Macam-Macam Permainan Edukatif untuk Anak

Macam-Macam Permainan Edukatif untuk Anak

Jika sudah di rumah, anak anak memang lebih suka bermain daripada harus belajar. Karena kegiatan belajar mengajar yang dilakukan di sekolah sudah membuat anak jenuh. Namun tidak hanya sekedar bermain, sebagai orangtua anda bisa memanfaatkannya sebagai sarana untuk belajar. Berikut macam macam permainan edukatif untuk anak SD yang bisa anda terapkan.

1. Permainan Memecahkan Masalah

Jenis permainan satu ini berpusat pada bagaimana anak mampu berpikir untuk memecahkan suatu masalah. Dalam hal ini anda bisa memanfaatkan gadget seperti smartphone, untuk bermain bersama si kecil. Misalnya game-game bertema rescue seperti Homescapes dan game lainnya yang juga membutuhkan.

Di dalam game ini biasanya menggambarkan seorang tokoh yang sedang terjebak di suatu kondisi. Apabila tokoh tersebut tidak dapat menyelamatkan diri, maka anak dianggap kalah dalam permainan. Dengan permainan jenis ini, si kecil bisa belajar bagaimana mencari sebuah solusi saat sedang menghadapi masalah. Meski begitu, anda tetap harus memantau waktu penggunaan gadget di sini.

Baca Juga: Pentingnya Pendidikan Karakter bagi Anak

2. Bermain Puzzle

Macam macam permainan edukatif untuk anak SD yang juga membantunya belajar memecahkan masalah, yaitu bermain puzzle. Bahkan permainan satu ini bisa memberikan banyak sekali manfaat positif, mulai dari meningkatkan daya ingat anak, mengembangkan keterampilan motorik, mengembangkan koordinasi antara mata dan tangan, hingga melatih kesabaran.

Untuk anak dengan usia awal di Sekolah Dasar, maka anda dapat menyiapkan permainan puzzle yang terdiri atas beberapa keping puzzle. Sementara untuk anak Sekolah Dasar di kelas 5 atau 6, bisa menggunakan puzzle yang lebih banyak kepingnya. Dijamin permainan ini tidak hanya memberi segudang manfaat, namun dirasa sangat seru bagi si kecil.

3. Permainan Lego

Permainan lego dinilai begitu efektif untuk mengasah kreativitas serta mengembangkan kemampuan otak anak Sekolah Dasar. Karena secara tidak langsung, anak akan berlatih membentuk sebuah karya dari pecahan lego yang ada. Daya imajinasi dan berpikir abstrak yang dimiliki oleh si kecil juga bisa dikembangkan dengan baik menggunakan permainan satu ini.

Terlebih pada usia dini, maka akan membantu melatih koordinasi tangan hingga mata, dalam keahlian gerak motoriknya. Tidak heran jika lego termasuk macam macam permainan edukatif untuk anak SD yang begitu direkomendasikan. Memang harga lego sendiri terbilang tidak murah, namun bila anda memiliki uang lebih maka tidak ada salahnya untuk membelinya.

4. Bermain Peran

Dengan bermain peran menjadi suatu profesi, anda bisa membantu si kecil untuk menemukan minat serta bakat di dalam dirinya. Bahkan kegiatan ini juga bisa merangsang daya imajinasi anak agar berkembang dengan baik. Di sini, banyak sekali jenis profesi yang bisa anda tawarkan untuk diperankan oleh anak.

Seperti guru, polisi, dokter, pilot, perawat, dan lain sebagainya. Mula mula di awal permainan, minta si kecil membayangkan terlebih dahulu profesi apa yang diinginkannya di masa depan kelak. Minta anak untuk melakukan improvisasi terhadap benda benda di sekitarnya sebagai properti pendukung profesi tersebut. Ini akan membantu meningkatkan kreativitas di dalam dirinya.

5. Bermain Sambung Kata

Macam macam permainan edukatif untuk anak SD selanjutnya yaitu bermain sambung kata. Meski banyak yang merasa permainan ini kurang menarik, namun ternyata manfaatnya begitu banyak. Anak bahkan bisa memperkaya perbendaharaan kata yang dimiliki serta kemampuan bahasanya. Tinggal bagaimana anda mengelola permainan agar terlihat jauh lebih menarik.

Memang belajar itu tidak hanya selalu di dalam ruang kelas dengan buku dan alat tulis saja. Jika di sekolah anak sudah belajar dalam bentuk formal seperti itu, maka di rumah anda bisa mengajaknya belajar sambil bermain. Macam macam permainan seperti di atas bisa anda coba, untuk mengasah kreativitas serta perkembangan otak si kecil. Selain itu jangan lupa untuk lindungi pendidikan buah hati dengan Asuransi Garda Edu. Garda Edu dapat melindungi pendidikan buah hati Anda di masa depan jika terjadi kecelakaan kepada Anda sebagai orang tua atau tertanggung Utama. Premi garda Edu Rp100.000/tahun. Cara memperoleh asuransi ini pun sangat mudah, Anda bisa mendaftarnya melalui gardaoto.com. Dapatkan Diskon 15% dan e-policy terbit 1×24 jam. Jadi tunggu apa lagi, berikan perlindungan pendidikan masa depan buah hati. #PeaceofMind