Ketahui Plafon PVC Rumah Beserta Kelebihan & Kekurangannya

Ketahui Plafon PVC Rumah Beserta Kelebihan & Kekurangannya

Keberadaan plafon dalam sebuah rumah salah satu elemen desain interior tambahan sekaligus bermanfaat untuk melindungi bagian dalam rumah dari kotoran dan angin kencang. Salah satu jenis plafon yang saat ini sangat diminati masyarakat adalah plafon PVC rumah atau yang terbuat dari bahan Polyvinyl Chloride.

Jenis plafon ini diminati karena bisa memberikan kesan elegan pada sebuah ruangan, mudah untuk dipasang sekaligus perawatannya cukup simpel.

Mengenal Karakteristik dan Penggunaan Plafon PVC 

Plafon yang terbuat dari bahan Polyvinyl Chloride ini bukan hanya sekedar plafon biasa. Karakternya yang ringan, tahan air, dan tahan lama, plafon ini menjadi pilihan utama untuk mempercantik ruangan Anda.

Karakter plafon PVC yang ringan dan mudah dipasang membuatnya cocok untuk berbagai jenis ruangan. Sifat tahan air dari plafon PVC juga membuatnya cocok untuk ruangan yang kerap terpapar kelembapan sekalipun.

Keunggulan plafon PVC tidak berhenti di situ saja. Dengan beragam pilihan warna dan tekstur yang semakin bervariasi, Anda dapat dengan mudah menyesuaikannya dengan desain interior ruangan Anda, dan menciptakan tampilan yang sesuai dengan preferensi estetika Anda.

Selain itu, plafon PVC juga dikenal mudah dalam hal perawatan. Plafon ini hanya memerlukan perawatan minimal untuk menjaganya agar tetap awet. Jadi, Anda tidak perlu sering- sering mengganti plafon karena alasan rusak.

Kelebihan Menggunakan Plafon PVC untuk Rumah Tinggal 

Plafon yang terbuat dari material PVC merupakan material pelapis untuk digunakan pada bagian langit-langit bangunan rumah tinggal maupun untuk ruang komersial. Bahan PVC diketahui memiliki bahan yang kuat namun berbobot ringan karena produksi pabrikan dengan hasil akhir yang terlihat mulus dan mengkilap dalam aneka macam desain warna dan ukurannya.

Setiap bagian dari plafon PVC akan dilengkapi dengan bagian inti berlubang yang memiliki permukaan yang mengkilap. Sifat plafon dari PVC sendiri adalah lebih tahan air sehingga akan memiliki keawetan dan daya tahan yang lebih baik di wilayah yang memiliki tingkat kelembaban tinggi.

Di bawah ini adalah beberapa kelebihan dari menggunakan plafon yang terbuat dari bahan PVC.

1. Tahan lama dan anti bocor

Kelebihan yang pertama dari plafon PVC adalah bahan material plafon yang lebih tahan lama dan juga anti bocor. Hal itu dikarenakan bahan PVC memang lebih kuat dan tidak mudah pecah sehingga meminimalisir kebocoran yang terjadi pada atap rumah.

2. Desain yang beragam dan elegan

Plafon yang terbuat dari bahan PVC juga memiliki desain yang lebih beragam serta lebih elegan untuk digunakan. Beberapa orang mengakui bahwa menggunakan plafon yang terbuat dari bahan PVC akan memberikan kesan mewah dan elegan pada ruang yang diberi aplikasi plafon dari PVC.

3. Desain bisa disesuaikan dengan tema ruangan

Anda juga bisa memilih desain Plafon PVC terbaru agar supaya sesuai dengan tema yang dipakai di ruang tersebut. Misalnya memiliki tema maskulin karena dipakai di ruang kamar anak laki-laki, maka bisa menggunakan warna gelap atau netral untuk memberikan kesan maskulin yang lebih kental.

4. Harga lebih terjangkau

Harga plafon dari PVC juga diklaim lebih terjangkau dibandingkan harga jenis plafon lainnya. Sehingga bisa menjadi salah satu alternatif jika Anda ingin memasang dan menggunakan plafon di rumah Anda namun dengan anggaran biaya yang terbatas.

5. Tak mudah rusak

Plafon jenis PVC juga memiliki kelebihan tak mudah rusak, pecah atau mengalami gangguan lainnya. Jikalau ada kerusakan pun, Anda bisa memperbaikinya langsung dengan biaya perbaikan yang lebih terjangkau.

6. Anti rayap dan jamur

Jika Anda masih ragu untuk memasang plafon PVC, ketahui bahwa plafon ini memiliki kelebihan anti rayap dan juga anti jamur. Maka tak akan ada masalah meski Anda memasangnya di ruang yang lembap atau memiliki kadar air tinggi sekalipun.

7. Proses pemasangan mudah dan cepat

Proses pemasangan plafon PVC juga terbilang mudah dan cepat. Prosesnya tak serumit dan semahal biaya pemasangan plafon lainnya. Ini juga yang menjadi pertimbangan banyak orang untuk memilih plafon PVC.

8. Mudah dibersihkan

Kelebihan yang terakhir adalah plafon PVC mudah untuk dibersihkan secara berkala. Bahannya yang terbuat dari plastik membuat material plafon bisa dibersihkan hanya dengan kain lap atau sapu panjang saja.

Kekurangan Penggunaan Plafon PVC untuk Rumah Tinggal 

Setelah mengetahui apa saja kelebihan penggunaan bahan plafon PVC untuk rumah tinggal, kini saatnya Anda mengetahui apa saja kekurangan yang dimilikinya. Bahwa selain memiliki kelebihan, plafon PVC juga memiliki kekurangan sebagai berikut.

Jika pemasangan dilakukan dengan tak hati-hati maka sambungan akan mudah terlihat dan itu akan mengurangi penampilannya
Tampilan plastik akan langsung terlihat dalam ruangan sehingga jika kualitas plafon yang dipakai buruk, akan membuatnya terlihat murahan
Karena terbuat dari plastik, maka jenis plafon ini sangat sensitif terhadap panas. Anda hanya bisa menggunakan lampu hemat energi dalam ruangan yang dipasang plafon PVC.

Plafon ini melepaskan sebuah gas beracun sedikit demi sedikit yang disebut klorin dalam jangka waktu lama. Sehingga banyak yang tak menyarankannya untuk digunakan di kamar yang dipakai untuk anak-anak.

Bahan plafon PVC juga sangat berbahaya jika dibakar dan sangat mudah terbakar karena terbuat dari bahan plastik. Sehingga Anda harus menjauhkannya dari segala sesuatu yang bersifat panas.

Kisaran Harga Plafon PVC 

Plafon PVC merupakan pilihan populer untuk menghias langit-langit ruangan karena ringan, tahan air, dan mudah dalam perawatannya. Akan tetapi, harga plafon PVC dapat bervariasi tergantung pada tipe dan mereknya.

Biasanya, harga plafon PVC dihitung per meter dengan kisaran harga yang sangat variatif. Misalnya untuk Plafon PVC Shunda, harganya berkisar antara Rp24.000 sampai Rp30.500 per meter. Sementara untuk Plafon PVC High Quality, Anda bisa membelinya di kisaran harga Rp65.500 per meter. Namun secara umum, Anda bisa membeli plafon PVC mulai dari Rp12.500 hingga Rp65.500 per meternya.

Selain harga plafon itu sendiri, Anda juga perlu mempertimbangkan biaya pemasangannya. Biaya pemasangan plafon PVC biasanya berkisar antara Rp200.000 sampai Rp250.000 per tukangnya. Harga tersebut tergantung pada kompleksitas pemasangan dan lokasi proyek.

Tips Memilih PVC untuk Plafon 

Memilih bahan yang tepat untuk plafon rumah terkadang bisa membingungkan. Untuk membantu Anda agar tidak sampai salah pilih, berikut tips memilih plafon PVC rumah:

1. Pilih ukuran yang tepat

Saat memilih plafon PVC, pastikan Anda memperhatikan ukuran dan ketebalannya. Plafon yang berkualitas tinggi akan lebih tahan lama dan menghindarkan Anda dari masalah seperti retak atau pecah. Meski begitu, pilihlah ukuran dan ketebalan yang sesuai dengan kebutuhan Anda, jangan terlalu tebal atau terlalu tipis.

2. Perhatikan kualitas plafon PVC

Kualitas plafon PVC sangat penting. Pastikan untuk memilih yang berkualitas tinggi dengan permukaan yang rata dan halus tanpa garis-garis kecil. Selain itu, ketebalan permukaan depan plafon PVC harus lebih tebal dibandingkan bagian belakangnya.

3. Pilih desain yang cocok

Pilihlah desain plafon PVC yang sesuai dengan konsep interior ruangan Anda. Apakah Anda menginginkan tampilan yang sederhana, minimalis, atau yang lebih artistik dan elegan, pastikan untuk memilih yang akan meningkatkan tampilan keseluruhan ruangan.

4. Pertimbangkan apakah perlu bahan tambahan

Pertimbangkan apakah diperlukan bahan tambahan untuk pemasangan plafon PVC. Plafon berbentuk lembaran membutuhkan pemasangan yang hati-hati untuk menghindari rongga pada sambungannya. Selain itu, pastikan penggunaan lem perekat juga sesuai dengan desain keseluruhan ruangan Anda.

5. Pertimbangkan merek plafon PVC

Cari tahu merek plafon PVC yang terbaik atau dari produsen yang terpercaya. Memilih merek yang terpercaya dapat memberikan kepastian akan kualitas dan ketahanan plafon PVC Anda.

Kejadian tak terduga bisa mengancam rumah impian yang telah Anda bangun dengan susah payah. Biaya dan waktu yang telah diinvestasikan untuk membuatnya bisa hancur saat risiko kebakaran, kerusuhan, atau kejadian lainnya menimpa rumah Anda.

Bayangkan, setelah berbulan-bulan bahkan bertahun-tahun merencanakan dan membangun rumah impian Anda, satu kebakaran kecil dapat menghancurkan segalanya dalam hitungan menit. Untuk alasan inilah, penting bagi setiap pemilik rumah untuk mempertimbangkan perlindungan yang tepat, salah satunya adalah melalui asuransi kebakaran.

Asuransi Kebakaran Rumah Garda Home menawarkan perlindungan yang luas. Mulai dari risiko kebakaran hingga kerusuhan dan huru-hara, serta tertabrak kendaraan, semua risiko ini dapat dicakup oleh asuransi Garda Home. Selain itu, ada juga perlindungan untuk tanggung jawab hukum terhadap pihak ketiga, serta jaminan pengobatan bagi Anda dan keluarga jika terjadi kebakaran.

Garda Home menawarkan dua paket yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Paket Garda Home PLUS memberikan perlindungan ekstra dengan manfaat yang lebih luas, sementara Garda Home FIT cocok untuk yang mencari perlindungan yang lebih terjangkau namun tetap memberikan perlindungan yang memadai.

Perlindungan dari asuransi kebakaran tidak hanya melindungi properti fisik rumah Anda, tetapi juga memberikan perlindungan finansial yang penting bagi Anda dan keluarga. Jadi, jangan biarkan rumah impian Anda terancam oleh risiko yang tidak terduga. Lindungi rumah Anda dengan Asuransi Kebakaran Rumah Garda Home sekarang!