Agar Kaca Mobil Bening Saat Hujan, Simak Tips Ampuh Ini!

Agar Kaca Mobil Bening Saat Hujan, Simak Tips Ampuh Ini!

Berkendara di musim hujan membutuhkan kewaspadaan yang tinggi. Tak peduli seberapapun andalnya pengemudi kendaraan tersebut, hujan yang deras akan membuat visibilitas menurun. Hal ini akan membahayakan keselamatan pengemudi karena kaca yang dibasahi air hujan. Agar kaca mobil bening saat hujan, yuk simak tips ampuh menghadapi musim hujan!

5 Cara Agar Kaca Tetap Bening

  1. Membersihkan Kaca dengan Benar

Hal pertama yang harus Anda lakukan yaitu membersihkan waterspot pada kendaraan roda empat yang dimiliki. Agar hasilnya maksimal, maka Anda harus membersihkannya dengan cairan pembersih. Ada baiknya, jika Anda memilih cairan dengan formula membersihkan kotoran dan kerak pada kaca mobil yang dapat mengganggu pandangan berkendara.

Setelah Anda membersihkan kaca dan kembali kepada kondisi awal, maka perlu adanya proteksi pada kaca. Langkah ini sangat penting untuk menjaga kaca dalam keadaan yang baik dan mampu melindungi kaca dari air atau kotoran agar tidak langsung melekat pada kaca. Sehingga kaca Anda terlindungi dari adanya kerak yang membandel.

  1. Mengganti Wiper Dengan yang Baru

Sebenarnya terdapat dua langkah agar kaca mobil bening saat hujan, yaitu restorasi dan proteksi. Tetapi tentunya untuk menjaga pandangan kaca depan yang bersih, maka diperlukan wiper yang bekerja dengan baik. Pasalnya wiper ini akan bekerja untuk menjaga pandangan pengendara saat menggunakan mobil ketika hujan.

Kondisi wiper yang tidak layak atau sudah usang membuatnya tidak mampu mengangkat air pada kaca dengan baik. Bahkan kondisi tersebut dapat merusak permukaan kaca pada mobil. Anda harus memperhatikan karet wiper agar tetap bekerja optimal. Jangan sampai terlalu sering dijemur pada panas karena membuatnya tidak awet dan permukaannya tidak rata.

  1. Segera Mencuci Mobil Jika Terkena Air Hujan

Selain menjaga kondisi wiper, Anda juga harus memperhatikan kebersihannya. Hal lainnya yang harus Anda lakukan yaitu segera mencuci kendaraan roda empat Anda setelah terkena hujan. Pasalnya, air kotor yang menempel pada kaca akan menyebabkan jamur kaca sehingga membuat kaca berkerak. Jadi, penting untuk mencuci kendaraan agar kaca mobil bening saat hujan.

  1. Periksa weather stripping

Pelapisan daun pintu dan jendela mobil Anda terbuat dari karet, dirancang untuk menutup bukaan untuk melindungi dari hujan dan polutan. Tapi weatherstrip berangsur angsur memburuk seiring waktu yang membuat air dapat merembes masuk dan membuat kaca berembun. Maka dari itu, Anda juga perlu memperhatikan kondisi weatherstrip untuk visibilitas maksimum di jalan.

  1. Perhatikan Cairan Pencuci Kaca Dengan Baik

Cairan pencuci kaca depan dikenal sebagai pembersih yang ampuh untuk mengusir debu dan kotoran pada kaca mobil. Hal ini dikarenakan formulasi pembersihnya terdiri dari beberapa bahan, misalnya alkohol, air, pelarut, dan detergen. Sehingga, cairan ini sangat cocok untuk digunakan melarutkan dan membersihkan kotoran yang ada di kaca depan.

Di musim hujan biasanya akan ada serangga banyak ditemukan di kaca Anda. Cairan pencuci inilah yang mencegah mereka berkumpul di kaca depan. Penting untuk memeriksa level cairan pencuci secara teratur karena ini berperan penting dalam agar kaca mobil bening saat hujan. Jika cairan semprotan tidak bekerja, maka hubungi mekanik dan minta diisi ulang ke level optimal.

Menjaga kondisi kaca mobil dengan optimal akan membuat pengemudi lebih mudah berkendara di musim hujan. Hal ini bisa dilakukan dengan beberapa langkah, mulai dari membersihkan permukaan kaca, mengganti wiper yang baru, memeriksa keadaan weather striping, hingga memperhatikan tingkat cairan kaca dengan optimal. Bila Anda ingin mengasuransikan mobil, Anda bisa mencari tahu mengenai jenis perlindungan apa saja yang ditawarkan oleh Garda Oto untuk mobil Anda, cukup dengan akses website gardaoto.com. Dengan membeli asuransi mobil Garda Oto, mobil Anda akan terlindungi dan mendapatkan jaminan perbaikan saat terjadi kerusakan. #PeaceofMind