Penyebab Mesin Mobil Bergetar

Ketika mesin mobil dihidupkan, maka akan terjadi getaran. Kondisi ini sebenarnya wajar pada kendaraan roda empat karena beberapa partisi yang menyala. Tetapi jika getarannya terasa sampai kabin dan terjadi dalam kondisi rpm rendah, maka Anda perlu mencurigai hal tersebut. Daripada penasaran, berikut penyebab mesin mobil bergetar yang wajib Anda kenali.

1. Terjadi Kerusakan Pada Karet Penahan Kap Mesin

Hal pertama yang menyebabkan mesin bergetar ketika rpm rendah adalah kondisi kap mobil. Komponen yang satu ini memang memiliki peranan cukup penting bagi mesin kendaraan roda empat.

Kap mobil memiliki fungsi utama sebagai pelindung mesin mobil agar tetap terjaga. Untuk itu, bagian mobil ini dilengkapi dengan karet agar tertutup dengan sempurna.

Selain bertugas untuk memastikan kap mobil tertutup dengan benar, karet penahan juga bermanfaat sebagai penahan getaran mesin. Apabila komponen ini aus karena panas dari mesin, maka getaran yang terjadi sulit diredam.

Untuk mendeteksi masalah tersebut, Anda hanya perlu memeriksa apakah karet masih mengembang dan tidak gepeng. Jika sudah rusak, maka segeralah menggantinya.

2. Busi yang Bermasalah

Busi menjadi komponen kecil yang berfungsi agar kinerja mobil berjalan normal.  Meskipun kecil, komponen ini bisa menjadi penyebab mesin mobil bergetar ketika kendaraan roda empat Anda dalam kondisi diam.

Hal ini biasanya terjadi karena adanya salah satu busi yang mati pada mobil. Mengganti busi dengan yang baru merupakan salah satu langkah yang bisa anda coba untuk mengatasinya.

Baca Juga: 5 Penyebab Mobil Kurang Bertenaga dan Cara Mengatasinya

3. Engine Mount yang Abnormal

Untuk menjaga mesin tidak bergeser ketika dinyalakan, mesin ditahan dengan komponen engine mount. Komponen tersebut akan menahan mesin agar posisinya tetap stabil dan tidak goyang ketika mobil dioperasikan. Jika mesin mobil Anda mengalami getar berlebih, kemungkinan terjadi kerusakan pada komponen engine mount.

Apabila kendaraan roda empat Anda mengalami guncangan yang hebat, bisa jadi kekuatan cengkeraman engine mount secara berangsur-angsur menurun. Hal ini membuat mesin terasa bergeser ketika mobil dijalankan. Mesin yang bergeser ketika dioperasikan inilah yang kemudian menimbulkan getaran.

4. Gangguan Pada Piston Mobil

Selain busi, ada juga komponen lainnya yang menjadi salah satu penyebab mesin mobil bergetar, yakni piston.

Komponen ini akan bekerja dalam suatu gerak statis secara terus menerus agar mobil bisa berjalan. Gangguan pada komponen piston akan menyebabkan penurunan kinerja pada mesin mobil. Hal inilah yang akan menyebabkan piston goyang karena aus.

Namun, bagaimana hal ini terjadi? Umumnya, terlalu sering memacu mobil dalam kecepatan tinggi bisa membuat piston menjadi lebih cepat aus.

Untuk menghindari masalah tersebut terjadi atau mesin mobil goyang, ada baiknya Anda mengganti komponen piston yang sudah aus. Gantilah piston baru sesuai dengan tipe mesin mobil yang Anda miliki.

Baca Juga: Manakah yang Lebih Unggul SOHC vs DOHC? Yuk Cek Disini!

5. Shock Breaker yang Abnormal

Komponen shock breaker memiliki peranan yang sangat krusial dalam menjaga kestabilan mobil, terutama ketika dijalankan. Apabila shock breaker bermasalah, maka bisa dipastikan kendaraan roda empat Anda jadi tidak seimbang.

Hal inilah yang menjadi penyebab mesin mobil bergetar ketika berada di rpm rendah. Untuk itu, segeralah menggantinya dengan produk resmi.

Masalah mesin yang bergetar ketika keadaan rpm rendah bisa terjadi karena beberapa hal. Mulai dari masalah shock breaker, gangguan pada piston, busi yang abnormal, terjadi kerusakan pada karet kap mobil, hingga engine mount yang tidak stabil. Untuk mengatasinya, Anda harus melakukan perawatan dan penggantian komponen secara rutin dan agar Anda selalu terjaga selama berkendara, Anda perlu melengkapi kendaraan Anda dengan asuransi mobil. Banyak sekali keuntungan yang bisa dirasakan jika Anda sudah memiliki Asuransi mobil, salah satunya adalah akan meminimalisir risiko kerugian yang terjadi. Saat ini, Garda Oto hadir dengan berbagai perlindungan terbaik untuk kendaraan roda empat Anda, dengan tipe perlindungan total loss only  dan comprehensive. Asuransi Garda Oto memiliki banyak promo menarik, untuk cek promo yang sedang berjalan klik disini. #PeaceofMind bersama Garda Oto.