Waspadai Penyakit Kulit Akibat BanjirMusim hujan memang membawa berkah untuk berapa orang, khususnya petani tetapi ada juga orang yang mengalami musibah dikarenakan musim hujan. Masyarakat biasanya mengalami banjir saat musim hujan turun, umumnya yang tinggal di daerah rawan banjir. Masyarakat yang mengalami bencana banjir sering mengalami penyakit kulit akibat banjir yang jenisnya cukup parah.

Penyakit kulit sering sekali dialami jika seseorang terkena infeksi virus maupun kuman dan kondisi seperti itu sangat umum terjadi apabila banjir. Agar nantinya tidak terkena penyakit kulit sebaiknya ketahui terlebih dahulu jenis penyakit kulit yang umumnya muncul saat banjir datang. Agar nantinya memahami jenis penyakit kulit ada baiknya untuk membaca ulasan berikut ini terlebih dahulu.

Jenis Penyakit Kulit yang datang Saat Banjir

Banjir merupakan jenis bencana yang umum dialami masyarakat yang tinggal di daerah dekat sungai. Saat banjir akan ada banyak sekali wabah penyakit yang diderita oleh korban banjir, salah satu yang ditakuti adalah penyakit kulit. Meskipun bukan termasuk penyakit mematikan tetapi penyakit kulit dapat membuat penderitanya mengalami rasa tidak nyaman dan sulit melakukan aktivitas.

Untuk saat ini jenis penyakit kulit sudah cukup beragam dan umumnya dialami oleh korban banjir. Untuk mengatasi penyakit kulit bukan hal yang sulit untuk dilakukan, karena sekarang sudah ada obat kimia maupun obat alami untuk penyakit kulit. Agar bisa menemukan obat yang tepat maka perlu mengetahui dulu jenis penyakit kulit, seperti apa jenis penyakit tersebut.

1. KurapĀ 

Penyakit yang pertama ini muncul karena disebabkan oleh kaki yang terendam air banjir yang kotor, sehingga sangat rentan sekali terkena infeksi jamur. Penyakit ini juga akan diderita apabila korban banjir tidak bisa menjaga kebersihan kulit dengan benar dan umumnya infeksi jamur yang menyebabkan penyakit kurap akan menginfeksi area lipatan paha dan juga jari kaki.

Penyakit kulit ini masuk dalam golongan Dermatophytes, yaitu salah satu jamur yang hidup alami di kulit dan tidak berbahaya. Tapi kalau jamur tumbuh dan berkembang biak dengan cepat di lingkungan yang lembab, seperti banjir nantinya bisa menyebabkan seseorang terkena kurap. Kalau sudah menderita kurap bisa membuat penderitanya merasa gatal di bagian jari-jari kaki atau lipatan paha.

2. Kutu Air

Penyakit ini juga umum diderita oleh para korban banjir. Penyebabnya dikarenakan anggota badan khususnya kaki terendam air banjir yang sangat kotor. Kalau kaki sampai terkena air tersebut dalam waktu yang cukup lama dan sering terkena suhu udara yang lembab secara terus-menerus bisa membuat jamur berkembang cukup cepat sehingga potensi terkena kutu air menjadi lebih tinggi.

*Baca Juga: Cara Mengatasi Diare dengan Tepat yang Perlu Anda Ketahui

Penyakit ini juga bisa membuat penderitanya tidak nyaman beraktivitas, sebab kalau sudah terkena kutu air kaki akan terasa gatal. Untuk bisa mengatasi rasa gatal tersebut, kamu bisa menggunakan obat salep. Penggunaan obat saleb tersebut harus dilakukan secara rutin, sebab penyakit kutu air kalau dibiarkan begitu saja akan semakin parah kedepannya.

3. Dermatitis Alergi

Untuk orang yang memiliki kulit sensitif, sebaiknya berhati-hati apabila banjir datang. Karena kulit sangat sensitif dan lebih mudah terkena penyakit dermatitis alergi dibandingkan orang yang memiliki kulit normal. Bisa dikatakan kulit sensitif, apabila kondisi kulit bisa berubah secara tiba-tiba apabila terkena jamur ataupun infeksi bakteri lainnya.

Jika memiliki jenis kulit seperti itu, sebaiknya gunakan pelindung kulit yang tidak memberikan dampak negatif. Kalau memang mengalami penyakit kulit akibat banjir ini sebaiknya jangan dibiarkan begitu saja sebaiknya segera periksakan ke dokter karena untuk memulihkan kondisi kulit sensitif seperti sediakala membutuhkan waktu yang lebih lama daripada kulit normal.

4. Folikulitis

Penyakit kulit ini merupakan sebuah penyakit yang diderita seseorang apabila folikel rambut yang ada di kulit mengalami peradangan. Jenis penyakit kulit yang diakibatkan banjir ini umumnya akan menyerang area pada tubuh yang ditumbuhi rambut. Penyakit ini sebenarnya tidak terlalu berbahaya tetapi kalau sampai menderita penyakit ini maka yang akan dirasakan oleh penderita adalah rasa gatal dan juga rasa nyeri pada area tubuh yang terkena penyakit tersebut.

Kalau memang sudah terkena penyakit ini sebaiknya pelajari tata cara untuk mengatasinya dan juga bisa membeli asuransi kesehatan di Garda Healthtech agar nantinya kesehatan tubuh tetap terjaga dan bisa mendapatkan bantuan untuk biaya pengobatan. Dengan memiliki asuransi tersebut nantinya tidak perlu memikirkan lagi biaya untuk perawatan maupun pengobatan.

Cara Mencegah Penyakit KulitĀ 

Untuk yang tinggal di daerah rawan banjir, sebaiknya perlu menjaga kesehatan kulit dengan baik. kKarena saat banjir akan ada banyak sekali jenis penyakit yang bisa diderita. Kalau memang tidak ingin terkena penyakit kulit saat banjir, maka kamu perlu menjaga kebersihan tubuh dengan menjaga tubuh tetap bersih dari jamur dan juga kuman agar tidak masuk ke dalam tubuh.

Penyakit kulit bisa sembuh dengan merawat tubuh dengan benar dan menggunakan air bersih seperti antiseptik supaya kuman dan bakteri yang menempel di tubuh bisa mati. Kalau ada anggota tubuh yang mengalami luka, sebaiknya bersihkan luka tersebut secara rutin. Karena luka tersebut menjadi salah satu penyebab utama terjadinya infeksi yang disebabkan oleh jamur dan bakteri.

*Baca Juga: Cara Konsultasi dengan Dokter Spesialis secara Online

Anda juga bisa datang ke dokter spesialis kulit untuk melakukan konsultasi terkait penyembuhan penyakit kulit yang dialami. Biasanya dokter akan memberikan obat untuk menyembuhkan penyakit kulit tersebut. Jadi demikian informasi terkait penyakit kulit yang bisa menyerang Anda akibat banjir. Apabila membutuhkan konsultasi terkait asuransi kesehatan, bisa hubungi kami di nomor 1 500 112