Komponen Karburator Mobil, Fungsi, dan Cara KerjanyaSebagai pemilik kendaraan roda embat atau mobil, mengerti dan memahami fungsi komponen mesin, seperti Karburator Mobil adalah hal yang harus dilakukan. Mengapa seperti itu? Karena hal ini bisa membantu kalian mengatasi masalah yang pastinya tidak kalian inginkan nantinya.

Terkadang yang membuat bingung para pemilik kendaraan adalah banyaknya komponen lain yang berada di dalam karburator mobil. Nah, buat kalian yang masih bingung, kali ini kita akan membahas mengenai berbagai komponen yang ada di dalam karburator mobil beserta fungsinya.

Apa itu Karburator Mobil?

Karburator atau yang sering juga disebut Karbu merupakan salah satu komponen mesin mobil yang biasanya terdapat pada mesin bensin. Cara Kerja Karburator Mobil adalah mencampurkan bahan bakar mobil dengan udara yang ada di dalam dengan suatu perbandingan yang telah ditentukan.

Fungsi Karburator Mobil sendiri adalah sebagai tempat proses pembakaran. Intinya, jika tidak ada karbu, mobil tidak akan bisa jalan dan hidup. Jadi kaburator mobil ini memiliki fungsi yang amat penting untuk kendaraan, baik itu kendaraan diesel maupun kendaraan lainnya.

Fungsi dan Cara Kerja Karburator Mobil

Nah, setelah mengetahui cara kerja dan fungsi utama dari karburator itu sendiri, sekarang kita akan memasuki penjelasan mengenai berbagai Komponen Karburator Mobil, beserta fungsi dan cara kerjanya. Berbagai komponen-komponen tersebut adalah :

1. Float Chamber

Komponen satu ini sering disebut sebagai ruang bakar. Dimana memiliki fungsi sebagai ruang bakar utama dari sebuah Karburator Mobil. Cara kerjanya sama saja seperti yang kami sebutkan tadi, dimana udara dan bahan bakar akan tercampur di sini, serta akan dilakukan pembakaran.

2. Floater

Floater atau pelampung memiliki bentuk yang kecil, termasuk dalam komponen karburator mobil. Fungsinya sendiri untuk tetap menstabilkan jumlah bahan bakar yang ada di dalam karburator. Cara kerjanya, yaitu ketika bahan bakar dari mobil yang kalian miliki penuh, makan pelampung ini akan naik dan akan menutup sendiri katup bahan bakar tersebut. 

3. Choke Valve

Kalau pelampung atau floater memiliki fungsi untuk mengatur jumlah bahan bakar, Choke Valve berhubungan dengan udara. Dengan kata lain, fungsinya ialah sebagai pintu masuk dari udara yang masuk ke dalam ruang atau tempat bakar dari karburator itu sendiri. Cara kerjanya sama saja dengan floater namun yang ini berhubungan dengan udara.

4. Piston Screw dan Piston Valve Screw

Kedua komponen ini sama-sama memiliki fungsi untuk membuat atau mempertahankan kecepatan mesin mobil yang sedang berfungsi. Cara kerjanya adalah dengan mengatur saluran kerja venturi dan juga jumlah bensin yang akan masuk ke dalam silinder.

5. Throttle Valve

Ketika choke valve memiliki fungsi sebagai pintu masuk udara yang akan masuk, maka Throttle Valve memiliki fungsi untuk mengatur jumlah udara yang bisa masuk ke dalam ruang pembakaran. Cara kerjanya tentu saja komponen ini akan membuka atau menutup saluran utama yang disesuaikan dengan injakan kaki pengendara terhadap pedal gas yang ada di dalam mobil.

6. Main Jet

Komponen main jet, memiliki fungsi sebagai pengatur jumlah bahan bakar yang nantinya akan dicampur dengan udara serta akan dilakukan proses pembakaran. 

*Baca Juga: Ketahui Komponen Differential dan Fungsinya pada Kendaraan

Cara kerjanya, ketika pedal gas diinjak atau ditekan, komponen ini akan ikut terangkat. Hal itu akan membuat bahan bakar yang masuk ke dalam ruang pembakaran menjadi semakin banyak atau besar. Ketika bahan bakar semakin banyak, sudah pasti kendaraan bisa menjadi lebih cepat.

7. Jet Neddle

Jet neddle memang memiliki bentuk seperti jarum dengan ujung yang lancip. Fungsi komponen ini adalah untuk mengatur jumlah bahan bakar yang masuk dari karburator ke dalam ruang pembakaran mesin yang ada di dalam suatu kendaraan. Cara kerjanya juga sangatlah sederhana, dimana jet neddle ini akan bergerak naik atau turun sesuai bukaan dari throttle yang ada.

8. Slow Jet

Komponen Karburator Mobil ini memiliki fungsi yang sama dengan main jet, yaitu mengatur bahan bakar yang akan dicampur dengan udara. Namun, ketika main jet menghubungkan saluran venturi dengan float chamber, slow jet ini menghubungkan float chamber ke intake manifold. Cara kerjanya juga untuk menyuplai bahan bakar namun ketika kendaraan dalam keadaan diam.

9. Venturi

Venturi adalah komponen yang memiliki fungsi untuk mengatur kecepatan aliran udara yang biasanya disebabkan oleh perbedaan lubang yang ada di dalam suatu karburator. Cara kerja komponen ini lumayan rumit, dimana fluida akan bisa bergerak dari tekanan yang tinggi ke tekanan yang lebih rendah. Hal itu juga biasanya disebabkan oleh perbedaan tekanan di dalam karburator yang ada.

10. Main Nozzle

Main Nozzle adalah komponen yang berfungsi sebagai pemancar utama dari bahan bakar kendaraan. Cara kerjanya adalah menyalurkan bahan bakar ke tempat atau ruang bakar yang ada. Sehingga, kendaraan bisa berjalan melalui proses pembakaran yang ada pada mesin mobil. 

*Baca Juga: Mengenal Komponen Mobil Beserta Bagian-Bagiannya

Jadi, itulah penjelasan mengenai fungsi dan cara kerja komponen Karburator Mobi. Untuk kalian yang ragu dan takut akan terjadi hal-hal yang tidak diinginkan terhadap mobil kesayangan Anda, maka bisa menggunakan asuransi mobil dari Garda Oto. Produk asuransi ini memberikan jaminan terhadap kendaraan Anda dari risiko kerusakan akibat bencana alam dan hilang akibat pencurian loh.