Ini Dia Tipe-Tipe Rumah Paling Populer di Indonesia.

Ini Dia Tipe-Tipe Rumah Paling Populer di Indonesia.


Membeli rumah impian tentu harus dengan banyak pertimbangan. Sebab ada berbagai tipe-tipe rumah yang paling laris di Indonesia. Buat Anda yang ingin membeli rumah artikel kali ini akan membantu Anda menemukan rumah idaman dengan tipe yang sesuai budget. Bagi beberapa orang mungkin masih belum familiar dengan tipe atau jenis rumah. Sebenarnya tipe rumah bisa disebut sebagai luas bangunan hunian. Misalnya rumah tipe 36 adalah rumah dengan luas 36 meter persegi.

Beberapa Tipe Hunian Rumah di Indonesia
Ada berbagai tipe atau ukuran rumah yang umumnya ada di Indonesia. Salah satu hal yang membedakan harga rumah juga berdasarkan tipenya.

*Baca Juga: Tips Sebelum Membeli Rumah Pertama

Semakin besar ukuran rumah maka harganya pasti lebih tinggi. Jadi beberapa ukuran rumah berikut ini bisa menjadi panduan untuk Anda yang sedang mencari hunian untuk keluarga kecil Anda:
1. Rumah Tipe 21/24
Rumah dengan tipe 21/24 masuk dalam kategori rumah sederhana. Karena rumah tipe 21 ini biasanya memiliki ukuran 3×7 meter atau 6×3,5 meter dan dibangun diatas tanah dengan luas 50 sampai 60 meter persegi. Rumah ini cukup mungil biasanya hanya ada satu kamar tidur, dapur mini, ruangan multifungsi dan kamar mandi. Bahkan beberapa desain rumah sengaja memisahkan dapur ke area paling belakang agar rumah terlihat lebih luas. Biasanya hunian tipe 21/24 ini dijual mulai dari harga 100 jutaan.
2. Rumah Tipe 36
Contoh tipe rumah 36 hampir selalu didatangi oleh pengunjung yang ingin membeli rumah dengan tipe ini. Sebab banyak masyarakat yang tertarik dengan ukuran 36. Rumah ini tidak terlalu mungil dan harganya cukup terjangkau. Biasanya pengembang menjual rumah ini dengan target masyarakat middle- middle low. Tipe rumah ini sangat cocok untuk keluarga kecil yang sudah memiliki satu anak. Hunian tipe 3 ini menjadi salah satu rumah minimalis yang dilengkapi dengan 2 kamar tidur, kamar mandi, living room, dapur dan ruang makan.
3. Rumah Tipe 45
Banyak sekali tipe-tipe rumah minimalis yang menjadi favorit masyarakat Indonesia, salah satunya ada hunian tipe 45. Rumah ini cocok untuk Anda yang kurang puas dengan hunian tipe 36. Sebab harganya juga tidak jauh berbeda dengan hunian tipe 36 dan dijual dengan harga mulai dari 500 jutaan saja. Bedanya dengan hunian tipe 36, Anda bisa menikmati carport dan ruang terbuka hijau di depan rumah atau di belakang rumah. Hunian tipe 45 ini sangat cocok untuk keluarga kecil dengan 2 sampai 3 anak karena Anda bisa memanfaatkan lahan belakang untuk membuat ruangan tambahan. Rumah ini memiliki 2 kamar tidur, satu ruang multifungsi, dapur, ruang makan, living room, carport dan taman.
4. Rumah Tipe 54
Hunian tipe 54 menjadi salah satu rumah minimalis yang banyak diminati masyarakat Indonesia. Sebab kamar yang tersedia jauh lebih luas daripada tiga tipe diatas. Anda masih bisa memanfaatkan lahan kosong di belakang atau depan rumah untuk dijadikan ruangan tambahan. Ruang keluarga yang lebih besar serta dapur yang cukup luas bisa membuat keluarga nyaman tinggal di rumah.
5. Rumah Tipe 60
Jika Anda memiliki budget lebih, cobalah untuk melihat hunian tipe 60. Sebab hunian ini memiliki luas ruangan yang cukup besar.
Mulai dari kamar tidur, kamar mandi, carport, taman, dapur dan living room. Semua ruangan yang ada di rumah ini bisa lebih luas dan nyaman.
Hunian tipe ini lebih besar dari tipe 54 tapi tidak lebih luas dari ukuran 70. Bahkan target market dari rumah ini untuk masyarakat middle- middle up. Harga rumah ini mulai dari 500 sampai 700 jutaan dan cocok untuk dibuat ruang terbuka di halaman depan rumah.
6. Rumah Tipe 70
Rumah tipe 70 biasanya ada dua lantai. Harganya pun berkisar mulai dari miliaran rupiah. Rumah tipe 70 ini masuk ke dalam jajaran rumah khusus kelas atas. Semua keluarga bisa masuk dan tidur dengan nyaman di rumah ini. Sebab ukuran kamarnya luas dan biasanya ada satu kamar utama yang dilengkapi dengan kamar mandi.
7. Rumah Tipe 120
Hunian tipe 120 ini masuk dalam kategori rumah mewah di Indonesia. Harganya pun mulai 7 miliar tergantung wilayahnya.
Material bangunannya juga dipilih dengan kualitas terbaik. Kamu bisa menikmati 3 sampai 4 kamar tidur dengan ukuran yang cukup luas.
Selain itu carport biasanya memuat 2 mobil dan kendaraan bermotor. Anda masih bisa memanfaatkan ruang tersisa di belakang rumah sebagai ruang olahraga.

*Baca Juga: Sudah Tahu Ciri Ciri Rumah Sehat? Yuk Simak Ulasannya Disini

Itulah beberapa tipe-tipe rumah di Indonesia. Untuk menjaga rumah anda dari risiko kebakaran atau bencana alam, kami sangat menyarankan anda menggunakan asuransi rumah dari Garda Home. Layanan asuransi terpercaya dan terlengkap di Indonesia untuk hunian rumah anda.