Mana yang Baik, Tidur Sebelum atau Sesudah Jam 9Salah satu aktivitas yang setiap harinya dilakukan oleh banyak orang adalah tidur, aktivitas ini sangat diwajibkan untuk dilakukan secara teratur sebab kalau tidak tidur bisa membuat tubuh menjadi lelah dan juga bisa mengalami beberapa jenis penyakit. Agar nantinya tubuh tetap sehat maka perlu tidur selama 7 sampai dengan 9 jam setiap harinya untuk orang dewasa.

Kalau tidur sebaiknya jangan tengah malam karena tidur di waktu tersebut bisa menyebabkan seseorang terkena penyakit yang cukup mematikan. Kalau memang ingin tidur sebaiknya pada pukul 21.00 atau sebelum jam 22.00. Kalau tidur di jam tersebut nantinya bisa merasakan banyak sekali manfaat seperti yang akan diulas berikut ini.

Jam Tidur yang Bagus untuk Orang Dewasa

Durasi tidur setiap orang tidaklah sama karena kondisi tubuh seseorang juga tidak semuanya sama. Durasi tidur bisa dibedakan tergantung umur orang yang melakukan aktivitas tersebut jadi jangan mengikuti orang yang umurnya lebih tua ataupun lebih muda untuk hal durasi tidur tersebut. Kalau masih berumur 18 sampai dengan 25 tahun maka perlu tidur selama 7 sampai 9 jam setiap harinya.

Kalau usianya 26 tahun sampai dengan 64 tahun maka durasi tidurnya antara 7 sampai dengan 8 jam. Kalau yang sudah dewasa tidak tidur sesuai dengan durasi tersebut nantinya kesehatan tubuh bisa terganggu dan stamina tubuh juga akan menurun. Supaya durasi tidur bisa terpenuhi maka ada baiknya untuk melakukan beberapa aktivitas yang bisa membuat tidur lelap.

Manfaat Tidur Sebelum Jam 9

Seperti yang sudah dijelaskan tadi bahwa tidur atau istirahat malam sangat disarankan untuk dilakukan setelah jam 21.00 atau sebelum jam 22.00. Kalau tidur di jam tersebut nantinya durasi tidur akan terpenuhi dan bisa merasakan berbagai macam manfaat apabila waktu tidur sudah terpenuhi. Untuk mengetahui apa saja manfaat yang nantinya bisa dirasakan setelah tidur di jam tersebut maka perlu membaca ulasan singkat berikut ini.

1. Terhindar Dari Berbagai Macam Penyakit

Setiap orang pastinya berpotensi terkena penyakit tetapi ada beberapa jenis penyakit yang bisa dicegah apabila tidur cukup. Kebiasaan tidur atau pola tidur yang tidak baik bisa membuat sistem kekebalan tubuh menurun dan hal tersebutlah yang menyebabkan seseorang terkena penyakit. Kalau tidur sebelum jam 22.00 atau sesudah jam 21.00 nantinya sistem kekebalan tubuh akan meningkat sehingga tidak terkena penyakit.

*Baca Juga: Penyebab Sakit Kepala Bagian Belakang dan Cara Mengatasinya

Tersebut bisa terjadi dikarenakan saat tidur antara jam 22.00 sampai dengan jam 02.00 nantinya tubuh mengeluarkan senyawa yang bernama sitokin. Senyawa tersebut berperan penting pada sel kekebalan tubuh dan akan membantu tubuh melawan infeksi dan juga peradangan. Untuk yang sudah bisa tidur di jam tersebut nantinya bisa terhindar dari penyakit yang cukup mematikan, seperti penyakit diabetes dan juga penyakit jantung.

2. Tubuh Lebih Berenergi

Untuk bisa melakukan aktivitas sehari-hari maka perlu memiliki energi yang cukup dan salah satu cara untuk memperoleh energi yang cukup untuk beraktivitas adalah dengan istirahat yang cukup. Berapa penelitian sudah dilakukan terhadap seseorang yang tidur sebelum jam 22.00 dan hasilnya orang tersebut lebih bersemangat dalam menjalani hidup karena di pagi hari lebih berenergi dibandingkan orang yang tidurnya terlalu malam.

*Baca Juga: Penyebab Sakit Perut Sebelah Kiri, Kanan, dan Bawah

Menurut beberapa peneliti, bahwa tidur jam 20.00 sampai 00.00 bisa membuat otak memperoleh REM dan non REM yang bisa berfungsi secara optimal. Tidur REM ini merupakan tidur yang bisa ditandai dengan gerakan cepat dan juga acak mata dan untuk Non REM gerakan mata yang lambat. Kalau kebutuhan tidur tidak terpenuhi dengan baik, maka dipastikan waktu bangun akan lelah. Jadi kalau ingin bangun lebih berenergi sebaiknya tidur lebih awal.

3. Berat Badan Menjadi Ideal

Untuk yang ingin memiliki tubuh sehat dan juga ideal jangan hanya berolahraga tetapi perlu membeli produk kesehatan di Garda Healthtech dan juga tidur yang cukup. Tidur cukup akan mempengaruhi kondisi tubuh dalam hal mengontrol berat badan jadi kalau sering begadang jangan mengharapkan memiliki tubuh yang kondisinya sehat maupun ideal sebab untuk membentuk tubuh seperti itu dibutuhkan istirahat yang cukup.

*Baca Juga: Pentingnya Minum Air Putih untuk Menjaga Kesehatan

Orang-orang yang lebih sering tidur larut malam lebih berpotensi memiliki bobot tubuh yang cukup tinggi, hal tersebut dikarenakan tidur yang terlalu larut bisa merangsang hormon ghrelin. Hormon tersebut merupakan hormon yang dapat membuat seseorang merasa lapar jadi kalau produksi hormon ghrelin terlalu banyak maka akan sering merasa lapar dan dipastikan berat badan akan terus menambah jika terlalu sering makan.

4. Kesehatan Mental Tetap Terjaga

Seseorang yang biasa tidur tengah malam lebih sering mengalami masalah mental seperti mengalami gangguan stress dan juga depresi. Hal tersebut disebabkan adanya tambahan kadar hormon kortisol di dalam tubuh. Hormat tersebut sering disebut sebagai hormon stress karena mempunyai fungsi meningkatkan kadar gula darah ke bagian otak sehingga otak dapat aktif bekerja.

*Baca Juga: Vitamin Terbaik untuk Menjaga Daya Tahan Tubuh

Kadar hormon tersebut akan normal di pagi hari dan akan menurun di malam hari tapi kalau sampai produksi hormon meningkat di malam hari bisa membuat otak lebih aktif di malam hari padahal seharusnya otak beristirahat di malam hari. Kalau kondisinya seperti itu berlangsung secara rutin bisa memicu seseorang mengalami masalah mental. Agar tidak mengalami masalah seperti itu ada baiknya untuk tidur lebih awal dan penuhi durasi tidur sesuai dengan umur.