Penyebab Mobil Terbakar Saat Sedang Berkendara

Penyebab Mobil Terbakar Saat Sedang Berkendara

Pernahkah melihat mobil terbakar secara tiba-tiba? Kejadian demikian tentunya terjadi bukan tanpa alasan. Ada masalah pada mobil sehingga hal tersebut terjadi, bahkan tidak menutup kemungkinan mobil terbakar saat tidak digunakan maupun saat dikendarai.

Kebakaran mobil ini akan menjadi masalah yang serius ketika membahayakan jiwa, saat ada yang menumpanginya. Mungkin orang awam mengira mobil hanya bisa terbakar saat ada komponen atau bagian mobil yang rusak. Padahal sebenarnya ada faktor pemicu lainnya yang menyebabkan mobil dapat terbakar. Apa saja penyebab mobil bisa terbakar?

Inilah Faktor yang Menyebabkan Mobil Kebakaran

  1. Overheat Pada Mesin

Saat kondisi mesin mobil terlalu panas, maka memungkinkan terjadinya kebakaran mobil. Kondisi mesin overheat dapat dipicu karena beberapa hal, misalnya radiator atau katup mesin yang rusak. Jika radiator rusak maka mesin mobil tidak dapat bekerja secara optimal, sedangkan gesekan yang terjadi pada komponen mesin mobil dapat menyebabkan suhu menjadi naik secara signifikan.

Pada dasarnya mesin yang overheat dapat dideteksi dengan melihat lampu indikator yang ada pada dashboard mobil. Jika mengetahui mesin mobil mengalami overheat, matikan mesin terlebih dahulu. Tunggulah beberapa saat sampai suhu mesin mobil turun, barulah lanjutkan perjalanan.

  1. Korsleting Listrik

Salah satu faktor penyebab terbakarnya mobil yaitu korsleting listrik. Faktor ini sering menyebabkan mobil tiba-tiba terbakar ketika digunakan. Hal yang membuat korsleting listrik ini yaitu terjadinya hubungan arus pendek pada aki atau baterai. Atau ada kabel yang terkelupas kemudian tersentuh air atau logam dan akhirnya menimbulkan korsleting pada listrik.

*Baca Juga: Begini Cara Mencegah Mobil Kebakar Akibat Korsleting

Oleh karena itu sangat penting untuk memperhatikan komponen kabel ketika melakukan beberapa perubahan pada mobil. Apalagi daya listrik yang melalui kabel memiliki daya yang tidak sama. Jika pengaplikasiannya salah maka tidak menutup kemungkinan dapat menyebabkan korsleting di mana percikkan apinya menyebar kebagian mobil lainnya.

  1. Kebocoran Bahan Bakar Atau Oli

Ternyata tidak hanya disebabkan karena komponen saja, karena mobil yang terbakar bisa disebabkan akibat kebocoran bahan bakar atau oli. Saat mobil digunakan, ruang penyimpanan bahan bakar dan oli akan lebih mudah memanas, sehingga menyebabkan kebakaran.

Padahal beberapa struktur mobil seperti bahan bakar, power steering, oli, pendingin mobil, bisa menjadi pemicu mobil terbakar. Untuk mengatasi kebakaran mobil karena kebocoran oli dan bahan bakar, usahakan untuk merawat sirkulasi bahan bakar dan oli secara rutin.

  1. Catat Pada Kendaraan

Kebakaran mobil juga bisa terjadi karena cacatnya desain kendaraan, biasanya hal ini terjadi karena produksi mobil yang mengalami kelalaian. Faktornya bisa dari mesin atau komponen lainnya yang tidak tersaring dengan baik, sehingga bisa membahayakan penumpang.

Meskipun demikian, kecacatan pada mobil tidak menjadi faktor utama mobil terbakar. Jika ada bagian mobil yang mengalami kecacatan, tentunya bisa mengganggu kenyamanan saat berkemudi. Oleh karena itu, jika sadar ada kerusakan pada mobil, usahakan untuk melakukan perawatan dan segera memperbaikinya ke bengkel.

  1. Faktor Eksternal

Mobil terbakar juga dapat disebabkan karena faktor eksternal. Hal ini memang jarang terjadi tetapi tidak menutup kemungkinan jika tidak berhati-hati. Misalnya jika memarkirkan mobil di dekat area pembakaran sampah. Jika api pada pembakaran sampah tersebut tertiup angin, tentunya berkemungkinan untuk merambat ke arah mobil dan membakar bagian mobil yang lainnya.

Selain itu, kebakaran mobil dapat terjadi karena kurang kencang saat menutup tangki bensin setelah melakukan pengisian bahan bakar. Meskipun hal ini jarang terjadi, tetapi harus tetap antisipasi supaya aman.

  1. Masalah Pada Radiator

Salah satu pemicu terjadinya kebakaran mobil yaitu masalah pada radiator atau bagian mesin pendingin. Ternyata kasus kebakaran yang disebabkan oleh selang radiator juga cukup sering terjadi. Jika anda menyadari ada kerusakan pada radiator mobil, usahakan untuk langsung menggantinya dengan yang baru, sehingga tidak menyebabkan hal-hal lainnya yang lebih berbahaya.

  1. Minimnya Perawatan Mobil

Hal ini mungkin terdengar sepele, tetapi jika selalu diabaikan maka bisa menjadi pemicu terjadinya kebakaran mobil. Mobil bisa terbakar apabila perawatannya tidak optimal, karena jika kendaraan terus-menerus digunakan tetapi tidak rutin di servis maka performanya menurun.

Akan banyak komponen mobil yang rusak apabila mobil selalu digunakan tanpa dirawat, agar kondisi mobil tetap prima usahakan melakukan service secara berkala. Bagaimanapun juga, kendaraan yang tidak dirawat bisa beresiko terjadinya kebakaran mesin yang menjalar ke semua bagian mobil.

  1. Kecelakaan Lalu Lintas

Sering kali terjadi kecelakaan lalu lintas yang akhirnya menyebabkan mobil terbakar. Hal ini tentu sangat membahayakan karena berisiko memakan korban jiwa. Ketika mengalami kecelakaan lalu-lintas, tentunya banyak komponen mobil yang rusak. Misalnya kebocoran tangki bensin, yang akhirnya bisa menyebabkan percikkan api dari mesin yang panas.

  1. Mobil yang Dimodifikasi

Tidak sedikit orang yang memodifikasi mobil supaya tampilannya lebih keren. Namun ternyata banyak orang yang tidak paham akan resiko yang bisa terjadi jika salah pasang. Untuk modifikasi interior tentunya harus mengganti kabel bawaan dari mobil. Jika pemilihan kabel tidak dilakukan dengan tepat maka bisa menyebabkan mobil terbakar.

*Baca Juga: Ingin Modifikasi Mobil? Jangan Lupa Konsultasi ke Pihak Asuransi!

Kebakaran mobil dapat terjadi karena modifikasi yang asal-asalan dan tidak mempertimbangkan komponen-komponen detailnya, seperti penyambungan serta pemotongan kabel yang tidak sesuai. Bahkan banyak orang yang melakukan modifikasi pada lampu kabut untuk menjadikannya lebih terang. Padahal fog lamp mempunyai daya yang lebih kuat dan besar sehingga bisa memicu terjadinya kebakaran mobil.

Antisipasi & Cara Mengatasi Kebakaran Mobil

Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi mobil kebakaran.

  • Sediakan Tabung APAR

Untuk mengantisipasi jika k suatu waktu terjadi kebakaran mobil, usahakan untuk menyediakan tabung APAR di mobil. Letakkan tabung di area yang dekat dengan pengemudi sehingga mudah dijangkau. Apabila terjadi kebakaran maka bisa diantisipasi.

  • Servis Mobil Secara Rutin

Sebenarnya berbagai kerusakan komponen pada mobil dapat dideteksi secara dini jika melakukan perawatan secara rutin. Jadi apabila ada kerusakan pada suatu komponen bisa langsung segera diatasi. Jangan hanya mau memakai saja, tetapi harus siap bertanggung jawab untuk merawat dan menyervis mobil.

  • Menggunakan Asuransi

Kebakaran mobil tentu menyebabkan kerugian yang besar baik dalam segi material maupun non material. Kerusakan mobil yang terbakar tentu menyebabkan kerugian yang jumlahnya tidak sedikit. Jika kebakaran mobil terjadi saat mobil digunakan, maka bisa menyebabkan penumpang celaka. Untuk mengantisipasinya, usahakan untuk menggunakan asuransi supaya lebih terjamin.

Untuk memberikan jaminan ketika mobil terbakar selama perjalanan, Anda bisa menggunakan asuransi Garda Oto. Hal ini sangatlah penting, karena jika anda belum mempunyai asuransi untuk kendaraan pribadi anda, maka siap-siap biaya yang akan dikeluarkan sangatlah tinggi. Maka dari itu, penting sekali asuransi mobil untuk kendaraan pribadi anda untuk kebutuhan sehari-hari.