Bayangkan berapa banyak biaya yang harus dikeluarkan ketika Anda terserang penyakit? Pastinya biaya perawatan medis tidaklah sedikit. Maka dari itu Anda perlu menjaga kesehatan pribadi agar terhindar dari berbagai macam penyakit.

Dasar-dasar menjaga tubuh tetap fit yaitu dengan menjalankan pola hidup sehat seperti rajin berolahraga, mencukupi kebutuhan gizi, banyak minum air putih, istirahat yang cukup. dan mengonsumsi buah-buahan.

Tidak sulit menjaga hidup sehat, hanya saja kita perlu konsisten dalam merealisasikannya. Lantas, bagaimana cara menjaga kesehatan pribadi agar tidak mudah terserang virus penyebab penyakit? Simak informasi selengkapnya di bawah ini!

Pentingnya Menjaga Kesehatan Pribadi

Kesehatan tubuh merupakan salah satu modal utama untuk menjalani aktivitas sehari-hari. Maka, menerapkan pola hidup sehat sangat penting agar terhindar dari berbagai penyakit. Tubuh kita diibaratkan sebagai mesin. Jika salah satu komponennya terganggu, bagian-bagian yang lain pun akan ikut terpengaruh.

Menjalankan hidup sehat tidak harus mahal. Anda hanya perlu melakukan kegiatan sederhana seperti berolahraga pagi sebelum berangkat kerja, menghindari makanan penyebab kolesterol, mengurangi minum-minuman tidak sehat, sampai berjemur di pagi hari sebelum matahari terik.

Memang benar salah satu kendala dalam menjaga kesehatan pribadi adalah rasa malas yang timbul sehingga Anda terbiasa menyepelekan kesehatan jasmani. Itu sebabnya, hal pertama yang harus dilakukan sebelum menjalankan gaya hidup sehat yaitu dengan mengumpulkan kemauan kuat dan tidak membebankan diri dalam menjalaninya.

Ciri-Ciri Tubuh Memiliki Kesehatan yang Optimal 

Mengidentifikasi kondisi kesehatan pribadi bisa diketahui melalui ciri-ciri berikut:

  • Mampu Mengatasi Tingkat Stres dengan Baik

Tanda tubuh yang sehat bukan terlihat dari fisik saja, kesehatan mental juga patut diperhitungkan. Namun, bukan berarti Anda memaksakan diri untuk bahagia setiap saat. Seseorang mempunyai kesehatan mental yang baik saat ia mampu mengakui perasaan yang dirasakan, kuat secara emosional dalam mengatasi masalah, dan mampu mengelola stres.

  • Jarang Memiliki Keluhan Kesehatan

Tanda utama tubuh sehat yaitu jarang merasakan keluhan kesehatan. Itulah kenapa Anda tidak akan mudah terserang penyakit jika menjaga kesehatan pribadi dengan baik.

  • Memiliki Kualitas Tidur yang Baik

Merasa lebih segar ketika bangun di pagi hari menandakan bahwa tubuh Anda masih dalam kondisi prima. Maka, yang harus dilakukan yaitu dengan menciptakan lingkungan tidur yang nyaman. Lalu, tidur yang cukup antara 7-8 jam sehari serta hindari mengonsumsi minuman beralkohol yang dapat merusak kualitas tidur.

  • Urine Berwarna Cerah

Jika urine Anda berwarna cerah, itu merupakan salah satu tanda tubuh terhidrasi dengan baik. Menjaga kesehatan pribadi dengan mencukupi kebutuhan mineral tidak hanya menghidrasi tubuh, tapi bisa meningkatkan energi, menjaga kesehatan kulit, mempertahankan fungsi usus, sampai memelihara fungsi ginjal.

  • Memiliki Pencernaan yang Lancar

Buang air besar secara teratur juga merupakan tanda bahwa tubuh Anda sehat. Jika Anda mengalami sembelit selama beberapa hari, apalagi berturut-turut, jangan remehkan kondisi tersebut. Sederhananya konsumsi makanan banyak serat. Atau bila perlu hubungi  tenaga medis untuk mendapat pertolongan pertama.

Cara Menjaga Kesehatan Pribadi Agar Tidak Mudah Sakit 

Di bawah ini terdapat cara-cara menjaga kesehatan pribadi, yaitu:

  • Olahraga Rutin

Para pemerhati kesehatan mengatakan jika orang dewasa dalam kitaran umur 18-64 tahun setidaknya membutuhkan aktivitas fisik minimal 150 menit per minggu. Maka, olahraga rutin membantu Anda menjaga kesehatan pribadi serta mengurangi tingkat stres akibat pekerjaan.

  • Tidur yang Cukup

Ketika Anda sedang tertidur, tubuh secara otomatis membersihkan racun sekaligus mengembalikan energi yang terkuras seharian setelah beraktivitas. Cara menjaga kesehatan pribadi ini membuat sistem efektif meningkatkan kekebalan tubuh.

Jika kebutuhan tidur tidak tercukupi, hal ini akan memicu risiko penyakit kronis seperti jantung, obesitas, depresi sampai diabetes tipe 2. Pastikan Anda mengganti jam tidur malam yang kurang dengan tidur siang karena keduanya memiliki manfaat yang sama.

  • Rajin Mengonsumsi Sayur dan Buah-Buahan

Jangan hanya berfokus pada pemenuhan karbohidrat saja. Tubuh juga membutuhkan asupan vitamin yang cukup dari sayur dan buah. Bahkan, WHO mengatakan bahwa orang dewasa setidaknya harus memenuhi kecukupan gizi minimal 400 gram dari buah juga sayur setiap harinya.

Dengan asupan vitamin dari makanan sehat, kesehatan pribadi Anda memiliki sistem imun yang kuat dibandingkan dengan mereka yang hanya fokus pada asupan karbohidrat saja.

  • Hindari Rokok dan Alkohol

Tidak akan pernah ada takaran alkohol yang aman bagi kesehatan pribadi. Meski kadar alkohol yang masuk ke tubuh hanya beberapa mili, ini berpotensi mengganggu kondisi mental maupun fisik. Begitu pun dengan kebiasaan merokok sehabis makan atau ketika mengalami stres. Apalagi asap rokok bukan hanya membahayakan diri tapi mengganggu kesehatan orang sekitar.

  • Menjaga Berat Badan Tetap Ideal

Kelebihan berat badan akan membuat Anda terjangkit berbagai keluhan medis parah. Misalnya tekanan darah tinggi, diabetes tipe 2, sampai risiko stroke. Untuk itu, selain berolahraga rutin, menjaga tubuh tetap ideal juga merupakan cara menjaga kesehatan pribadi. Tubuh akan lebih bugar dan ringan dalam menjalankan aktivitas sehari-hari. Anda pun akan terhindar dari risiko mudah lelah.

  • Mencukupi Kebutuhan Mineral Bagi Tubuh

Terakhir, cara menjaga kesehatan pribadi yaitu tidak melewatkan minum air putih. Dengan mengonsumsi air putih minimal 2 liter sehari akan mendorong tubuh mengeluarkan racun melalui urine.

Menjaga kesehatan pribadi memang sangat penting, baik dengan rutin berolahraga dan mengonsumsi makanan bergizi. Namun, ada satu poin yang tak kalah pentingnya untuk mengoptimalkan perlindungan kesehatan Anda, yaitu asuransi kesehatan.

Nah, demi memberikan perlindungan optimal pada kesehatan pribadi Anda, Garda Oto menghadirkan asuransi Garda Healthtech.  Asuransi ini menjamin konsultasi kesehatan online dan tatap muka dengan dokter umum / spesialis serta pembelian obat yang diresepkan.

Asuransi Garda Healthtech menyediakan tiga paket pilihan, yaitu Classy, FIT, dan ULTIMA. Anda hanya perlu menyesuaikan pilihan asuransi sesuai dengan kebutuhan perlindungan kesehatan Anda.