Ketahui Fungsi Fuel Pump Mobil Sebagai Pompa Bensin

Ketahui Fungsi Fuel Pump Mobil Sebagai Pompa Bensin

Fuel pump atau disebut sebagai pompa bensin merupakan suatu komponen dengan fungsi memompa bahan bakar dari tangki kendaraan ke mesin. Tentunya komponen ini sangat penting untuk mendukung kerja mesin.

Bila komponen ini mengalami masalah, nantinya bisa berpengaruh pada kinerja mesin, sampai bisa mati total. Untuk memahami lebih lanjut mengenai fungsi serta tanda atau ciri-ciri pompa bensin yang bermasalah, ikuti pembahasan selengkapnya berikut ini.

Fungsi Pompa Bensin Pada Mobil

Umumnya fungsi pompa bensin pada suatu kendaraan bermotor seperti sepeda motor dan mobil adalah untuk memompa bahan bakar dari tangki ke mesin kendaraan. Bahan bakar yang terdapat pada tangki penampungan nantinya dipompa ke ruang pembakaran.

Pada ruang pembakaran, bahan bakar lalu berubah menjadi energi yang dapat menyalakan mesin kendaraan bermotor. Walaupun mempunyai fungsi yang sama di semua jenis kendaraan bermotor, terdapat perbedaan proses pengaliran bahan bakar.

Untuk kendaraan dengan mesin yang memakai karburator, proses pengaliran bahan bakar mengalir dari tangki ke karburator. Maka dari itu, fungsi pompa bensin adalah memompa bahan bakar di tangki ke karburator.

*Baca Juga: Ketahui Perbedaan Mobil Bensin dan Mobil Diesel

Sementara untuk kendaraan dengan mesin injeksi, proses pengaliran bahan bakar mulai dari tangki ke injektor. Dengan begitu pompa bensin memiliki fungsi menjadi komponen untuk memompa bahan bakar di tangki ke injektor.

Tak hanya dikategorikan sesuai fungsi fuel pump mobil, komponen ini juga dibedakan sesuai cara kerjanya. Jenisnya antara lain pompa bensin mekanis serta pompa bensin elektrik. Untuk pompa bensin mekanis umumnya digunakan pada mesin diesel.

Ciri-ciri Pompa Bensin Mobil Bermasalah

Mengetahui ciri-ciri pompa bensin mobil Anda bermasalah atau tidak memang cukup sulit. Mengapa? Hal ini dikarenakan pompa bensin mobil tak terhubung dengan indikator check engine yang terdapat pada mobil.

Akan tetapi Anda tetap perlu tahu ciri-ciri fuel pump mobil bermasalah dengan beberapa indikator. Bila komponen ini bermasalah, mobil pun terasa tak nyaman. Lalu apa saja ciri-cirinya? Ikuti pembahasan selengkapnya di bawah ini.

  • Mesin Mobil Sulit Menyala

Ciri-ciri pertama adalah mesin mobil sulit menyala saat terparkir dengan waktu cukup lama. Hal ini dikarenakan bahan bakar yang seharusnya sudah siap namun tak tersedia pada jalur fuel line atau yang dikenal sebagai jalur bahan bakar.

  • Mesin Mobil Brebet

Ciri-ciri kedua ketika pompa bensin mobil bermasalah adalah mesin mobil brebet. Hal ini karena pompa bensin tersumbat oleh kotoran dari tangki bensin dikarenakan buruknya kualitas bahan bakar. Mesin akan terasa “kosong” walau pedal gas telah diinjak.

  • Sekring pada Pompa Bensin Gosong

Ciri berikutnya adalah sekring pompa bensin gosong. Penyebab gosong ini adalah kinerja sekring yang lebih berat karena endapan kotoran yang menyumbat. Bila sekring gosong, kinerja pompa bensin pun menjadi tak normal.

  • Bau Bensin dari Asap Knalpot

Ciri terakhir adalah bau bensin menyengat dari asap knalpot mobil. Bau bensin ini dikarenakan proses pembakaran mesin yang kurang sempurna. Oleh karena itu, mulai saat ini cermati bila ada bau menyengat dari asap knalpot mobil.

Tak hanya ciri-ciri fuel pump mobil bermasalah, terdapat cara lainnya untuk mengecek adanya permasalahan pada pompa bensin mobil Anda. Cara ini adalah dengan melakukan pengecekan karburator.

Cek Kondisi Pompa Bensin Pada Karburator Mobil

Guna mengetahui kondisi pompa bensin tengah bermasalah atau tidak, Anda pun dapat melakukannya dengan cek karburator mobil. Caranya adalah membuka karburator mobil serta menyemprotnya menggunakan cairan carburator cleaner.

Bila sesudah disemprot carburator cleaner mesin hidup sementara, maka ada permasalahan pada pompa bensin. Mesin mobil hidup sementara ini artinya menyala sebentar. Umumnya mesin akan mati tak lama kemudian atau bukan menyala sempurna.

*Baca Juga: Cara Pasang Filter Bensin Mobil dan Cara Membersihkannya

Mesin mobil yang disemprot carburator cleaner menyala sebab carburator cleaner memiliki kandungan bensin. Maka bila saat disemprot dengan carburator cleaner mesin menyala sebentar, artinya ada permasalahan pada komponen fuel pump mobil Anda.

Untuk memastikannya, lakukan hal ini sebanyak tiga kali secara berulang. Bila hasilnya tetap sama, artinya bisa dipastikan ada permasalahan pada pompa bensin. Akan tetapi bila ketika disemprot mesin mobil menyala dengan waktu lama, artinya ada penyebab lain.

Tips Mencegah Pompa Bensin Agar Tidak Bermasalah

Anda mungkin penasaran dengan tips mencegah pompa bensin mobil mengalami permasalahan. Salah satu caranya adalah dengan rutin menguras atau melakukan pembersihan pada tangki bahan bakar. Akan tetapi Anda pun dapat melakukan beberapa tips lain untuk mencegah permasalahan pada pompa bensin mobil. Berikut pembahasan selengkapnya.

  • Tidak Terlambat Mengisi Bahan Bakar

Bahan bakar juga mempunyai fungsi menjadi pelumas serta pendingin pompa bensin. Jika tak ada bahan bakar, pompa bensin pun akan panas serta tak bekerja optimal. Disarankan untuk mengisi bahan bakar saat sisanya seperempat volume tangki. Ini bertujuan untuk menjaga kinerja pompa bensin tetap optimal dalam memompa kebutuhan bahan bakar kendaraan.

  • Rutin Menguras Tangki Bensin

Untuk Anda yang memiliki mobil baru disarankan untuk menguras tangki bahan bakar setelah lima tahun pemakaian. Tentu hal ini akan berbeda dengan mobil lama. Untuk Anda yang memiliki mobil lama setidaknya perlu dikuras setiap dua tahun. Pengurasan ini dilakukan untuk membersihkan bakteri di dasar tangki bahan bakar serta menghilangkan kotoran.

Itu tadi pembahasan tentang fuel pump atau pompa bensin pada mobil. Untuk memberikan perlindungan yang ekstra pada mobil, sebaiknya Anda menggunakan asuransi kendaraan Garda Oto. Kami adalah perusahaan asuransi terpercaya yang mempunyai kredibilitas tinggi di Indonesia. Kami memberikan jaminan suku cadang asli untuk jenis pertanggungan Total Loss Only dan Comprehensive.