Musim Hujan, Ini 5 Hal yang Harus Diperhatikan Pada Mobil

Musim Hujan, Ini 5 Hal yang Harus Diperhatikan Pada Mobil

Sebagian orang menganggap musim hujan dikenal sebagai waktu yang menyenangkan sepanjang tahun. Namun, hal ini juga dapat memperburuk kondisi kendaraan roda empat Anda. Ketika musim hujan, Anda disarankan untuk melakukan beberapa tips agar kondisi mobil tetap terjaga. Penasaran dengan langkah apa saja yang perlu diperhatikan pada mobil saat musim hujan? Berikut ulasannya!

1. Segera Membersihkan Sisa Air Hujan

Ketika mobil kehujanan, Pastikan air hujan tidak terlalu lama menempel pada body mobil. Usahakan agar langsung membersihkan sisa air hujan tersebut dengan tepat. Anda bisa menggunakan alat seperti silicon spray atau lainnya. Dengan begitu, Anda bisa mencegah adanya jamur dan karat yang akan merusak lapisan cat mobil.

Menghadapi cuaca yang tak bersahabat, anda bisa mengandalkan silicon spray untuk membersihkan bagian kaca. Tidak hanya itu saja, cairan pembersih ini juga dapat digunakan merawat karet mobil. Sehingga mobil anda tetap terjaga dan karetnya lentur serta tahan lama.

2. Memarkir Kendaraan di Tempat yang Terlindungi

Jika Anda sudah merawat mobil saat musim hujan dengan cara membersihkannya, maka langkah berikutnya yaitu melindungi kondisi mobil. Sebaiknya parkir di garasi atau tempat yang tidak terkena air hujan. Memarkirkannya di dalam garasi juga akan melindungi dari panas. Sehingga, lapisan bodi mobil tidak akan rusak karena perubahan cuaca dari hujan dan panas.

3. Memeriksa Komponen Mesin Mobil

Hal yang tidak kalah pentingnya lagi yaitu memeriksa sistem komponen mobil. Pemeriksaan ini bertujuan agar performa mesin dalam kondisi terbaik. Anda dapat melakukan pemeriksaan mulai dari wiper, dinamo, sistem pengapian, suspensi dan lainnya. Hal ini penting dilakukan karena empat komponen tersebut seringkali rewel ketika musim hujan.

Komponen mesin pada kendaraan roda empat Anda menjadi hal yang tidak boleh dilewatkan untuk perawatan mobil pada musim hujan. Pasalnya, air hujan bisa dengan mudahnya masuk ke celah celah mesin mobil. Sehingga, Anda perlu memeriksa dan merawat mobil saat musim hujan jika tidak ada komponen mesin yang terganggu setelah terkena air hujan.

4. Membersihkan Karpet Mobil

Tidak hanya merawat bagian bodi dan komponen mobil saja, Anda juga perlu memperhatikan kondisi bagian interior kendaraan Anda. Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah merawat karpet di dalam mobil. Langkah ini sangat penting untuk mencegah adanya bau tak sedap dan jamur pada karpet.

Jamur dan bau tak sedap ini biasanya akan timbul karena penumpang masuk pada saat kondisi basah terkena air hujan. Hal tersebutlah yang menyebabkan karpet mobil menjadi kotor, basah, dan lembab. Untuk mencegahnya, maka Anda bisa memberikan tambahan karpet yang dapat berfungsi sebagai pelapis lantai mobil agar tidak basah dan lembab.

5. Periksa Rem Mobil

Tips menjaga kondisi mobil lainnya yaitu dengan memeriksa rem kendaraan roda empat tersebut. Cara merawat mobil saat musim hujan sangat penting untuk mencegah adanya disfungsionalitas dari rem. Sebab, pada musim hujan, kondisi rem sangat rawan rusak dengan adanya gaya gesekan dan ketebalan cakram. Selain itu, air juga dapat menyebabkan pengaratan dan menyebabkan kecelakaan.

Pada musim hujan penting bagi Anda untuk memperhatikan kendaraan roda empat agar terhindar dari bahaya jika mengemudi. Ada beberapa hal yang bisa dilakukan, mulai dari membersihkan mobil dengan silicon spray setelah terkena air hujan, memeriksa komponen mesin, memeriksa rem, hingga membersihkan karpet mobil. Beberapa hal di atas dapat Anda perhatian pada saat musim hujan. Selain itu lindungi kendaraan Anda dengan asuransi mobil, karena banyak manfaat yang menguntungkan. Salah satunya saat Anda terjadi kecelakaan Setiap perusahaan asuransi memiliki metode klaim tersendiri, pilihlah perusahaan asuransi yang menawarkan metode klaim yang mudah dilakukan. Mengajukan klaim Garda Oto sangatlah mudah. Anda bisa melaporkan kejadiannya melalui contact center Garda Akses – 1 500 112 yang dapat membantu Anda 24 jam ataupun mengunjungi kantor cabang / Garda Center terdekat. #PeaceofMind