang tidak dicek secara rutin dan dijamin aman.

Padahal hal ini jelas menyangkut keselamatan para pekerja dan tidak bisa dipandang sepele. Sedangkan sasaran terakhir dari K3 adalah menjamin proses produksi yang aman sekaligus lancar. Pada akhirnya hal tersebut juga demi menjaga kesejahteraan dan juga hak para pekerja.

Dengan semua penjelasan diatas pastinya membuat Anda lebih paham tentang Dasar-Dasar K3 yang memang sebaiknya diketahui terlebih dulu. Supaya Anda bisa lebih paham dan bahkan tidak menutup kemungkinan Anda bisa menerapkannya langsung pada pekerjaan Anda. Selain itu tidak ada salahnya jika Anda menambahkan perlindungan kecelakaan diri. Pastikan rasa sayang untuk keluarga selalu terjaga di tengah pandemi ini. Lindungi dirimu dan keluargamu dengan Asuransi Kecelakaan Diri Garda Me. Garda Me memberikan perlindungan bagi diri atas kecelakaan diri. #PeaceofMind