Kenali Throttle Body dan Fungsinya untuk Kendaraan Mobil

Kenali Throttle Body dan Fungsinya untuk Kendaraan Mobil

Throttle body adalah salah satu komponen penting pada mobil yang berfungsi untuk menyalurkan udara ke dalam mesin. Udara adalah salah satu elemen penting supaya proses pembakaran bahan bakar dapat terjadi. Hal inilah yang dapat menggerakkan mesin mobil agar dapat berjalan.

Anda pun dapat membayangkan begitu pentingnya komponen ini. Untuk bisa mengenal kendaraan Anda dengan lebih baik, ikuti pembahasan tentang komponen mobil satu ini. Ikuti terus.

Mengenal Fungsi Throttle Body untuk Mobil

Pada mesin karburator, komponen ini merupakan bagian dari sistem air intake yang mengontrol jumlah udara yang mengarah ke ruang bakar mesin. Bagian ini terdiri dari unit housing berisi pelat throttle (butterfly valve/katup kupu-kupu) yang berputar sesuai poros.

Bagian ini dibuka serta ditutup melalui kabel yang terhubung dengan vakum mesin dan pedal gas. Semakin kuat pengemudi menekan gas, semakin banyak pula udara yang dihasilkan oleh katup, serta menghasilkan bahan bakar yang semakin banyak, hal ini bisa mempercepat laju kendaraan.

*Baca Juga: Mengenal Komponen Mobil Beserta Bagian-Bagiannya

Untuk kendaraan dengan mesin fuel-injection terdapat tambahan throttle position sensor serta air-flow sensor yang mengirim sinyal bahwa pengemudi sudah menginjak gas ke ECU. Sensor pun akan mendeteksi bahwa ada udara lebih banyak yang masuk dan mengirim sinyal pada komputer mobil guna meningkatkan aliran bahan bakar yang dipasok oleh injektor.

Throttle body menerima udara yang mengarah ke intake manifold. Pada proses ini terjadi pencampuran antara udara dan bahan bakar. Air-flow sensor yang ada pada bagian tersebut dipasang guna mendeteksi volume udara yang memasuki mesin.

Sensor berfungsi untuk mengirim informasi tentang jumlah udara hingga bisa menyesuaikan penambahan jumlah bahan bakar agar rasio udara-bahan bakar jumlahnya tepat pada proses pembakaran dalam silinder mesin.

Posisi Throttle Body

Untuk mobil yang menggunakan mesin karburator, komponen ini dibangun dalam karburator. Untuk membuka atau menutup, terdapat kabel yang terhubung dengan vakum mesin dan pedal gas seperti telah dijelaskan sebelumnya.

Untuk mobil dengan mesin injeksi, komponen ini umumnya ada di antara intake manifold dan filter udara. Filter udara yang optimal sangat penting dalam pengoperasian throttle body, mengingat bila ada kotoran menumpuk maka butterfly valve atau katup kupu-kupu nantinya lengket hingga menimbulkan masalah dalam berkendara yang sangat mengganggu.

Jumlah Throttle Body Pada Mobil

Banyak jenis mobil memiliki jumlah komponen ini hanya satu dengan ukuran yang cukup besar. Akan tetapi mobil dengan mesin lebih besar dan mempunyai banyak silinder akan memiliki satu komponen ini di masing-masing bank silindernya.

Hal itu dibutuhkan sebab mobil dengan mesin lebih besar dibuat dengan tenaga yang besar, maka dibutuhkan lebih banyak pembakaran dalam mendukung hal tersebut.

Fungsi Throttle Valve sebagai Bagian dari Throttle Body

Throttle valve merupakan komponen yang memiliki fungsi untuk mengatur banyaknya udara yang masuk ke mesin. Fungsi ini bisa secara manual (sesuai keinginan pengemudi) atau otomatis (sinyal ECU mesin). Untuk Anda yang belum tahu posisinya, komponen ini ada diantara intake manifold dan filter/saringan udara.

Pada komponen ini juga ada beberapa komponen lainnya selain throttle valve. Beberapa diantaranya seperti idle speed control (ISC) dan throttle position sensor (TPS). Masing-masing bekerja dalam memberikan hasil optimal untuk throttle body.

Berikut fungsi dari throttle valve dan komponen lainnya.

  1. Throttle Valve

Merupakan katup gas yang mempunyai fungsi mengatur banyaknya udara yang masuk ke intake manifold. Cara kerjanya yaitu membuka dan menutup saluran utama sesuai injakan kaki pada pedal gas.

  1. Idle Speed Control

Idle speed control (ISC) tersedia agar ketika mesin idling, posisi throttle valve akan tertutup penuh. Idle port memiliki fungsi mengalirkan udara melalui saluran bypass saat mesin idling. Tujuan fungsi ini adalah agar mesin tetap hidup dan memperoleh pasokan udara mencukupi dalam proses pembakaran.

  1. Throttle Position Sensor

Throttle position sensor (TPS) merupakan sensor pada sistem Electronic Fuel Injection (EFI) yang memiliki fungsi mengukur besar pembukaan katup throttle valve. Throttle valve ini langsung terhubung dengan TPS. Pemasangannya sejajar dengan throttle valve lever/shaft.

Ketika throttle valve terbuka, TPS langsung mengukur besar pembukaan katup dan mengirim informasi dalam bentuk tegangan pada ECU mesin. Dengan informasi ini ECU bisa mengetahui besar pembukaan katup throttle valve untuk digunakan sebagai input data dalam mengontrol kinerja mesin.

*Baca Juga: Manfaat Service Berkala Untuk Mobil Kesayangan Anda

Demikian informasi mengenai fungsi dari komponen mobil untuk menyalurkan udara ini. Tentu Anda tak menginginkan komponen satu ini mengalami masalah saat sedang berkendara. Untuk itu, dibutuhkan service secara berkala guna menjaga kondisi mesin khususnya bagian throttle body.

Selain menjaga kondisi mesin, Anda juga perlu memproteksi kendaraan Anda secara maksimal. Percayakan mobil Anda kepada Garda Oto, sebagai layanan asuransi mobil terbaik di Indonesia. Anda bisa memilih jenis pertanggungan yang ditawarkan oleh Garda Oto, seperti Comprehensive atau Total Loss Only (TLO).