Penyebab Mobil Ngebul dan Cara Mengatasinya

Penyebab Mobil Ngebul dan Cara Mengatasinya

Mobil ngebul adalah sebuah istilah umum yang merujuk pada sebuah kondisi dimana mobil mengeluarkan asap putih atau hitam pekat. Keluarnya asap knalpot berwarna putih atau hitam ini menandakan bahwa kondisi mesin mobil yang kurang baik.

Jika mobil mengalami keadaan semacam ini, maka anda harus segera melakukan perbaikan. Oleh karena itu, tentu tak ada salahnya bagi kita untuk mengetahui apa penyebab mobil ngebul dan bagaimana cara mengatasinya. Berikut beberapa penyebab mobil ngebul yang harus anda ketahui beserta cara untuk mengatasinya:

1.       Masalah campuran bahan bakar

Campuran bahan bakar yang terlalu banyak atau terlalu kaya juga dapat menimbulkan asap pekat atau asap putih. Campuran bahan bakar yang terlalu kaya bisa menyebabkan tidak sempurnanya pembakaran bahan bakar pada mesin. Tidak sempurnanya campuran bahan bakar dan proses pembakaran bisa terjadi karena rusaknya ujung dari injektor (rusak atau jebol).

Untuk mengatasi masalah ini, kita harus melakukan pemeriksaan dan perbaikan di bagian injektor yang rusak. Akan tetapi, jangan coba-coba untuk memperbaikinya sendiri karena injektor pada mobil butuh penanganan khusus.

Baca juga: Penyebab Mesin Mobil Cepat Panas

2.      Kerusakan pada PCV System

Positive Crankcase Ventilation atau yang biasa disingkat PCV merupakan sebuah saluran yang menjadi penghubung antara crankcase (ruang engkol) dengan intake manifold. Saluran ini berfungsi sebagai saluran ventilasi ruang engkol untuk menyeimbangkan tekanan.

Jika PCV system ini rusak, maka oli akan masuk ke air induction system yang berhubungan dengan ruang pembakaran. Masuknya oli ke ruang pembakaran inilah yang akhirnya menimbulkan asap pekat yang keluar melalui saluran pembuangan. Untuk mengatasi masalah ini, tentu anda harus membersihkan, memperbaiki atau mengganti PCV system tersebut.

3.      Kebocoran pada silinder, katup, dan turbocharger

Kebocoran oli pada bagian silinder, katup, dan turbocharger juga sering menyebabkan munculnya asap pekat dari knalpot mobil. Kebocoran pada bagian – bagian tersebut dapat menyebabkan masalah seperti masuknya oli ke ruang pembakaran dan pengendapan oli di bagian muffler. Karena terjadi percampuran dan pengendapan, tidak mengherankan jika oli akan ikut terbakar dan menyebabkan munculnya asap.

Untuk mengatasi masalah kebocoran tersebut, kita terpaksa harus membongkar dan memperbaiki bagian-bagian tersebut. Untuk jaga-jaga, bertanyalah kepada orang-orang yang lebih ahli sebelum mencoba memperbaikinya sendiri.

Baca juga: Alasan Tidak Boleh Memanaskan Mesin Kendaraan Terlalu Lama

Sebelum memperbaiki bagian-bagian yang bermasalah, tentu anda harus tahu cara memeriksa kerusakannya. Ada beberapa cara untuk melakukan pemeriksaan tersebut, di antaranya:

  1. Memeriksa volume oli mesin.
  2. Memeriksa lampu indikator check engine pada dashboard.
  3. Mencabut selang PVC dan melihat apakah ada oli yang menetes.
  4. Memeriksa tekanan kompresi mesin dengan compression tester.
  5. Melepas intake manifold untuk melihat apakah terdapat kerak oli pada lubang intake.

Sekian informasi yang bisa disampaikan, semoga informasi tentang mobil ngebul ini bermanfaat bagi Anda. Pastikan Anda mampu mengatasi setiap masalah yang terjadi di mobil Anda. Setidaknya ambil langkah awal terlebih dahulu sebelum Anda membawanya ke bengkel, agar tidak terlalu banyak mengeluarkan uang.

Ada baiknya sebelum risiko menimpa kendaraan kesayangan Anda, perlu didaftarkan ke pihak asuransi. Garda Oto, produk asuransi mobil dari Asuransi Astra dapat menjadi solusi tepat bagi kebutuhan proteksi mobil Anda. Melalui berbagai layanan fisik seperti Garda Center, Garda Akses, hingga non fisik seperti gardaoto.com, Garda Mobile Otocare, pelanggan memiliki kemudahan dalam melakukan pembelian polis, pembayaran, hingga pengajuan klaim. #PeaceofMind