Ketahui Apa itu Power Window Mobil dan PerawatannyaMeski tak berhubungan dengan mesin kendaraan mobil, power window mobil memiliki kegunaan yang sangat menentukan kenyamanan pengguna mobil. Power window merupakan sebuah rangkaian mekatronik, perpaduan dari teknologi elektronik dan mekanik yang kemudian menciptakan sebuah energi yang bisa membuka serta menutup kaca jendela mobil hanya dengan memencet sebuah tombol saja. Power window bekerja bersama dengan sebuah sistem yang terhubung dengan rangkaian elektronik pada kendaraan mobil. 

Cara Kerja dan Manfaat Power Window di Mobil

Power window bekerja dengan sistem kelistrikan yang tersedia pada kendaraan mobil yang berfungsi untuk membuka serta menutup kaca jendela mobil secara manual atau otomatis. Berikut ini adalah beberapa cara kerja dari power window di sebuah mobil. 

1. Untuk menutup secara manual

Bekerja saat pengemudi memosisikan kunci mobil di posisi ON kemudian saklar yang terletak di bagian sisi pengemudi nantinya ditarik agar bisa membuat arus listrik yang berasal dari aki mengalir. 

Arus listrik yang mengalir pada relay utama power window kemudian akan menyalakan IC di saklar utama kemudian menyalakan transistor. Setelah itu arus bisa dialirkan ke motor power window yang membuat kaca jendela bisa membuka atau menutup. 

2. Untuk membuka secara manual

Ketika kunci mobil sudah diletakkan pada posisi ON dan saklar yang ada pada sisi pengemudi sudah ditekan, kemudian arus listrik nantinya mengalir pada relay utama power window. Berikutnya relay utama menyalakan komponen IC serta transistor yang selanjutnya akan membuat rangkaian massa di relay bisa menurun. Berikutnya motor pada power window nantinya berputar lalu membuat jendela kaca bisa membuka atau bergerak turun. 

3. Untuk menutup secara otomatis

Pada saat kaca jendela pada mobil menutup secara otomatis, saklar power window ada pada posisi penarikan secara penuh. Hal itu akan membuat rangkaian dari power window bisa menerima sinyal secara otomatis. Berikutnya rangkaian kendali power window akan menahan sehingga transistor utama serta transistor posisi bisa naik serta tetap aktif kurang lebih selama 10 detik. 

Sistem power window ini biasanya ditemukan pada kendaraan mobil jenis baru atau yang memiliki usia tak begitu tua. Dengan adanya power window maka Anda bisa membuka serta menutup kaca jendela mobil dengan mudah. Selain itu, banyak juga yang menyematkan sistem keamanan pada sistem power window mobil sehingga kenyamanan dan keamanan penumpang tetap terjaga. 

*Baca Juga: Apa Kelebihan dan Kekurangan Fitur Keyless pada Mobil?

Ketahui fitur yang ada di sistem power window, di antaranya adalah sebagai berikut:

  • Fitur manual up and down yang bekerja secara manual untuk menutup atau membuka kaca jendela mobil sesuai dengan kebutuhan.
  • Fitur auto up and down yang bekerja dengan menekan tombol sekali saja untuk membuka atau menutup kaca jendela mobil secara otomatis. Tombol ini biasanya hanya tersedia di bagian sisi pengemudi saja. 
  • Fitur window lock, yaitu sebuah fitur keamanan yang memungkinkan pengemudi untuk mengunci semua kaca jendela mobil dari tempat duduknya demi keselamatan berkendara. Perlu diketahui jika fitur ini aktif maka otomatis manual power window tak bisa digunakan di setiap sisi kaca jendela penumpang. 
  • Fitur all auto up and down yang berfungsi untuk membuka serta menutup kaca jendela di seluruh bagian kendaraan hanya dengan menggunakan satu tombol saja. 
  • Fitur jam protection adalah jenis fitur yang akan secara otomatis bisa mendeteksi adanya benda asing saat tombol power window ditekan. Jika fitur ini bekerja maka secara otomatis kaca jendela akan membuka kembali untuk menghindari benda asing masuk ke bagian dalam pintu mobil dan sulit untuk diambil atau dibersihkan. 

Perawatan Power Window Mobil

Meski terlihat sepele, bagian power window di mobil juga memerlukan perawatan dan pemeliharaan secara teratur. Sehingga bisa terhindar dari risiko rusak atau adanya kendala untuk membuka atau menutup jendela kaca mobil sesuai kebutuhan. 

Di bawah ini adalah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk melakukan perawatan power window mobil yang digunakan. 

1. Secara berkala bersihkan kaca jendela

Pastikan secara berkala untuk membersihkan kaca jendela untuk menghilangkan kotoran atau debu dalam rangkaian sistem power window. Jendela kaca mobil yang jarang dibersihkan juga berisiko terdapat debu atau kotoran yang bisa menghambat kaca bisa naik atau turun dengan mudah. 

2. Lakukan pemeriksaan ke bengkel

Anda juga bisa melakukan pemeriksaan ke bengkel resmi khususnya untuk mengetahui bagaimana kondisi dalam sistem power window. Biasanya petugas mekanik akan melakukan pengecekan sehingga bisa segera diketahui jika ada kerusakan yang terjadi dan bisa ditangani secepatnya. 

3. Gunakan power window sesuai kebutuhan

Usahakan untuk bisa membuka serta menutup kaca jendela mobil sesuai kebutuhan saja. Hindari menggunakan sistem power window untuk mainan, karena bisa membuat sistem cepat rusak. 

4. Menggunakan power window secara berkala

Agar sistem power window tetap bisa berfungsi sebagaimana mestinya, usahakan untuk menggunakan power window secara berkala. Misalnya ketika Anda sedang membersihkan mobil yang sudah lama tak digunakan, pastikan untuk membuka serta menutup kaca jendela sehingga power window digunakan dengan baik.

5. Jangan lupa periksa karet kaca mobil

Karet pada kaca mobil yang menggunakan sistem power window juga harus diperiksa secara berkala. Karena jika karet sudah lama, sudah tidak lentur dan berisiko pecah maka bisa berakibat masuk ke bagian dalam sistem power window. Hal itu akan membuat adanya kerusakan pada sistem power window sehingga tak bisa digunakan lagi. 

*Baca Juga: Jangan Khawatir! Begini Cara Mengatasi Kaca Mobil Tidak Bisa Turun

Itulah penjelasan singkat tentang power window mobil dan cara perawatannya dengan baik dan benar. Jika Anda ingin mendapatkan perlindungan dan pemeliharaan secara menyeluruh pada kendaraan mobil Anda, gunakan saja asuransi Garda Oto. Produk asuransi tersebut akan memberikan jaminan pada kendaraan mobil Anda dari risiko rusak atau hilang secara maksimal.