Mengintip 3 Cara Mengatasi Anak Tidak Mau Sekolah

Mengintip 3 Cara Mengatasi Anak Tidak Mau Sekolah

Ketika si kecil sedang rewel karena hal tertentu, pastinya akan terasa sangat membingungkan. Apalagi hal tersebut berkaitan dengan pendidikan. Sebagaimana yang telah diketahui, jika pendidikan menjadi kewajiban semua orang terutama anak anak guna menambah pengetahuan serta relasi pertemanan. Namun bagaimana cara mengatasi anak susah sekolah seperti ini? Berikut ulasannya.

Tips Atasi Si Kecil Susah Berangkat Sekolah

  1. Mencari Tahu Alasan Dibalik Anak Susah Sekolah

Cara pertama yang harus anda lakukan sebagai orang tua bila si kecil tak ingin sekolah yakni mencari tahu penyebab sebenarnya. Mungkin sebagian besar orang tua menganggap bila anak tak ingin sekolah perkara ia malas belajar atau nakal, namun sebenarnya hal semacam ini tak semua dialami oleh si kecil. Lantaran ada kalanya anak memiliki masalah yang tak bisa diceritakan.

Untuk itu, carilah penyebab atau sumber ketakutan mereka tak mau berangkat sekolah. Tugas semacam ini memang bisa dibilang tidak mudah. Maka dari itu, cobalah anda mengajaknya  berbicara dengan santai. Usahakan pula cara mengatasi anak susah sekolah ini dilakukan secara perlahan dan pastikan atmosfer diantara kalian berdua terasa nyaman.

Pasalnya, bila anda membicarakannya dengan emosi dan terkesan memaksa maka akan membuat suasana semakin tegang. Bukan hanya itu saja, si kecil pula tidak akan memberikan jawaban dengan jujur dan merasa tertekan. Tanyakan kepada mereka, apakah terdapat suatu hal yang mengganggu pikiran kemudian bantu pula untuk mencari solusi terbaik.

  1. Mengajak Anak Untuk Menikmati Kegiatan Sekolah

Sebagian besar anak anak sangat menyukai permainan. Hal semacam ini bisa menjadi salah satu jurus paling ampuh dikala anak tidak ingin berangkat ke sekolah. Untuk itu, cobalah untuk mencari kegiatan apa yang paling disenangi oleh buah hati tercinta di sekolahnya. Misalnya, bila ia menyukai menggambar maka arahkan si kecil untuk mengikuti ekstrakulikuler seni.

Cara mengatasi anak susah sekolah yang satu ini bisa dibilang menjadi solusi paling ampuh, karena terkadang buah hati merasa bosan lantaran suasana tempat belajar yang terlalu monoton. Bila si kecil merasakan hal semacam ini, maka bisa dipastikan ia akan mencari beragam alasan untuk menghindari berangkat ke sekolah.

  1. Bersikap Lebih Tegas Bila Anak Susah Sekolah

Bila anda telah melakukan cara yang pertama, akan tetapi tidak menemukan jawaban yang pasti. Maka bisa dipastikan bahwa si kecil memang tak ingin berangkat sekolah lantaran ia malas. Salah satu solusinya, yakni dengan memberikan sikap tegas kepadanya. Pasalnya, bila anda bersikap lembek kepada anak yang malas kemungkinan ia akan melonjak nantinya.

Akan tetapi ketika memberikan sikap tegas tersebut, usahakan pula menggunakan kata kata yang baik dan tidak terlalu kasar. Bila perlu, selipkan nasihat yang membangun bagi si kecil agar mereka mau berangkat ke sekolah. Tunjukkan bahwa anda bisa bersikap tegas dengan memberikan peringatan kepadanya sebagai salah satu cara mengatasi anak susah sekolah.

Ketika si kecil sedang ada masalah, memang ada kalanya ia tidak ingin berbagi cerita kepada orang tuanya apalagi mengenai sekolah. Bila buah hati sedang rewel dan tidak ingin berangkat ke sekolah, maka solusi terbaiknya yaitu menerapkan beragam cara yang telah dijelaskan sebelumnya. Dimana cara tersebut bertujuan agar si kecil mau berangkat sekolah.

Beberapa tips diatas mungkin tidak akan berguna bagi sebagian orang tetapi jika Anda memiliki masalah anak yang tidak mau sekolah, tidak ada salahnya untuk dicoba. Selain itu jangan lupa untuk lindungi pendidikan buah hati dengan Asuransi Garda Edu. Garda Edu dapat melindungi pendidikan buah hati Anda di masa depan jika terjadi kecelakaan kepada Anda sebagai orang tua atau tertanggung Utama. Premi garda Edu Rp100.000/tahun. Cara memperoleh asuransi ini pun sangat mudah, Anda bisa mendaftarnya melalui gardaoto.com. Dapatkan Diskon 15% dan e-policy terbit 1×24 jam. Jadi tunggu apa lagi, berikan perlindungan pendidikan masa depan buah hati. #PeaceofMind