Ketahui Apa itu Wiring Harness dan Fungsinya

Kemajuan dan perkembangan teknologi dalam segala bidang turut merambah ke bidang otomotif. Terbukti dari semakin banyaknya kendaraan terbaru saat ini yang menggunakan teknologi komputer dalam sistem kelistrikannya yang menunjang berbagai performa serta fitur dari kendaraan tersebut. 

Dalam menjalankan sistem kelistrikannya, berbagai jenis mobil tersebut memiliki beragam komponen yang menghubungkan sumber daya dengan berbagai komponen lainnya yang disebut perkabelan atau bahasa lainnya adalah wiring harness.

Komponen Wiring Harness Pada Mobil

Sebuah mobil memiliki banyak sistem kinerja yang saling berhubungan dan bekerja sama satu sama lain serta memiliki beragam komponen yang menghubungkan semua sistem, sehingga sebuah mobil dapat menjalankan fungsinya sebagai kendaraan dengan berbagai fitur di dalamnya. 

Ada berbagai sistem kinerja yang terdapat pada sebuah mobil, contohnya seperti sistem injeksi bahan bakar, sistem pengapian, sistem transmisi, dan sistem kelistrikan.

Beragam komponen dan sistem yang ada pada sebuah mobil akan saling terhubung dengan memanfaatkan komponen pengantar yaitu kabel dan konektor yang jumlahnya sangat banyak dan kompleks. Perkabelan dan konektor yang kompleks tersebut akan tersusun dalam satu sistem yang dinamakan wiring harness.

Sebuah mobil jika diukur dengan panjang mil, setidaknya memiliki susunan kabel sepanjang setengah mil dengan koneksi individu yang lebih dari 500 koneksi. 

Beragam jenis susunan kabel tersebut memiliki sistem kerja yang berisiko menghadapi panas mesin, air, getaran, kotor, dan oli dari mesin yang dapat merusak beragam kabel tersebut. Saat kabel mengalami kerusakan akibat risiko tersebut, maka rangkaian sistem pada mobil tidak dapat bekerja menjalankan fungsinya dengan sempurna.

Untuk melindungi beragam jenis kabel yang begitu banyak dan rumit tersebut, sistem kelistrikan pada mobil akan diorganisasikan menjadi sekumpulan kawat atau dikenal sebagai harness yang menghubungkan berbagai sistem dan area pada mobil. Lalu, apa itu wiring harness, dan fungsinya? Berikut ini pembahasan selengkapnya.

*Baca Juga: Apa Fungsi Mesin Turbo Mobil dan Cara Kerjanya?

Apa itu Wiring Harness?

Adanya wiring harness pada dasarnya melindungi komponen kabel yang saling terhubung satu sama lain antar sistem pada kinerja kendaraan secara keseluruhan. Wiring harness adalah komponen dalam kendaraan yang terdiri dari serangkaian kabel yang digabungkan menjadi satu ke dalam sebuah rangkaian yang bertugas untuk mengalirkan arus listrik dalam sistem kerja mesin kendaraan.

Pada dasarnya, wiring harness ini menghubungkan berbagai bagian dalam kendaraan mulai dari bagian mesin, bodi, dasbor, hingga sasis dengan sumber daya. Wiring harness mengantarkan transmisi sinyal dan sumber daya listrik menuju ke komponen kelistrikan pada kendaraan sehingga perangkat-perangkat tersebut dapat menjalankan fungsinya.

Wiring harness juga sering dianggap sebagai susunan kabel, namun kenyataannya wiring harness dan susunan kabel merupakan dua hal yang berbeda. Jika susunan kabel hanya terdapat dua ujung, pada wiring harness akan memiliki beberapa ujung yang terhubung ke berbagai bagian dalam mobil. Wiring harness jika dianalogikan menjadi tubuh manusia adalah pembuluh darah yang berperan menyalurkan darah dari jantung menuju ke seluruh tubuh.

Fungsi Wiring Harness

Secara umum, wiring harness mempunyai fungsi sebagai penghubung komponen-komponen dengan sistem kelistrikan pada sebuah mobil sehingga mobil semua sistem dan bagian pada mobil dapat menjalankan fungsinya masing-masing dengan baik dan optimal. Tanpa adanya wiring harness, mobil tidak akan dapat berjalan dan justru akan menyebabkan kerusakan pada sistem kelistrikan di mobil.

Jika dibedakan menjadi masing-masing bagian, wiring harness memiliki fungsi sebagai berikut:

  1. Harness body berfungsi menyalurkan arus listrik ke harness lain
  2. Instrument panel harness memiliki fungsi mengendalikan berbagai bagian yang ada pada mobil, seperti starter, AC, radio atau tape, dan speedometer
  3. Harness lamp berfungsi untuk menyalurkan arus listrik ke sistem penerangan (lampu) pada mobil
  4. Harness speedometer berfungsi menghubungkan speedometer dengan kontrol seperti kecepatan, jumlah kilometer, bahan bakar, dan lain-lain)
  5. Battery cable harness berfungsi untuk menyalurkan listrik dari aki atau battery ke bagian lain.

*Baca Juga: Fungsi Water Jacket Sebagai Sistem Pendingin Mesin Mobil

Manfaat Wiring Harness

Adanya wiring harness pada sistem kelistrikan sebuah mobil dengan fungsinya yang sudah disebutkan di atas, juga membawa keuntungan dalam sistem yang ada di kendaraan, yaitu

1. Keamanan dan keselamatan

Bentuk dari wiring harness yang biasanya merupakan rangkaian kumpulan kabel yang diikat dalam satu selongsong membuat kabel-kabel terhindar dari risiko rusaknya kabel dari goresan, getaran, serta kelembaban sehingga kendaraan akan aman dari berbagai risiko korsleting. Selain itu, selongsong yang mengikat kabel merupakan material yang tahan api sehingga meminimalkan risiko kebakaran akibat percikan api dari korsleting listrik.

2. Efisiensi waktu pemasangan

Wiring harness pada dasarnya menyederhanakan kabel-kabel berbagai ukuran dan jumlahnya yang begitu banyak dan tidak teratur menjadi terintegrasi dalam satu rangkaian dan instalasi rangkaian tersebut menjadi proses yang lebih sederhana jika dibandingkan harus menjalankan semua kabel satu persatu.

*Baca Juga: Mengenal Fungsi Sistem Suspensi Pada Kendaraan Roda Empat

Setelah mengetahui tentang apa itu wiring harness, bagaimana cara kerjanya, serta fungsi dan keuntungannya, Anda tentu semakin memahami bahwa wiring harness memiliki peran yang sangat penting dalam sistem kerja kendaraan mobil. Oleh karena itu, jika terjadi kerusakan, sebaiknya Anda hindari melakukan perbaikan dengan cara sendiri karena perbaikan wiring harness membutuhkan tenaga profesional yang ahli di bidangnya.

Anda bisa menghubungi Garda Oto sebagai asuransi kendaraan untuk mobil kesayangan Anda yang memberikan keamanan dan kenyamanan saat berkendara karena Garda Oto memiliki layanan bantuan darurat 24 jam dengan tenaga ahli yang selalu siap membantu Anda di mana pun dan kapan pun.