7 Penyebab Rumah Terbakar dan Cara Pencegahannya

7 Penyebab Rumah Terbakar dan Cara Pencegahannya

Ada beberapa penyebab terjadinya kebakaran, seperti kebocoran tabung gas lpg, korsleting saluran listrik, kelalaian dalam penggunaan kompor, dan sebagainya. Untuk mencegah rumah kita terlalap api, maka ada beberapa pencegahan yang bisa anda lakukan, dan beberapa penyebab yang mungkin perlu anda ketahui.

Penyebab terjadinya kebakaran dan cara mencegahnya

Untuk menjaga rumah dari bahaya kebakaran, ada beberapa hal yang perlu anda cermati. Pertama, anda perlu sadari beberapa hal yang dapat menjadi penyebab kebakaran, seperti kebocoran gas lpg, kelalaian dalam penggunaan kompor, korsleting listrik dan sebagainya. Jangan remehkan juga hal-hal sepele, dan inilah 7 penyebab rumah terbakar yang harus anda waspadai.

1. Kebocoran Tabung Gas

Kebocoran tabung gas sering menjadi momok yang perlu diwaspadai sebagai penyebab kebakaran. Untuk mencegah ini terjadi, pastikan kalau tabung gas sudah terpasang dengan benar, tidak ada bunyi berdesis, dan bau gas menyengat sebelum anda menyalakan kompor dan elektronik.

2. Lupa Mematikan Kompor

Lupa mematikan kompor bisa menjadi salah satu penyebab kebakaran rumah. Kelalaian untuk mematikan kompor ini memang sepele namun dapat fatal akibatnya. Pastikan jika anda sedang memasak dan menyalakan kompor, jangan pernah meninggalkan kompor menyala.

3. Konsleting Kabel

Kabel listrik yang sudah aus, rusak dan usang terkadang dapat menjadi penyebab kebakaran. Jika sampai kabel terkena air, maka akan terjadi konsleting, dan jika konslet menyambar ke benda yang mudah terbakar akan menimbulkan api, dan akan menyebar menjadi kebakaran.

4. Lilin yang terjatuh

Pada saat mati listrik, maka penerangan yang bisa anda pergunakan adalah lilin. Namun, anda juga perlu berhati-hati dalam menyalakan lilin. Jauhkan dari benda yang mudah terbakar, dan pastikan lilin berada di posisi tegak yang tidak mudah terjatuh.

5. Membuang Rokok Sembarangan

Jika anda merokok, maka anda perlu berhati-hati dalam membuang puntung rokok anda. Pastikan untuk mematikan puntung rokok terlebih dahulu, dan gunakan asbak supaya puntung rokok tidak dapat membakar benda yang mudah terbakar.

6. Anak-anak yang Bermain Api Sembarangan

Api adalah hal yang cukup berbahaya untuk dimainkan oleh anak-anak. Oleh karena itu, jangan sampai anak-anak memainkan api, korek, ataupun lilin. Pastikan anak-anak dalam pengawasan orang dewasa, dan jauhkan mereka dari memainkan api.

7. Membakar Sampah

Kegiatan membakar sampah mungkin memang kadang perlu dilakukan, untuk membersihkan pekarangan, dan membersihkan rumah anda dari sampah. Namun anda juga perlu berhati-hati dalam membakar sampah, pastikan api tidak akan menyambar ke arah benda yang mudah terbakar di rumah anda.

Baca juga: Risiko apa saja yg dijamin Asuransi Garda Home

Itulah 7 penyebab rumah terbakar dan beberapa cara pencegahannya. Untuk berjaga-jaga, pastikan rumah anda memiliki fire extinguisher untuk memadamkan api jika terjadi hal yang tidak diinginkan. Selain itu yang terpenting untuk mencegah kebakaran rumah adalah lebih bijak dan hati-hati dalam penggunaan perangkat yang bisa menimbulkan api. Agar rumah Anda aman dari risiko kebakaran, jangan ragu untuk menambahkan perlindungan rumah tinggal Anda dengan Asuransi Garda Home.  memberikan perlindungan bagi rumah tinggal akibat terjadinya FLEXAS (Fire, Lightning, Explosion, Impact of Aircraft, Smoke). Dapatkan diskon 10% untuk Asuransi Garda Home dan tanpa survey bangunan. Cek sekarang di . #PeaceofMind