Ketahui Fungsi Kunci Shock untuk Kendaraan

Ketika mendengar mengenai kunci shock atau kunci soket pastinya banyak dari kalian yang sudah memahami jika kegunaannya untuk mengendurkan/mengencangkan baik mur/baut. Fungsi dari kunci ini akan berlaku saat tersedia ruang yang luas.

Untuk memakai kunci soket, sangat penting bagi kalian untuk tidak memakainya secara sembarangan. Pastinya kalian perlu mengetahui terlebih dahulu soal fungsi dari kunci soket. Lebih jelasnya Simak informasi berikut ini.

Pengertian Kunci Shock

Kunci soket mempunyai bentuk silinder yang mana terbuat dari bahan baja tensil tinggi serta dilapisi nikel. Alat tersebut dapat diganti pada stang soket dan juga dapat diperpanjang dengan cara menambahkan sambungan soket.

Sekilas soker ini mempunyai dua ujung. Untuk satu ujungnya memiliki dudukan segi empat serta tempat untuk stang soket ataupun sambungan soket. Sedangkan ujung lainnya mempunyai dimensi hexagonal (semacam kunci ring dengan jumlah 12 sudut) namun ada juga yang memiliki segi 6.

Kunci soket mempunyai beberapa jenis dan bisa dibedakan lewat tuas pemutarnya ataupun gagangnya, lantas bagaimana cara memakainya?

a. Model ratchet

Untuk bagian batang ini tersedia roda gigi yang dapat diatur putarannya searah ataupun berlawanan dengan jarum jam. Sehingga untuk pemakaiannya tidak perlu untuk mengangkat kunci.

Cara pemakaiannya cukup tekan tombol pada bagian belakang gagang, selanjutnya masukan mata kunci dan geser tombol ke bagian kiri guna mengendurkan lalu bagian kanan untuk mengencangkan baut.

b.Sliding T-handle

Nyatanya gagang ini tergolong cukup praktis karena kepalanya dapat digeser sesuai dengan kebutuhan.

Cara penggunaan masukan mata kunci memakai gagang, selanjutnya putar ke arah kiri guna mengencangkan serta kanan mengendurkan.

*Baca Juga: Fungsi dan Cara Kerja Fuel Pressure Regulator Bagi Kendaraan

Selain itu, tersedia juga extension bar yang berguna memperpanjang jangkauan mata kunci sok serta universal joint. Untuk sambungannya dapat berputar dengan membentuk sudut.

Cara memakai extension bar, yakni masukan gagang memakai extension kemudian masukan mata kunci memakai extension.

Untuk universal join penggunaannya sama dengan extension bar. Ukuran kunci soket yang sering dipakai pada otomotif umumnya berukuran 8mm hingga 32mm.

Kunci soket ini terbilang cukup bagus dipakai untuk membuka baut yang sulit dan keras. Dikarenakan memiliki bentuk bulat jadi daya cengkeramnya tergolong lebih baik. Namun usahakan tidak memakai gagang tipe ratchet untuk membuka baut keras karena bisa merusak gigi yang ada di dalamnya.

Fungsi Kunci Shock

Fungsi kunci soket ini untuk memasang/melepas baut serta mur. Ini merupakan pilihan pertama yang perlu untuk dipilih dikarenakan akan pas untuk kepala baut/mur jadi bisa meminimalisir terjadi yang namanya kepala baut gundul ataupun tergelincir ketika proses pelepasan/pengencangan.

Kunci soket termasuk ke dalam kunci yang efektif yang memiliki kelengkapan tambahan dan bisa disambungkan pada ujung penggerak jadi pada saat melepas/mengencangkan mur/baut bisa dilakukan pada waktu yang efisien.

Biasanya untuk satu set kunci soket terdiri pada berbagai macam ukuran, sambungan, dan setang. Terdapat stang soket yang menyerupai kunci T, namun ada juga kunci soket yang memiliki nama rachet guna mempercepat proses pengencangan ataupun pelepasan.

*Baca Juga: Ketahui Fungsi Fuel Pump Mobil Sebagai Pompa Bensin

Kelebihan Kunci Soket

Kunci shock atau kunci soket ini mempunyai beberapa kelebihan, untuk lebih jelasnya berikut adalah beberapa di antaranya:

  • Kunci soket mempunyai jumlah sisi sama dengan sisi di kepala mur/baut, khususnya pada kunci soket segi 6. Jadi kan pas serta meminimalisir adanya kerusakan di Kepala mur/baut serta tergelincir ketika pelepasan ataupun pengencangan.
  • Kunci soket lebih fleksibel serta mempunyai gaya yang cenderung lebih besar. Ini karena kunci soket bisa diatur setang yang dipakai, ratchet, dan sambungannya guna mempercepat pengencangan/pelepasan.
  • Untuk melepas mur/baut yang cukup sulit untuk dijangkau dengan memakai mur atau kunci pas semacam baut kepala silinder, baut manifold, dan lainnya.

Cara Memakai Kunci Soket

Untuk memakai kunci soket maka kalian perlu memakai alat tambahan seperti kunci momen, T-sliding bar, ataupun ratchet. Tentunya di ujung alat tadi tersedia dudukan dengan bentuk kubus yang berguna untuk memasang kunci soket.

Umumnya di dudukan tadi tersedia bola besi berpegas dan berfungsi mencengkeram kunci soket supaya tidak akan mudah lepas dari dudukannya.

Umumnya kunci soket digunakan dengan gabungan alat lainnya supaya tidak sulit terlepas. Alat tadi berupa kunci momen, T-sliding bar, dan ratchet.

Setelah kunci soket dipasangkan ke alat tersebut, maka kalian hanya perlu untuk memasang kunci soket ke mur atau baut yang nantinya akan dikencangkan atau dikendurkan. Pastikan bahwa ukuran kunci soket yang serupa dengan ukuran pada kepala mur atau baut.

Untuk menggunakannya cukup putar ke arah kanan untuk mengencangkan lalu ke arah kiri jika kalian berniat untuk mengendurkannya.

Untuk cara pemakaian kunci soket tergolong mudah dan paling penting untuk ukurannya sudah sesuai serta mampu diposisikan secara benar. Jadi ketika menempatkan posisi kunci soket ke mur atau ke baut untuk memastikan semua kepala baut ataupun mur telah tertutup menggunakan kunci soket.

Pastinya kalian dapat memakai kunci soket untuk banyak pekerjaan mekanik seperti memasang, melepas baut as roda serta shockbreaker. Dikarenakan kerap dipakai pada area shockbreaker maka alat tersebut lama-lama disebut dengan kunci shock.

*Baca Juga: Apa itu Suspensi Mobil? Ketahui Fungsi dan Jenis- Jenisnya

Bagi kalian yang saat ini membutuhkan perlindungan tambahan untuk kendaraan jika terjadi kerusakan yang diakibatkan oleh kecelakaan lalu lintas dan sebagainya maka jangan ragu ikut asuransi Garda Oto.

Proses pendaftaran dan klaim yang mudah tentu akan sangat membantu kalian sebagai nasabah. Ditunjang dengan layanan yang beragam sehingga kalian bisa memilih produk sesuai dengan kebutuhan.