Tips Membersihkan Rumah Bersama Keluarga

Tips Membersihkan Rumah Bersama Keluarga

Liburan keluarga mungkin menjadi salah satu media mempererat jalinan kasih anggotanya. Namun selama masa pandemi, bepergian sebaiknya dikurangi terlebih dahulu. Oleh karena itu anda bisa melakukan kegiatan lain, seperti membersihkan rumah bersama keluarga. Terlebih hunian yang bersih bisa membuat anda jauh lebih nyaman berada di rumah.

1. Buat Kegiatan Lebih Menyenangkan

Gambaran dari kegiatan bersih bersih, biasanya melelahkan dan merepotkan. Oleh karena itu, pada prosesnya penting untuk membangun suasana yang ceria dan bersemangat. Ini bahkan dimulai dari bagaimana cara anda mengajak seluruh anggota keluarga, untuk turut andil dalam kegiatan bersih bersih ini. Pertama mulailah meminta bantuan dengan baik dan sopan.

Karena bila kesannya memerintah, tentu semua akan menjadi malas dan kesal alih alih mau membersihkan rumah bersama. Kemudian beri pengertian pada anak anak, pentingnya menjaga kerapian serta kebersihan di rumah. Untuk menambah suasana makin asyik, anda bisa menyajikan minuman atau camilan ringan dan memutar lagu kesukaan.

Baca Juga: Aktivitas yang Bisa Dilakukan Dirumah Selama Social Distancing

2. Membuat Rincian Tugas dengan Detail

Agar membersihkan rumah bersama keluarga berjalan dengan lancar dan tidak ada yang terlewat, maka sebaiknya anda telah membuat rincian tugas terlebih dahulu sebelum memulai kegiatan tersebut. Buat rinciannya sekaligus penetapan jadwal, misalnya harus membersihkan bagian tertentu setiap hari, atau satu pekan sekali, dan lain sebagainya.

Sebagai contoh menyapu bisa dijadwalkan setiap pagi di waktu pagi, sementara membersihkan gudang bisa dilakukan satu bulan sekali atau bahkan satu minggu sekali apabila anda menyimpan banyak perkakas. Anda bisa menyesuaikan pembuatan jadwal ini dengan kondisi masing masing hunian yang dimiliki.

3. Menentukan Tugas Sesuai dengan Usia

Tugas bersih bersih rumah untuk orang dewasa tentu akan berbeda dengan anak anak. Oleh karena itu, agar semua tetap bekerja untuk membuat keluarga makin kompak maka anda bisa menentukan tugas berdasarkan usia.

Misalnya saja anak anak yang berumur di bawah 10 tahun bisa diberikan tugas tugas ringan seperti mengelap meja, dan merapikan mainannya.

Untuk anak anak dengan usia di atas itu bisa diberikan tugas yang lebih kompleks, misalnya mencuci piring bahkan menyapu. Dengan begitu membersihkan rumah bersama keluarga ini akan berjalan dengan lancar. Pasalnya masing masing telah mendapatkan jobdesk yang sesuai dengan kemampuan, sehingga kegiatan pun tidak terasa seperti beban.

4. Menyiapkan Peralatan

Membersihkan rumah tidak lengkap tanpa adanya peralatan ini, seperti kain atau lap, sapu, pel, hingga cairan pembersih. Sehingga peralatan peralatan tersebut wajib ada di setiap rumah untuk membuat hunian makin nyaman. Bahkan saat ini teknologi yang berkembang begitu pesat, bisa anda manfaatkan untuk menghadirkan peralatan kebersihan yang canggih di rumah.

Dengan begitu kegiatan bersih bersih pun akan jauh lebih mudah untuk dilakukan. Sebut saja seperti vacuum cleaner, pel elektrik, dan lain sebagainya. Tentunya penyediaan peralatan ini harus disesuaikan dengan budget serta kondisi rumah. Dan yang terpenting semua peralatan sudah dipastikan dalam kondisi bersih, agar tidak membuat rumah menjadi lebih kotor.

5. Berikan Penghargaan pada Anak

Berikan penghargaan pada si kecil yang sudah mau membantu kegiatan membersihkan rumah bersama keluarga ini. Dengan begitu anak pun akan menjadi pribadi yang suka dengan kebersihan, dan siap membantu anda kembali di lain hari.

Penghargaan ini tidak perlu dalam bentuk besar, sekadar ucapan terima kasih atau menjanjikannya suatu barang kecil juga sudah cukup.

Dengan menerapkan berbagai tips seperti di atas, maka kegiatan bersih bersih rumah anda selanjutnya pasti akan berjalan lancar dan mengasyikkan. Tidak lagi menjadi aktivitas yang dihindari, jadwal bersih bersih akan ditunggu si kecil. Hunian anda pun menjadi lebih nyaman untuk ditinggali, karena bersih tanpa kuman maupun bakteri.

Baca Juga: Tips Merawat Rumah agar Selalu Nyaman Selama #DiRumahAja

Dengan semua penjelasan diatas pastinya membuat Anda lebih bersemangat untuk membersihkan rumah. Jika rumah Anda sudah nyaman dan bersih, jangan lupa untuk lindungi rumah Anda dengan Asuransi Kebakaran Rumah Garda Home karena musibah bisa terjadi kapan saja dan dimana saja. Seperti kebakaran, Anda tidak akan pernah tahu kapan itu akan terjadi. Bayangkan jika Anda sedang tidak ada dirumah dan terjadi sesuatu yang tidak diinginkan terhadap rumah, seperti terjadi musibah kebakaran. Si jago merah tidak akan hanya membakar harta benda, tetapi juga akan melahap struktur bangunan rumah Anda. Jika Anda melindungi rumah Anda dengan Asuransi Kebakaran Rumah, pihak asuransi akan membayar ganti rugi yang timpul akibat terjadinya kebakaran.

Asuransi kebakaran rumah dibutuhkan oleh semua kalangan yang memiliki rumah, terutama bagi Anda yang tinggal di tempat padat penduduk, dimana api bisa menyambar bangunan dengan lebih cepat di bangunan yang rapat. Untuk Anda yang memiliki rumah untuk disewakan Asuransi Garda Home juga menjamin rumah yang dipergunakan untuk disewakan.

Premi yang ditawarkan Garda Home pun cukup terjangkau, premi mulai 98 ribu per tahun. Cukup terjangkau dibandingkan asuransi kebakaran rumah lainnya bukan? Anda bisa mendaftarnya melalui . Dapatkan Diskon 15% dan e-policy terbit 1×24 jam. Jadi tunggu apa lagi, berikan perlindungan untuk rumah Anda dengan Garda Home. Agar financial Anda tidak terganggu saat terjadi musibah yang tidak diinginkan #PeaceofMind