Keuntungan dan Kekurangan Mesin Mobil Injeksi

Keuntungan dan Kekurangan Mesin Mobil Injeksi

Tahukah kamu, kalau hampir semua mobil keluaran terbaru sudah menggunakan teknologi mesin injeksi? Hal itu tidak lepas dari berbagai keuntungan yang dimilikinya dibandingkan sistem karburator.

Perbedaan antara mesin injeksi dan karburator terletak pada proses pencampuran udara ke bahan bakar. Jika pada sistem karburator, udara dan bahan bakar pada mesin akan tercampur saat proses pembakaran melalui pergerakan piston, maka pada sistem injeksi, udara dan bahan bakar akan tercampur melalui sistem injektor yang bekerja secara otomatis. Mau tahu lebih lengkap mengenai kelebihan dan kekurangan dari jenis mesin injeksi? Yuk, simak pemaparan dari Garda Oto berikut ini.

Keuntungan Mobil Injeksi

1.       Emisi Gas Buang Lebih Rendah

Hal ini dikarenakan proses pembakaran pada mesin mobil injeksi lebih sempurna, sehingga akan berdampak positif pada lingkungan karena polusi akhir yang dihasilkan sedikit.

2.      Penggunaan Bbm Jadi Lebih Irit

Karena proses pembakaran yang dihasilkan sempurna, maka BBM yang digunakannya pun menjadi sedikit, sehingga akan jauh lebih hemat. Hal ini merupakan keuntungan yang didapatkan dibandingkan menggunakan mobil non injeksi yang masih boros bahan bakar.

3.      Tenaga yang Dihasilkan Lebih Besar

Mesin injeksi dapat menghasilkan tenaga yang besar karena konstruksi injektornya tepat ada pada intake manifold. Hal ini dikarenakan mesin injeksi menggunakan teknologi modern terbaru untuk mobil terbaru, sehingga akan terasa signifikan perbedaan antara mobil injeksi dan non injeksi.

4.      Perawatan Jauh Lebih Mudah

Perawatan pada mesin mobil injeksi terbilang cukup mudah, karena tidak perlu membongkar karburator saat melakukan servis rutin.

Selain memiliki banyak keuntungan, mesin mobil injeksi ini juga memiliki beberapa kekurangan.

Kekurangan Mobil Injeksi

1.       Sangat Bergantung dengan Sistem Kelistrikan (Aki Mobil)

Karena sistem kerja pada mesin mobil injeksi ini secara otomatis dan elektrik, maka semua data dan proses harus dilakukan secara sempurna, jika tidak akan berakibat fatal pada sistem yang menyebabkan mesin tidak dapat bekerja.

2.      Bekerja dengan Sensor

Mesin ini sudah bekerja berdasarkan sensor. Hal ini menyebabkan kinerja mesin menjadi kurang responsif.

3.      Perlu Pengetahuan & Peralatan Modern

Karena mesin mobil injeksi ini menggunakan teknologi yang dibilang baru, maka tidak semua bengkel bisa menangani jika terjadi kerusakan. Hanya bengkel-bengkel tertentu yang sudah terbiasa mampu mengatasi jika terjadi kerusakan pada mesin  mobil injeksi.

4.      Tidak Bisa Mengisi Bahan Bakar Sembarangan

Untuk menjaga kualitas dan performa mesin agar tetap maksimal, para pengguna direkomendasikan untuk menggunakan bahan bakar standar pabrikan.

Nah, itulah berbagai keuntungan yang dimiliki mesin injeksi serta beberapa kekurangan yang dimilikinya. Jangan lupa, untuk merawat mobil agar tetap nyaman dan mesin berfungsi secara maksimal. Semoga bisa menambah pengetahuan kita semua, khususnya bagi kalian para pecinta mobil. Untuk menjaga kendaraan Anda sertakan mobil Anda dengan asuransi kendaraan yang menjamin perlindungan atas kendaraan Anda. Garda Oto merupakan produk asuransi mobil dari Asuransi Astra yang selalu siap membantu para pelanggan dalam memberikan perlindungan terbaik untuk mobil Anda. Dengan Garda Oto, pelanggan bisa mengajukan klaim, membeli atau menutup polis dengan mudah.

Kini layanan Garda Oto juga telah hadir dalam aplikasi Garda Mobile Otocare yang dapat diakses melalui smartphone atau tab Anda atau juga dapat melalui situs gardaoto.com yang bisa diakses kapanpun dan di mana saja, ditambah dengan adanya layanan baru di dalam Garda Mobile Otocare, yang berbasis Artificial Intelligence berupa chatbot yang bernama GarXia, yang juga dapat menjadi virtual assistant Anda dalam melakukan pembelian asuransi Garda Oto. Melalui Garda Mobile Otocare tersebut juga, pemegang polis akan lebih mudah untuk melakukan klaim atas kerugian yang dialami. Bila mengalami masalah dan membutuhkan layanan darurat di perjalanan, Garda Akses siap memberikan pelayanan yang terbaik. Anda bisa menghubungi Garda Akses di nomor 1500112 dengan akses layanan 24 jam. #PeaceofMind