Langkah Tepat Menabung untuk Pendidikan Anak

Langkah Tepat Menabung untuk Pendidikan Anak

Mengapa menabung untuk pendidikan anak penting? Pada dasarnya pendidikan adalah investasi jangka panjang yang sangat berharga. Itu sebabnya memastikan anak Anda mendapatkan pendidikan terbaik memerlukan perencanaan keuangan yang matang dan disiplin.

Salah satu perencanaan keuangan untuk tujuan ini adalah menabung. Namun, bagaimana sih cara menabung pendidikan anak agar Anda tetap konsisten dan berkomitmen dalam jangka panjang?

Mengapa Menabung untuk Pendidikan Anak Penting? 

Biaya pendidikan terus meningkat setiap tahunnya, seiring dengan inflasi dan perkembangan teknologi dalam dunia pendidikan. Menabung untuk pendidikan anak-anak bukan hanya tentang mengumpulkan uang, tetapi juga memberikan kepastian bahwa mereka akan mendapatkan pendidikan yang layak tanpa harus terbebani oleh masalah keuangan di masa depan.

Ditambah lagi pendidikan berkualitas sering kali memerlukan biaya lebih tinggi. Sekolah dan universitas terbaik biasanya memiliki fasilitas, pengajar, dan program yang lebih baik. Ini semua tentunya memerlukan dana lebih besar.

Namun, mengetahui bahwa biaya pendidikan anak sudah dipersiapkan akan memberikan ketenangan bagi orang tua sehingga mereka bisa fokus pada aspek lain dalam membesarkan dan mendidik anak.

Langkah-langkah Tepat dalam Menabung untuk Pendidikan Anak 

Ikuti cara menabung pendidikan anak ini bila Anda ingin menyiapkan dana pendidikannya sejak dini:

  • Lakukan Riset Terkait Biaya Pendidikan Anak

Langkah pertama dalam menabung untuk pendidikan anak adalah melakukan riset menyeluruh terkait biaya pendidikan. Mulailah dengan mengidentifikasi instansi pendidikan yang diinginkan untuk anak Anda di setiap jenjang, mulai dari sekolah dasar sampai perguruan tinggi.

Setelah itu carilah informasi mengenai biaya masuk, SPP, biaya kegiatan, buku, dan perlengkapan lainnya. Bila Anda memiliki beberapa kandidat sekolah, baik di dalam maupun luar negeri, bandingkan setiap pembiayaan yang dibutuhkan. Perhatikan juga biaya kebutuhan hidup sehari-hari anak Anda bila ia bersekolah di luar kota atau luar negeri.

  • Buat Rencana Anggaran Pendidikan Anak Sesuai Inflasi

Setelah mendapatkan gambaran mengenai biaya pendidikan, langkah berikutnya adalah membuat rencana anggaran pendidikan yang realistis. Hitung total biaya pendidikan dan sesuaikan dengan inflasi untuk mendapat perkiraan yang lebih akurat.

Biasanya biaya inflasi pendidikan lebih tinggi daripada inflasi umum. Di Indonesia sendiri, inflasi pendidikan bisa mencapai 10-15% per tahun. Setelah itu tentukan berapa banyak yang perlu ditabung setiap bulan atau tahun untuk mencapai target dana pendidikan tersebut. Misalnya, jika target adalah Rp200 juta dalam 10 tahun, Anda perlu menabung sekitar Rp20 juta rupiah per tahun.

  • Terapkan Strategi Keuangan yang Matang

Proses persiapan dana tabungan pendidikan anak perlu direncanakan dengan cermat. Pertama, tentukan media yang akan digunakan untuk menabung. Apakah dana tersebut akan disimpan di rekening pribadi atau di rekening khusus yang telah disiapkan?

Selain melalui rekening bank, Anda juga dapat mempertimbangkan instrumen investasi tertentu. Instrumen investasi ini dapat Anda manfaatkan supaya tabungan pendidikan anak memberikan hasil yang optimal. Itu artinya target tabungan Anda pun akan lebih cepat tercapai.

  • Fokus Menabung dan Evaluasi Keuangan Secara Rutin

Konsistensi adalah kunci dalam menabung untuk pendidikan anak. Selain fokus menabung, penting untuk melakukan evaluasi keuangan secara berkala. Misalnya dengan menetapkan jadwal menabung yang rutin.

Selanjutnya, lakukan evaluasi setiap 6 bulan atau setahun sekali untuk memastikan bahwa Anda masih berada di jalur yang benar. Sesuaikan rencana jika diperlukan, terutama jika terjadi perubahan signifikan dalam keuangan keluarga atau biaya pendidikan.

  • Gunakan Asuransi Pendidikan

Jumlah dana yang diterima dari asuransi bergantung pada besarnya uang pertanggungan. Itu sebabnya penting untuk memastikan bahwa nilai pertanggungan mencukupi kebutuhan masa depan keluarga, termasuk biaya pendidikan anak.

Melalui pembayaran dari asuransi, Anda juga dapat melunasi hipotek atau utang lainnya. Selain itu, Anda akan mengamankan keuangan keluarga untuk membiayai pendidikan anak hingga mereka menyelesaikan studi.

Pentingnya Asuransi untuk Jaminan Pendidikan Anak 

Langkah Tepat Menabung untuk Pendidikan Anak

Langkah Tepat Menabung untuk Pendidikan Anak

Menggunakan asuransi pendidikan sebagai bagian dari strategi menabung untuk pendidikan anak memiliki beberapa keuntungan yang menggiurkan, di antaranya:

  • Memberikan perlindungan terhadap risiko yang bisa mengganggu rencana keuangan, seperti kematian atau cacat tetap orang tua. Dengan asuransi, biaya pendidikan anak tetap terjamin.
  • Produk asuransi pendidikan biasanya disertai dengan kewajiban untuk menyetor premi secara berkala. Kebijakan ini akan membantu Anda untuk lebih disiplin dalam menabung.
  • Beberapa produk asuransi pendidikan juga menawarkan komponen investasi. Manfaat ini bisa memicu dana pendidikan tumbuh lebih cepat daripada hanya ditabung di rekening biasa.
  • Orang tua akan merasa lebih tenang karena mengetahui bahwa pendidikan anak akan tetap terjamin meskipun terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Asuransi diperlukan untuk memastikan bahwa pendidikan anak Anda tetap terlindung dari risiko kecelakaan diri yang terjadi. Kepastian ini bisa Anda dapatkan dalam asuransi Garda Edu. Asuransi ini akan memberikan perlindungan atas biaya pendidikan anak apabila tertanggung meninggal dunia atau cacat tetap akibat kecelakaan.

Santunan dan jaminan pendidikan anak dari Garda Edu terbagi menjadi dua, yaitu Garda Edu dan Garda Edu Micro dengan cara klaim yang mudah. Jangan lewatkan juga promo asuransi pendidikan anak dari Garda Edu!