Mengenal Kriteria dan Jenis-jenis Makanan Sehat

Mengonsumsi makanan sehat setiap hari menjadi suatu kebutuhan untuk memenuhi asupan nutrisi harian. Nutrisi yang tepat mampu memberikan energi pada tubuh sekaligus menjaga organ-organ di dalamnya berfungsi dengan baik.

Kriteria Makanan Sehat

Secara garis besar, kriteria menu makanan sehat dan bergizi haruslah mengandung:

  • Karbohidrat; bisa didapatkan dari kentang, beras, jagung, ubi, dan gandung. Asupan karbohidrat perlu diperhatikan agar tidak melebihi batas kebutuhan kalori.
  • Protein; terdiri dari telur, unggas, ikan, kacang-kacangan, dan gandum. Asupan protein harian biasanya 10-15% untuk membangun massa otot dan organ tubuh serta menumbuhkan rambut, menjaga kesehatan kulit, dan mengatur stabilitas hormon.
  • Lemak; sumber energi yang dapat diperoleh dari alpukat, ikan, dan kacang-kacangan. Sama seperti karbohidrat, asupan lemak perlu diperhatikan untuk mencegah obesitas.
  • Vitamin; kandungan penting yang dapat diperoleh dari berbagai pilihan makanan seperti sayuran, minyak ikan, jeruk, daging sapi, ayam, kacang panjang, dan lain sebagainya.¬† Untuk menjaga kandungan vitaminnya, pastikan makanan diolah dengan cara direbus, dikukus, atau ditumis.
  • Kalsium; dimiliki oleh yogurt, keju, kacang almond, dan tahu. Kalsium diperlukan untuk menjaga kekuatan tulang dan mencegah insomnia, gangguan kecemasan, serta depresi.
  • Mineral; asupan yang terdapat dalam sayuran hijau, kacang brazil, udang merah, sarden, dan kalkun. Mineral yang harus ada dalam tubuh yaitu zat besi, kalsium, seng, selenium, magnesium, yodium, kalium, dan tembaga.
  • Serat; terkandung dalam biji-bijian, sayuran, buah-buahan, dan kacang-kacangan. Asupan serat yang cukup dapat menjaga kesehatan kulit, mengurangi risiko terkena penyakit kronis, dan menurunkan berat badan.
  • Air; untuk mencegah tubuh dari kekurangan cairan, manusia perlu mengonsumsi setidaknya 2 liter air setiap hari. Kekurangan air dapat menyebabkan sembelit hingga masalah batu ginjal.

Pentingnya Mengonsumsi Makanan Sehat

Tak hanya menjadi sumber energi dan nutrisi tubuh, makanan bergizi dan sehat memiliki fungsi lain, di antaranya memperkuat tulang dan otot, menjaga imun tubuh, menurunkan risiko penyakit kronis, mempertahankan berat badan ideal, dan melancarkan pencernaan.

Manfaat makanan sehat lainnya adalah memperlancar program penurunan berat badan. Tubuh pun jadi lebih fit dan Anda memperoleh bentuk tubuh yang diinginkan. Saat tubuh fit, Anda tidak hanya terhindar dari masalah kesehatan, tapi juga meningkatkan kualitas tidur dan kinerja selama beraktivitas.

Jenis-jenis Makanan Sehat

Sebelumnya telah dibahas mengenai kriteria makanan sehat dan bergizi serta beberapa contohnya. Penjelasan selengkapnya mengenai jenis makanan sehat bisa Anda simak di bawah ini:

  • Sayuran

Terdapat nutrisi penting dalam sayuran, yaitu serat, kalsium, magnesium, zat besi, kalium, folat, vitamin A, vitamin C, dan vitamin K. Sayuran juga kaya akan antioksidan untuk melindungi tubuh dari radikal bebas dan risiko penyakit kronis seperti jantung koroner, kanker, dan diabetes.

Opsi sayuran yang mudah ditemukan dan kaya akan nutrisi di antaranya brokoli, wortel, sawi, mentimun, kembang kol, kangkung, selada, tomat, bayam, dan kale.

  • Buah-buahan

Sama seperti sayur, buah-buahan tinggi akan serat, vitamin, mineral, dan antioksidan. Beberapa pilihan buah yang kaya akan nutrisi adalah jeruk, apel, alpukat, pisang, dan beri-berian seperti stroberi dan blueberry.

  • Daging dan Telur

Daging sapi tanpa lemak dan dada ayam memiliki zat besi dan protein yang tinggi. Telur juga termasuk jenis makanan sehat yang mengandung nutrisi lengkap seperti protein, mineral, vitamin, antioksidan, dan lemak tak jenuh.

  • Kacang-kacangan dan Biji-bijian

Berikutnya Anda perlu mengonsumsi kacang-kacangan dan biji-bijian untuk memenuhi asupan serat dan protein. Selain itu, jenis-jenis makanan sehat ini juga kaya akan vitamin E dan mineral seperti magnesium. Sebagai rekomendasi, coba tambahkan kacang almond, kacang tanah, biji labu, chia seed, dan biji wijen ke dalam menu harian Anda.

  • Makanan Laut

Makanan laut mengandung yodium dan asam lemak omega-3 yang bisa menurunkan risiko penyakit jantung, dementia, dan depresi. Beberapa jenis makanan laut yang baik untuk dikonsumsi adalah ikan salmon, tuna, sarden, udang, dan kerang.

  • Produk Susu

Dalam satu gelas susu mengandung lemak baik, mineral, vitamin, dan protein hewan. Begitu pun produk turunannya seperti keju dan yogurt memiliki kandungan serupa. Produk susu juga terbukti menjadi sumber kalsium terbaik bagi tubuh.

Tantangan Menerapkan Pola Makan Sehat

Menerapkan pola makan sehat menjadi tantangan tersendiri, khususnya jika Anda bukan penyuka sayur dan buah-buahan serta sering mengonsumsi makanan cepat saji. Belum lagi terdapat banyak camilan yang menggugah selera sehingga menambah kesulitan baru.

Faktanya, menerapkan pola makan sehat bukan berarti menghilangkan makanan yang disukai. Anda masih bisa ngemil dan makan di luar, asalkan perhatikan porsi. Yang penting dalam menerapkan pola makan sehat adalah memerhatikan apa saja asupan yang dibutuhkan tubuh untuk tetap berfungsi dengan baik.

Lalu, kendalikan porsi, edukasi diri terkait gaya hidup sehat, sabar dan jaga suasana hati, serta usahakan memilih opsi makanan paling sehat namun mudah didapat. Kurangi konsumsi garam dan gula berlebihan dan makanan olahan untuk memberi dampak positif pada kesehatan Anda.

Pastikan juga Anda melindungi kesehatan secara optimal dengan asuransi kesehatan dari Garda Healthtech. Asuransi ini menyediakan jaminan konsultasi online dan tatap muka bersama dokter umum/spesial  dengan pembelian obat yang diresepkan.

Asuransi Garda Healthtech juga tersedia dalam tiga pilihan paket, yaitu FIT, CLASSY, dan ULTIMA. Anda hanya tinggal memilih paket perlindungan sesuai dengan kebutuhan kesehatan Anda