Compound Mobil: Fungsi, Jenis, dan Cara MenggunakannyaPernahkah kalian mendengar soal compound mobil? Bahan yang satu ini sering dipergunakan untuk perawatan supaya tampilan mobil lebih kinclong. Ketika kalian pergi ke bengkel perawatan ataupun pencucian pastinya kompon tersedia.

Tidak hanya itu saja kalian juga dapat membelinya sendiri lalu mengaplikasikannya ke permukaan body mobil seperti halnya Body Repair. Namun kompon ini jenisnya lebih dari satu jadi penggunaannya perlu dilakukan secara tepat supaya hasilnya maksimal.

Walaupun dapat diaplikasikan sendiri namun sebagian menyarankan tidak memakainya dikarenakan banyak yang tidak mengetahui bagaimana cara menggunakannya secara tepat.

Pengertian Kompon dan Fungsinya 

Kompon adalah jenis bahan yang mempunyai sifat abrasif serta digunakan untuk memoles. Untuk sifat abrasifnya bervariasi bergantung pada jenisnya. Pemakaian kompon untuk bahan poles guna menyamarkan baret halus. Secara umum terdapat beberapa fungsi dari kompon yang tergolong penting untuk kendaraan..

1. Mengatasi goresan di mobil

Goresan ataupun lecet pada mobil merupakan suatu hal yang tergolong sulit dihindari. Kalian tidak usah khawatir karena masalah tadi bisa teratasi tanpa perlu mengecat keseluruhan mobil. cara mengatasinya hanya membutuhkan kompon guna menghilangkannya ataupun menyamarkannya.

2. Melicinkan permukaan pada bodi kendaraan

Walaupun kalian tidak mempunyai baret di mobil, tentunya kompon juga masih bisa digunakan dan umumnya setelah proses dari pencucian mobil selesai.

Permukaan yang licin tentunya membuat tampilan semakin kinclong serta tidak mudah untuk tertempel debu. Nantinya mobil menjadi lebih mudah untuk dibersihkan sehingga warna cat mobil menjadi lebih awet.

3. Menghilangkan percikan aspal

Percikan aspal yang tidak kalian hilangkan pada bagian bodi mobil membuat catnya menjadi rusak dan percikan tadi tidak akan hilang hanya dengan memakai air sabun saja. Sehingga untuk menghilangkannya diperlukan kompon.

4. Menghilangkan jamur 

Mobil yang jarang untuk dibersihkan akan membuat jamur tumbuh. Jamur di kendaraan tidak akan hilang dengan air sabun saja namun diperlukan juga kompon. Jamur yang terkikis dengan bahan tadi sifatnya abrasif dan kompon juga bermanfaat mengatasi noda membandel.

Jenis-Jenis Compound Mobil 

Jika kalian memiliki rencana memakai kompon sendiri maka perlu memahami apa saja jenisnya. Kompon ini mempunyai banyak jenis serta fungsinya berbeda. Berikut ini merupakan jenis kompon yang bisa kalian peroleh.

1. Compound berwarna merah

Jenis ini memiliki warna merah kecoklatan dan tingkat abrasifnya tergolong paling tinggi dan umumnya tidak disarankan bagi pengguna awam. Dikarenakan sifatnya tadi bisa mengikis cat mobil dengan berlebihan.

Kebanyakan dari tukang cat mobil juga tergolong jarang memakainya terkecuali untuk permasalahan seperti baret parah dan memerlukan pengecatan ulang. Kompon jenis ini juga dapat diaplikasikan ke kaca dengan memanfaatkan mesin poles.

2. Compound berwarna putih

Sesuai dengan namanya jenis ini memiliki warna putih. Kompon ini sifatnya abrasif walaupun tidak sekasar yang merah. Kompon ini dapat dipakai oleh orang awam namun harus berhati-hati. Ketika berlebihan saat menggunakannya itu artinya kalian akan mengikis cat mobil secara kasar.

Umumnya tukang cat menyarankan pemakaian jenis ketiga yakni kompon halus sebelum nantinya memakai kompon putih. Alasannya yakni kompon halus masih belum dapat menghilangkan baret yang ada.

3. Compound halus

Jenis ini paling sering dijual serta dipakai untuk berbagai kalangan. Jika bumper ataupun body terserempet benda tumpul ataupun kendaraan maka kompon ini disarankan untuk pemakaian pertama kali.

Sama-sama mempunyai sifat abrasif akan tetapi kadarnya tergolong rendah jadi tidak akan mengikis cat dengan berlebihan walaupun banyak dipakai. Fungsinya yakni mengatasi untuk berbagai macam baret halus.

*Baca Juga: Apa Itu Wax Mobil? Fungsi, Jenis, dan Cara Kerjanya

Perlu kalian ketahui jika apa pun jenisnya tidaklah mahal. Maka siapa pun dapat membelinya namun jangan lupa untuk memperhatikan jenis yang tepat untuk dipergunakan sendiri.

Cara Menggunakan Kompon Mobil

Jangan pernah sembarangan saat kalian telah membeli kompon kemudian mengaplikasikannya untuk bagian yang baret. Umumnya kemasan pada kemasan kompon tidak akan ditemukan mengenai cara pemakaian yang benar.

Ada baiknya kalian belajar terlebih dahulu mengenai cara pemakaiannya yang benar. Jangan sampai kecewa kemudian perlu mengeluarkan uang lebih banyak guna memperbaiki cat karena kesalahan dalam penggunaan kompon tadi.

Supaya lebih tepat maka berikut ini merupakan langkah yang benar dalam mengaplikasikan kompon di bagian bodi mobil terutama saat mengalami baret ringan.

1. Amati baret lalu bersihkan dengan air

Pertama cari tahu terlebih dahulu mengenai bagian yang baret lalu pastikan jika goresannya tidaklah terlalu dalam. Jika marah maka perlu untuk pengecatan ulang, kemudian bagian yang tergores tadi perlu untuk dibersihkan.

Kalian tidak perlu untuk membersihkan semua bagian mobil namun fokus ke area yang tergores saja. Untuk membersihkannya dengan mengusapkan kain basah kemudian keringkan memakai kain bersih. Tujuannya supaya bagian tadi bersih dari debu serta pasir.

2. Memoles permukaan goresan memakai compound halus

Pemolesan kompon halus dilakukan manusia memakai kain ataupun memakai alat poles. Jika dilakukan secara manual sebaiknya ratakan terlebih dahulu kompon halus memakai jari di area yang tergores kemudian gosok perlahan dengan memutar lalu ditekan, ulangi sampai hasilnya optimal.

3. Bersihkan dengan air lalu berikan pengkilap

Cara terakhir yakni bersihkan residu kompon memakai air dan kalian bisa melihat apakah goresan tadi hilang atau belum, jika belum ulangi prosesnya. Jangan lupa mengeringkannya memakai kain halus dan tambahkan pengkilap supaya bekas kompon dan baret tidak tampak lagi.

*Baca Juga: Cara Memperbaiki Cat Mobil yang Terkelupas

Itulah informasi terkait compound mobil yang perlu  Anda ketahui. Apabila Anda ingin melindungi kendaraan dari risiko kerusakaan, maka berikan perlindungan asuransi mobil Garda Oto. Produk asuransi ini memberikan jaminan dari mobil yang Anda kendarai, seperti kerusakan akibat banjir dan hilang akibat dicuri. Anda bisa menghubungi kamu untuk informasi lebih jelas disini: 1 500 112